Ada banyak kriteria yang dicari perempuan dalam diri laki-laki. Tiap perempuan bisa saja berbeda, tapi umumnya perempuan mencari laki-laki yang setia, bertanggungjawab, dan kalau bisa tampan. Tapi dalam sebuah hubungan apakah memang kriteria-kriteria itu yang penting dan benar-benar dibutuhkan? Jawabannya juga tidak bisa kita samakan karena kondisi setiap hubungan berbeda. 

Tapi yang jelas ada kriteria-kriteria yang harusnya masuk menjadi checklist saat kamu memilih seseorang untuk dijadikan pasangan. Jika dia tidak bisa memenuhi checklist ini bukan berarti dia tidak baik, tapi paling tidak kamu perlu berpikir ulang. Jika dia memenuhi hampir semuanya,  jangan pernah lepaskan dia, karena bisa jadi kamu tidak akan menemukan laki-laki seperti ini lagi.

1. Dia pintar

Jika Pacarmu Punya 6 Kriteria Ini, Jangan Lepaskan DiaPixabay.com/Olya Adamovich

Sebuah studi baru dari Hanken School of Economics di Finlandia menunjukkan bahwa semakin pintar seseorang, semakin kecil kemungkinan dia untuk tidak setia. Menurut penelitian ini, pria yang lebih cerdas ketika menikah juga cenderung akan mempertahankan pernikahannya.

2. Dia membuatmu tertawa

Jika Pacarmu Punya 6 Kriteria Ini, Jangan Lepaskan Diawww.unsplash.com

Humor menjadi faktor penentu yang penting dalam sebuah hubungan. Jika dia bisa membuatmu tertawa maka dia dengan mudah bisa membuatmu bahagia. Penelitian pun mengaminkan hal ini, bahwa pasangan yang bisa saling membuat tertawa cenderung lebih sukses dalam mempertahankan pernikahan.

3. Dia ingin mengenal teman dan keluargamu

Jika Pacarmu Punya 6 Kriteria Ini, Jangan Lepaskan DiaPexels.com/Guiverg

Usai menjalin hubungan dengan seorang laki-laki, biasanya perempuan akan merelakan lingkaran pertemanan dan bahkan keluarganya berkurang demi masuk ke lingkaran pertemanan si laki-laki. Tapi jarang sekali terjadi sebaliknya. Laki-laki akan tetap bertahan dengan lingkaran persahabatannya. Karena itu kalau pasanganmu membiarkanmu tetap berteman dan bahkan ingin mengenal pertemananmu, dia yang terbaik!

4. Dia cerdas emosional

Jika Pacarmu Punya 6 Kriteria Ini, Jangan Lepaskan DiaUnsplash.com/Kinga Cichewicz

Cerdas penting, tetapi cerdas emosional lebih penting. Sebuah studi mengatakan bahwa wanita cenderung lebih menghargai pendapat dan pandangan pasangan dibandingkan laki-laki. Jadi, jika pasanganmu ternyata bisa lebih menghargai, maka dia satu dari sedikit pria yang bisa mengontrol emosinya, menghormati pendapatmu dan benar-benar mendengarkan apa yang kamu katakan.

5. Dia merayakan pencapaianmu

Jika Pacarmu Punya 6 Kriteria Ini, Jangan Lepaskan DiaPexels.com / fauxels

Dia bangga denganmu, dia tidak melihatmu sebagai saingannya. Saat kamu meraih kesuksesan, dia akan merayakannya. Bukan untuk membuat kamu merasa hebat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa merayakan kesuksesan menjadi bagian penting dalam hubungan. 

6. Dia berbagi pandangan hidup denganmu

Jika Pacarmu Punya 6 Kriteria Ini, Jangan Lepaskan DiaPexels.com/Cottonbro

Memiliki pandangan yang sama dalam hidup bisa jadi sangat penting untuk hubungan yang sukses, menurut sebuah penelitian. Semakin mirip kepribadian kita dengan pasangan, semakin besar kemungkinan untuk mendekati masalah dengan cara yang sama. 

Kamu dan pasangan akan berbagi pendekatan yang sama untuk segala hal mulai dari bersosialisasi hingga bekerja jika prioritas kalian sama, dan ini kemungkinan besar akan mengarah pada tingkat rasa hormat yang lebih tinggi satu sama lain.

Baca Juga: 15 Pasangan di Drama Korea Ini Buktikan Kalau Jodoh Takkan ke Mana

Baca Juga: Chadwick Boseman Meninggal, Ini Kisah Cintanya yang Misterius

Baca Juga: Ini 7 Perubahan yang Kamu Alami Ketika Bertemu Cinta Sejati