Bagi kamu yang belum terlalu paham apa itu hopeless romantic atau romantis tanpa harapan, ini adalah sikap seseorang yang melawan segala rintangan dengan mencintai seseorang dan menganggapnya sebagai hubungan sempurna, meskipun sebenarnya tidak. Jadi, Istilah "tanpa harapan" di sini menandakan kesediaan si hopeless romantic untuk menentang apa pun halangan yang muncul, yang tidak sesuai dengan bayangannya.

Nah, orang-orang yang hopeless romantic biasanya memiliki ciri-ciri tertentu, khususnya saat menjalin hubungan asmara. Apakah kamu salah satunya? Coba cek 6 tanda orang yang hopeless romantic di bawah ini.

1. Tidak bisa melihat tanda bahaya hingga akhirnya sudah terlambat

Ini 6 Tanda Kalau Kamu Orang yang Hopeless Romantic Pexels.com/Ankit Patel

Pelatih putus cinta Kendra Allen menjelaskan, karena hopeless romantic pikirannya hanya dipenuhi oleh cinta yang sempurna, mereka cenderung melewati "red flag” atau tanda bahaya yang mungkin sudah terlihat sejak awal hubungan.

Sejak awal, kamu terlalu fokus pada sifat-sifat yang membuatmu jatuh cinta. Jadi, meski kamu sudah melihat ada tanda yang salah, kamu mungkin mengabaikannya atau menolak mengakuinya, sambil meyakinkan diri bahwa itu nggak seperti yang terlihat. Padahal dengan mengabaikannya, tanda itu nggak akan membuatnya hilang,” jelas Shanta Jackson, LPC, seorang konselor profesional.

2. Terlalu cepat bucin dengan seseorang

Ini 6 Tanda Kalau Kamu Orang yang Hopeless Romantic unsplash.com/Helene Immel

Saat kamu terlalu cepat bucin dengan seseorang, kamu bakal terlalu mengidealkan orang tersebut tidak melihatnya sebagaimana adanya karena kamu melihatnya seperti yang kamu inginkan. Lagi-lagi, ini akan membuatmu mengabaikan tanda bahaya. Selain itu, kamu juga mulai berharap terlalu tinggi dari orang tersebut, sesuai dengan gambaran dalam pikiranmu.

3. Orang yang hopeless romantic sering melamun tentang cinta, bahkan pernikahan

Ini 6 Tanda Kalau Kamu Orang yang Hopeless Romantic Pexels.com/Olya Kobruseva

Sebenarnya nggak aneh kalau kamu punya keinginan memiliki kekasih yang diimpikan dan pernikahan yang diidam-idamkan. Tapi, menjadi salah dan mulai berlebihan jika hanya dua hal itu saja yang sering kamu pikirkan. Bukan tidak mungkin kamu sudah mulai masuk ke dunia fantasi. Kalau sudah seperti ini, Shanta bilang nantinya kamu bakal memiliki orang yang kamu rasa cocok untuk dirimu, padahal sebenarnya tidak, karena fantasi yang dimiliki itu.

4. Hubungan lebih sering dipenuhi dengan kebohongan

Ini 6 Tanda Kalau Kamu Orang yang Hopeless Romantic Pexels.com/cottonbro

Ada dua kemungkinan penyebabnya. Pertama, bisa jadi karena kamu yang melakukan segala daya untuk membuat seseorang menyukaimu dan menjadi persis seperti yang kamu pikir mereka inginkan. Hingga akhirnya kamu menyadari bahwa kamu tidak berada dalam hubungan yang dibayangkan. Setelah itu, kamu baru merasa sudah membohongi diri sendiri karena ternyata pasangan nggak seperti yang diharapkan.

Kemungkinan kedua adalah kamu sangat mudah dibohongi oleh pasangan kamu karena mudah terlalu jatuh cinta dan terbuai dengan pada janji-janji palsu di awal serta sikap-sikapnya yang manipulatif. Saat banyak hal yang tidak sesuai dengan ekspektasimu, barulah kamu tahu kalau selama ini kamu sudah dibohongi.

5. Kamu jadi pihak yang terlalu banyak memberi daripada menerima

Ini 6 Tanda Kalau Kamu Orang yang Hopeless Romantic pexels.com/Andrea Piacquadio

Hubungan memang tidak selamanya bisa 50/50 dalam memberi dan menerima. Namun, jika kamu selalu berada di sisi yang memberi, kemungkinan itu karena hanya kamu yang berusaha terlalu keras untuk mewujudkan impian hopeless romantic-mu.

6. Pasangan adalah hal paling penting dalam hidupmu

Ini 6 Tanda Kalau Kamu Orang yang Hopeless Romantic Pexels.com/Viktoria Slowikowska

Kendra bilang,  "Orang hopeless romantic cenderung menginvestasikan segalanya pada orang yang dikencani sampai-sampai mulai mengabaikan teman-teman, bahkan minat atau hobi diri sendiri. Kamu akan mendedikasikan seluruh waktu, energi, dan upaya demi pasangan hingga kehilangan jati diri di sepanjang jalan.

Well, menurut Kendra sebenarnya nggak masalah kalau kamu jadi orang yang hopeless romantic asalkan logika bisa terbuka dan matamu nggak tertutup oleh cinta. Jadi, melihat keenam tanda di atas, apakah kamu termasuk orang yang hopeless romantic?

Baca Juga: Apa Itu Hopeless Romantic dan Dampak Negatifnya untuk Diri Sendiri 

Baca Juga: Wah! 5 Sikap Romantis Ini Ternyata Berbahaya Bagi Hubunganmu

Baca Juga: 6 Gestur Romantis Ini Bisa Membuat Hubunganmu Lebih Kuat dan Bahagia