Kata orang, cemburu itu bisa jadi tanda sayang. Seperti yang kita tahu, kalau cemburu itu adalah ekspresi saat seseorang ingin merasa lebih diinginkan oleh pasangannya. Namun apa jadinya kalau cemburu itu menjadi obsesi? Tentunya hal tersebut bisa berbahaya jika mulai mengganggu hubunganmu. Pasalnya saat cemburu seseorang akan cenderung mendahulukan emosi daripada logika. Jangan sampai menyesal, ikuti beberapa trik berikut ini biar bisa mengatasi cemburu dengan elegan!

1. Hal apa yang membuatmu cemburu?

Lagi Cemburu? Atasi dengan Trik tanpa Drama Berikut Iniistockphoto.com

Biasanya saat mulai cemburu kamu akan mulai sering mengeluh saat memikirkan pasangan. Maka dari itu, mulai dari sekarang cobalah perhatikan apa atau siapa yang bisa membuatmu merasa cemburu. Apakah penyebabnya karena kamu takut kehilangan pasangan? Atau sebenarnya kamu masih belum percaya dengannya? 

Jika sudah memikirkannya, cobalah untuk menuliskan segala kegalauanmu. Tulislah hal-hal yang bisa membuatmu cemburu. Misalnya, apakah kamu cemburu saat ia membicarakan mantannya? Apakah kamu cemburu saat dia berbicara dengan perempuan lain? Dengan memahami perasaanmu berarti kamu jadi lebih mudah untuk menemukan solusinya.

2. Pernahkah kamu mencoba berpikir dengan sudut pandang yang berbeda?

Lagi Cemburu? Atasi dengan Trik tanpa Drama Berikut Iniliveabout.com

Ketika kamu merasa stres dan cemburu, baiknya berhenti sejenak lalu mulailah berpikir dan mengamati apa yang sebenarnya terjadi. Dengan berpikir terlebih dahulu, kamu jadi bisa mengontrol reaksi apa yang mau kamu tunjukkan tanpa harus terlihat marah. Misalnya saat dia membicarakan teman kantornya, kamu bisa mendengarkannya sejenak dan mengamati hal apa yang membuatmu cemburu.

Bisa saja memang pasanganmu cuma ingin bercerita dan kebetulan orang itu terlibat saat kejadian. Tentunya hal ini sama sekali nggak berpengaruh pada perasaannya maupun hubungan kalian.

3. Apakah kamu sudah menegur pasangan?

Lagi Cemburu? Atasi dengan Trik tanpa Drama Berikut Inielcrema.com

Dengan memahami perasaanmu, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih nyaman dan percaya diri dalam hubungan. Selain itu jika kamu masih penasaran, cobalah untuk mengajaknya mengobrol sembari menjelaskan kalau kamu sedang cemburu. Pasanganmu pasti akan mau mendengarkan dan memahami perasaanmu. Kamu pun bisa menjadi lebih lega dengan perasaan dan bisa percaya dengannya.

Namun hal yang perlu diingat, jika cemburumu sudah mulai di luar batas wajar segeralah mencari bantuan. Bantuan di sini dalam artian coba ceritakan pada orang terdekat seperti saudara dan keluarga. Pilihlah seseorang yang bisa kamu percaya dan mau memberikanmu solusi yang lebih baik. Dengan bercerita pada orang lain, kamu jadi lebih bisa mengatur emosi, melatih komunikasi, dan menjaga kesehatan mental.

Baca Juga: Kamu Nggak Perlu Merasa Bersalah Cemburu Sama Si Dia karena 7 Hal Ini