Berada dalam hubungan jangka panjang tidak berarti semata-mata membuktikan kamu berkomitmen satu sama lain meskipun kamu memilih tetap bersama selamanya. Jika kamu ingin tahu seperti apa hubungan yang sehat dan berkomitmen, simak yuk tanda-tanda bahwa hubunganmu memang benar-benar berkomitmen.

1. Sekarang semua hanya ada “kami”

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenherway.net

Pada awal hubungan terjalin, kamu mungkin tidak dapat berbicara mewakili 'kami' karena, tentu saja, kamu belum meyakini ke mana arah hubunganmu akan berlabuh dan saat itu kamu belum memiliki perasaan yang kuat pada pasanganmu. 

Tetapi sekarang, apa pun yang kamu lakukan, kamu melakukannya bersama-sama dan kamu juga menghabiskan banyak waktu bersama. Begitu banyak hal yang kamu berdua lewati sehingga kamu terbiasa berbicara dalam 'kami'.

2. Kamu bukan hanya pasangan romantis, tapi juga sahabat baik

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenherway.net

Jika kamu bukan hanya kekasih, tetapi juga sahabat, itu pertanda baik dari hubungan yang berkomitmen. Sebelum kamu jatuh cinta secara mendalam dan jujur ​​dengan seseorang, kamu harus membangun kepercayaan satu sama lain. 

Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah menjadi teman terlebih dahulu. Kamu tidak takut untuk terbuka tentang apa pun jika pasanganmu adalah sahabatmu juga. Kamu mungkin bahkan berbagi pikiran terdalam dan tergelapmu.

3. Kamu telah menetapkan beberapa batasan yang kamu berdua menghormatinya

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenunsplash.com/@pramugari_id

Kamu tahu pentingnya menetapkan batasan agar bisa memiliki hubungan yang sehat dan tidak ada yang bisa membuatmu melanggar batasan pasangan. Memang, batasan yang sehat adalah masalah besar untuk segala jenis hubungan dan penting untuk menetapkannya di tahap awal hubungan baru. Namun, kamu juga perlu mengetahui dan mengerti bahwa pasanganmu juga  membutuhkan ruang terhadap batasan itu.

4. Hubunganmu didasarkan atas komunikasi yang sehat dan saling menghormati

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenunsplash.com/@septianjoko_

Kamu berkomunikasi secara teratur dan kamu dapat berbicara tentang segala hal. Tidak ada topik tabu dalam hubungan kamu berdua. Terkadang kita semua berurusan dengan masalah kesehatan mental. Seiring dengan seringnya berkomunikasi dengan pasangan, kamu akan dapat membantu pasanganmu menghadapinya. 

Seperti semua pasangan lainnya, kamu juga akan mengalami beberapa perselisihan dan perbedaan, tetapi yang terpenting adalah kamu tahu cara menghadapinya dengan cara yang sehat dan dewasa.

5. Tidak ada rahasia di antara kamu berdua

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenunsplash.com/@apana

Orang pentingmu adalah satu-satunya orang yang tahu segalanya tentang sisi baikmu, tetapi juga semua kekurangan dan ketidaksempurnaanmu. Kamu tidak merasa nyaman ketika harus menyembunyikan sesuatu dari pasangan dan itulah alasan mengapa tidak pernah ada rahasia di antara kamu berdua.

Faktanya adalah bahwa menyimpan rahasia dari pasangan romantismu akan merusak kepercayaan. Hal ini juga berdampak negatif pada kepercayaan di antara kamu dan pasangan.

6. Hubunganmu selalu di atas daftar prioritasmu

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenherway.net

Saat ini, kamu mungkin memiliki banyak kewajiban dan jadwal harian yang sangat padat. Namun, jika kamu berada dalam hubungan yang berkomitmen, prioritas utamamu akan selalu menjadi pasangan dan hubungan itu sendiri. 

Jika kamu benar-benar ingin menghabiskan waktu bersama pasangan, kamu akan menemukan cara untuk melakukannya bahkan di tengah jadwal tersibuk yang sedang kamu hadapi. 

Hubunganmu tidak boleh menderita karena pekerjaan atau apa pun, sesederhana itu. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu 24/7 bersama, tetapi menghabiskan waktu secara konsisten adalah suatu keharusan.

7. Kamu memiliki bahasa cinta yang sama

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenherway.net

Untuk menciptakan ikatan yang lebih baik dan lebih kuat di antara kamu dan pasangan, kamu harus berbicara dengan bahasa cinta yang sama. Jika kamu tidak memiliki bahasa yang sama, kamu harus mau belajar bagaimana berbicara bahasa cinta satu sama lain. Hal itu dikarenakan, nantinya kamu akan sulit merasa terhubung pada level intim yang sama dengannya jika kamu tidak mau belajar akan hal yang satu itu.

8. Kamu atau pasangan adalah motivasi terbesar satu sama lain

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenherway.net

Jawaban kamu atas pertanyaan: Apa yang memotivasimu untuk terus hidup apa pun yang terjadi? Jawabannya adalah si dia. Hidup pasti akan membawa banyak hal kepada pikiran dan hatimu, tetapi kamu akan menerima semuanya dan melawan semua hal buruk karena kamu memiliki seseorang yang akhirnya mendorongmu untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

9. Kamu bersedia berkorban untuk satu sama lain

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenherway.net

Jika kamu berada dalam hubungan yang berkomitmen dan sehat, kamu tidak keberatan membuat beberapa pengorbanan untuk pasanganmu dari waktu ke waktu. Berkorban adalah jalan dua arah dan kamu tahu pasanganmu juga akan berkorban untukmu. 

Misalnya, jika kamu takut keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru dari waktu ke waktu, dan pasanganmu sangat menikmati mencoba hal baru, bersantai dan cobalah lakukan untuknya.

10. Kalian adalah pengemar berat satu sama lain

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenbridgeolifedetox.com

Kamu tahu pasanganmu selalu ada untukmu, apa pun yang terjadi dan begitu juga sebaliknya. Kamu adalah pendukung terbesar satu sama lain dalam segala hal yang kamu lakukan dalam hidup. 

Jika pasanganmu ingin melakukan atau mengejar sesuatu yang baru dan bernilai, kamu pun mendukung mereka dan mempercayainya. Kamu juga selalu berdiskusi padanya sebelum mengambil keputusan besar. Bentuk dukungan yang saling kalian berikan merupakan besarnya komitmen kalian berdua.

11. Kamu merencanakan masa depan bersama

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenherway.net

Semua rencanamu untuk masa depan harus melibatkan pasangan dan begitu juga sebaliknya. Jika kamu berada dalam hubungan yang berkomitmen maka kamu yakin dengan cinta dan ikatan bahwa kamu ingin tetap bersama selama hidup yang tersisa. 

Kamu sering membicarakan masa depan dan kamu sudah merencanakan beberapa hal. Melamun tentang rumah masa depanmu, anak-anak, dan kehidupan secara umum adalah waktu yang paling indah untuk kamu berdua.

12. Semua keputusan selalu dibuat bersama

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenherway.net

Meskipun kamu adalah individu yang memiliki kehidupanmu sendiri dan ada beberapa keputusan yang perlu kamu buat sendiri, kamu masih perlu berkonsultasi dengan orang penting dalam hidupmu tentang setiap keputusan. 

Yang paling penting adalah berkomunikasi dengan jujur ​​melalui seluruh proses pengambilan keputusan itu. Jangan takut untuk mengungkapkan pendapatmu tentang sesuatu meskipun pendapatmu mungkin tidak sesuai dengan pendapat pasanganmu.

13. Kamu hanya memiliki mata untuk satu sama lain

13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmenherway.net

Kamu bahkan tidak berpikir untuk melihat orang lain. Kamu hanya memperhatikan pasanganmu. Kamu berdua merasakan hal yang sama tentang selingkuh dan kamu tidak akan pernah menyakiti pasanganmu dengan cara seperti itu. 

Saat ini banyak pasangan akan mengatakan bahwa media sosial memengaruhi hubungan mereka secara negatif, tetapi kamu bukan salah satu dari pasangan itu. Kamu tidak akan pernah membiarkan sesuatu yang begitu tidak penting memengaruhi hubungan kamu berdua. 

Setia dan berkomitmen kepada satu manusia saja adalah hal terindah di dunia dan meskipun butuh banyak upaya untuk mencapai hubungan romantis yang sehat dan berkomitmen dengan seseorang, itu semua tentu sepadan.

Itulah 13 tanda yang mununjukan bahwa hubunganmu berkomitmen dengan pasangan. Semua yang telah disebutkan tidak sepenuhnya demikian sama dengan setiap pasangan. Mereka tentu memiliki caranya masing-masing dalam membina sebuah komitmen. Apakah hubunganmu termasuk salah satunya, Bela?

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Berkomitmen Menjaga Hubungan

Baca Juga: Satu Hal yang Diam-diam Diinginkan Tiap Zodiak dalam Hubungan

Baca Juga: 5 Hal Perlu Dibiasakan di Dalam Hubungan, Demi Kebahagiaan Bersama!