Mendengarkan tiga kata "I  love you" selalu terasa menggetarkan. Itu karena ketika seseorang berkata, "Aku mencintaimu," berarti mereka sedang mengatakan banyak hal. Mereka tidak hanya menyukaimu, tapi mereka juga sangat peduli denganmu. Mereka merasakan hubungan yang kuat denganmu, dan yang paling penting, mereka ingin kamu mengetahuinya.

Tetapi bagaimana jika pasangan kita tidak pernah mengatakannya? Haruskah kita khawatir? Atau mungkinkah hubungan kita masih baik-baik saja terlepas dari kenyataan bahwa dia tidak pernah mengatakan "I love you"?

Semua tergantung pada fase dalam hubunganmu

Hubunganmu Baik-baik Saja Tapi Dia Tidak Pernah Bilang I Love You?Freepik

Para ahli mengatakan bahwa pada akhirnya, itu tergantung hubungan kita sudah sampai pada tahap mana. Menurut Dr. Gary Brown seperti dilansir Elite Daily, terapis hubungan terkemuka yang berbasis di Los Angeles, penting untuk mempertimbangkan berapa lama kita sudah bersamanya. Jika kalian sudah pacaran lama, sebenarnya wajar saja jika tiga kata itu sudah tidak sering diucapkan. 

Namun jika dalam jangka waktu tertentu, misalnya selama 6 bulan dia tidak pernah mengatakannya sekalipun, kita perlu sedikit khawatir. Ada kemungkinan dia merasa tidak nyaman atau tidak aman secara emosional. Periksa lagi apakah mereka memahami, menghormati, dan mendukungmu selama ini. 

Beberapa orang merasa sulit mengungkapkan perasaannya

Hubunganmu Baik-baik Saja Tapi Dia Tidak Pernah Bilang I Love You?hackspirit.com

Di sisi lain, jika kamu mengatakan "I love you" padanya dan dia tidak membalasnya, kita juga perlu khawatir. Kita butuh penjelasannya. “Dengan cara yang paling lembut, tidak menghakimi, dan tidak menuduh, tanyakan kepada mereka apa arti ketiga kata itu bagi mereka,” saran Dr. Brown. Cari tahu apakah mereka merasa tidak nyaman mengatakannya padamu atau karena alasan lain. 

Jika dia berusaha memberikan penjelasan yang masuk akal, maka tidak perlu khawatir. Beberapa orang memang kurang baik menyampaikannya secara lisan dan lebih suka mengungkapkannya dalam bentuk tindakan. 

Jangan dipaksakan!

Hubunganmu Baik-baik Saja Tapi Dia Tidak Pernah Bilang I Love You?www.pinterest.com/apknite

Jika memang dia tipe yang sulit mengungkapkan perasaan secara lisan, jangan paksa dia untuk sering mengatakannya. Karena tidak akan ada artinya mengucapkan tiga kata itu dalam keadaan tertekan. 

Bagi sebagian cowok bahkan "I love you" hanya penting diucapkan saat 'nembak' saja lho! Kalau sudah resmi terikat, mereka merasa bisa lebih bebas mengungkapkan rasa cinta lewat bentuk lain selain berucap "I Love You".

Baca Juga: 6 Tanda Hubunganmu Nggak Akan Berlanjut ke Ikatan Pernikahan

Baca Juga: Tak Hanya Perasaan, Ini 7 Alasan Pentingnya Logika dalam Hubungan

Baca Juga: 7 Fakta Hubungan Park Shin Hye dan Choi Tae Joon, Manis Banget!