Saat baru bercerai, mungkin kamu belum memikirkan untuk kembali berkencan. Bahkan hati kecilmu mungkin menentang ide tersebut. Namun, mengalami perceraian bukan berarti kamu tidak berhak untuk mencari cinta yang baru.

Hanya saja, dengan statusmu yang sekarang—apalagi jika sudah memiliki anak—pastinya berbeda dengan saat kamu sebelum menikah dulu. Ada beberapa hal yang harus lebih dipikirkan matang-matang. Jangan sampai kamu mengulangi kesalahan yang sama dan tentunya kamu juga harus memikirkan anak sebelum menjalin hubungan dengan orang lain.

Berikut ini Popbela sudah merangkum dari berbagai sumber, tips kembali berkencan untuk perempuan setelah bercerai. Semoga bisa membantu, ya.

1. Pastikan kamu sudah benar-benar move on

7 Tips Kencan untuk Perempuan Setelah BerceraiPexels.com/Hadi Slash

Tidak ada waktu pasti kapan kamu sudah benar-benar move on dari mantan suami dan pernikahan terdahulu. Itu tergantung dari masing-masing orang.

Dilansir dari Oprahdaily.com, jika kamu tidak bisa berhenti berbicara atau memikirkan mantan, mungkin kamu perlu lebih banyak waktu untuk memproses perasaan diri sebelum kembali ke dunia kencan.

Nikki Martinez, Psy.D., seorang konselor profesional berlisensi, mengatakan, “Kamu harus meluangkan waktu untuk menyembuhkan, melepaskan kebencian, dan memiliki emosional yang sehat sebelum terbuka untuk hubungan baru.”

2. Nikmati waktu untuk diri sendiri

7 Tips Kencan untuk Perempuan Setelah Bercerai

Mungkin kamu merasa perlu orang lain untuk mengalihkan perhatian dari kesedihan akibat perceraian, tetapi sebenarnya tidak.

Meluangkan waktu menyendiri adalah salah satu hadiah terbaik yang bisa kamu berikan kepada dirimu. Ini adalah kesempatan untuk kembali mengenal diri sendiri dengan lebih baik.

Menikmati waktu untuk diri sendiri juga bisa menjadi momen tepat untuk menyembuhkan segala luka batin. Sebelumnya, kamu mungkin tidak mendapatkan kesempatan tersebut dan inilah saat yang tepat. Kamu bisa merasa jauh lebih tenang, menerima semua yang terjadi, dan membuat diri lebih peduli.

3. Buat daftar kriteria pasangan yang baru

7 Tips Kencan untuk Perempuan Setelah Bercerairesveralife.com

Hubungan yang lama pasti akan memberikanmu pelajaran berharga, terutama soal kriteria pasangan. Jika sebelum menikah kriteria pasangan idealmu adalah ABC, setelah bercerai bukan tidak mungkin kriteria tersebut berubah menjadi XYZ.

Jadi tips berkencan untuk perempuan setelah bercerai adalah dengan membuat daftar kriteria pasangan secara spesifik. Hal  ini akan membantumu lebih mengetahui apa yang kamu inginkan di diri calon pasangan dan hubungan yang akan dibangun.

Tidak ada yang salah dari membuat daftar ini, karena tentu kamu memiliki prioritas yang berbeda sekarang ini. Kamu pun bisa lebih cepat menyadari apakan orang yang dikencani pantas untuk dipertahankan atau tidak.

4. Kepada teman kencan, jujur dengan masa lalu yang kamu miliki

7 Tips Kencan untuk Perempuan Setelah Berceraiinstagram.com/katerina holmes

Dilansir dari MindBodyGreen, terapis pasangan Alicia Muñoz, LPC, mengatakan, “Setelah resmi mulai berkencan lagi, penting untuk jujur ​​dengan pasangan baru tentang dari mana kamu berasal. Bersiaplah untuk berbagi pandangan tentang hubungan masa lalu dengan orang yang kamu kencani."

Mungkin setelah jujur ini, kamu akan mendapatkan reaksi yang tidak diharapkan. Ini saatnya kamu mendengarkan kata hati. Jika teman kencan mengatakan hal-hal yang membuatmu kesal atau tersinggung, segera pergi. Tak perlu merasa tidak enak.

5. Jangan terburu-buru, luangkan waktu untuk mengenal

7 Tips Kencan untuk Perempuan Setelah Berceraicottonbro/Pexels

Tips berkencan setelah bercerai yang berikutnya adalah jangan terburu-buru. Jika teman kencan sudah bisa menerima status dan masa lalumu, jangan buru-buru ingin melanjutkan ke hubungan yang lebih serius.

Luangkan waktumu untuk mengenal satu sama lain. Hal ini bisa membuatmu lebih sadar dengan keputusan yang diambil, apalagi jika kamu memutuskan ingin menikah dengannya. 

Jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang sama, ya, Bela. Faktanya, tingkat perceraian untuk pernikahan kedua lebih tinggi daripada pernikahan pertama. Jadi, untuk menyelamatkanmu dari patah hati di masa depan, tidak perlu menjalani hubungan dengan terburu-buru.

6. Kenalkan ke anak, tetapi pisahkan hubungan percintaan dengan anak

7 Tips Kencan untuk Perempuan Setelah Berceraipexels.com/Emma Bauso

Kapan mengenalkan kekasih ke anak, menurut Fran Walfish, Ph.D., seorang psikoterapis hubungan dan psikolog konsultan, bergantung pada usia mereka.

Anak-anak di bawah 15 tahun tidak boleh diperkenalkan kepada seseorang sampai hubunganmu setidaknya sudah berjalan 4-6 bulan. Sementara untuk remaja dan anak yang lebih dewasa bisa lebih cepat diberitahu.

Saat sudah memberitahu anak, pastikan mereka tidak terlibat dengan urusan asmaramu. Jika kamu belum memutuskan apakah ingin serius atau tidak, tidak perlu terlalu sering mempertemukan anak dengan kekasih baru.

Jangan saat kamu putus, anak kembali bersedih kehilangan sosok ayah atau kedekatan mereka akan memengaruhi keputusan hubunganmu dengan kekasih.

7. Jalani hubungan minimal 2 tahun sebelum memutuskan kembali menikah

7 Tips Kencan untuk Perempuan Setelah BerceraiPexels.com/Emma Bauso

Dibutuhkan waktu setidaknya 1,5 tahun untuk benar-benar mengenal seseorang. Dengan meluangkan waktu untuk mengenal satu sama lain, hal ini akan menjadi fondasi kuat untuk menjalani hubungan pernikahan nantinya.

Saat menjalin hubungan, pastikan untuk saling terbuka membahas tentang gaya pengasuhan (baik untuk anak bawaan atau anak yang nanti akan dimiliki), keuangan, keluarga besar, karier, dan hal yang paling penting bagi kehidupan masing-masing. Jika sudah benar-benar yakin, barulah kamu bisa melanjutkan hubungan ke tahap pernikahan.

Itulah beberapa tips kembali berkencan untuk perempuan setelah bercerai. Tidak ada yang salah jika kamu ingin mencari pasangan baru. Hanya saja pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang sama, yang bisa berakibat perceraian kedua kalinya.

Baca Juga: 12 ‘Permainan’ Para Narsistik Dalam Perceraian

Baca Juga: 7 Prinsip Hubungan Pernikahan Sukses

Baca Juga: 10 Ciri Cinta Palsu dalam Pernikahan, Patut Diwaspadai!