Membangun sebuah kebiasaan baru yang baik memang susah untuk dilakukan, dibutuhkan tekad dan konsistensi untuk mewujudkannya. Namun, jika dilakukan bersama pasangan memulai kebiasaan baik baru akan terasa lebih mudah.

Memulai kebiasaan baik baru bersama pasangan pun bisa menjadi hal yang seru, menyenangkan, bahkan kompetitif. Ya, kalau sendiri mungkin susah konsisten, sedangkan saat bersama pasangan bisa saling mengingatkan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Selipkan pada rutinitas yang sudah ada

5 Cara Memulai Kebiasaan Baik Bersama PasanganUnsplash.com/Jason Briscoe

Jika kamu sudah tinggal bersama pasangan dan memiliki rutinitas, hal ini akan lebih mudah dilakukan. Misalnya kalian mempunyai keinginan membuat kebiasaan mengonsumsi buah secara rutin. Kamu dan pasangan bisa menyelipkan "makan buah" pada jadwal atau to do list  di waktu sebelum sarapan atau sebelum makan malam.

Bukan berarti bagi kamu yang masih pacaran tak dapat melakukan hal ini, jika kamu dan pasangan sudah mengetahui jadwal masing-masing, hal ini juga bisa dilakukan. Misalnya kamu menyelipkan jadwal makan buah di malam hari bersamaan dengan jadwal kamu biasa telponan.

2. Buat menjadi perlombaan yang seru

5 Cara Memulai Kebiasaan Baik Bersama PasanganPexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu dan pasangan bisa memiliki target kebiasaan yang sama untuk dimulai, bisa juga berbeda. Sama ataupun beda, kamu tetap bisa membuatnya sebagai kompetisi. Biasanya dengan adanya kompetisi kita menjadi lebih semangat dan termotivasi.

Caranya, kamu dan pasangan memulai kebiasaan pada waktu yang sama, lalu buat tenggat waktu untuk melihat hasilnya. Setiap harinya kalian bisa menghitung poin ataupun mengevaluasi kebiasaan yang sedang dibangun oleh pasangan kalian. Siapa yang memiliki poin paling banyak di waktu yang telah ditentukan adalah pemenangnya.

3. Siapkan hadiah untuk pasangan

5 Cara Memulai Kebiasaan Baik Bersama Pasanganfreepik.com/freepik

Selain tantangan, kado juga menjadi pemicu semangat yang bagus. Kamu dan pasangan bisa bertukar kado saat sama-sama berhasil membangun kebiasaan baik yang baru. Kadonya bisa berupa barang yang pasanganmu inginkan, atau hal sederhana seperti membuatkan makanan kesukaannya.

Kamu dan pasangan juga bisa membuat target-target kecil sebelum mencapai target yang besar. Di target kecil itulah waktu kamu memberikan hadiahnya. Ya, hadiahnya yang kecil juga.

4. Bangun satu persatu kebiasaan

5 Cara Memulai Kebiasaan Baik Bersama Pasanganfreepik.com/freepik

Fokus adalah kunci dari membangun kebiasaan yang baru. Tidak perlu buru-buru melakukan banyak hal sekaligus. Mulailah dari satu hal dulu, agar kamu dan pasangan tidak kewalahan juga.

5. Lakukan selama 30-66 hari

5 Cara Memulai Kebiasaan Baik Bersama Pasanganwww.cnbc.com

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah aktivitias menjadi rutinitas memang tidak sebentar. Kamu dan pasangan butuh setidaknya 30 hari, bahkan bisa sampai 66 hari. Maka dari itu pentingnya kamu dan pasangan saling mendukung.

Bayangkan, jika kamu dan pasangan ingin mulai tidur cukup mulai besok, bulan depan pola tidur kalian sudah menjadi lebih baik. 

Itulah lima hal yang bisa kamu dan pasangan lakukan untuk membuat kebiasaan baru yang baik. Walaupun butuh waktu yang lama dan usaha yang cukup besar, ini akan memberikan dampak baik dalam jangka panjang untuk hubungan kalian.