Sebenarnya, saat seorang laki-laki tidak senang dengan hubungannya, itu akan terlihat. Dia nggak akan menutup-nutupinya. Sekarang yang menjadi masalah adalah apakah kamu sebagai pacarnya menyadari kalau si dia nggak peduli dengan dirimu atau hubungan yang dijalani.

Lebih baik melihat tanda-tanda ini sejak awal saat berpacaran, daripada baru muncul—atau disadari—saat sudah menikah yang membuat masalah lebih runyam. Jadi, bagi Bela yang saat ini masih pacaran, coba cek tanda-tanda di bawah ini, ya.

1. Dia tak pernah bertanya tentang harimu

10 Tanda Si Dia Tak Peduli denganmu dan Hubungan yang Dijalani Freepik/azrbaijan_stocker

Pasti senang rasanya saat pacar mengirim chat sepanjang hari. Namun, jika isi chat adalah melulu tentang dirinya yang memberi tahu apa yang dilakukannya, tetapi nggak pernah menanyakan harimu, itu tanda dia nggak peduli padamu.

Pasangan yang baik mau tahu apa yang terjadi denganmu, ingin tahu tentang harimu, dan benar-benar ingin tahu bagaimana keadaanmu.

2. Dia tidak mau berteman dengan teman-temanmu

10 Tanda Si Dia Tak Peduli denganmu dan Hubungan yang Dijalani Helena Lopes/Unsplash

Apakah pacar selama ini nggak mau diajak ke acara yang diadakan temanmu dan lebih suka di rumah? Atau merasa sangat terpaksa saat ikut kumpul dengan teman-temanmu dan meminta pulang duluan? Atau jika diberi pilihan, dia lebih suka pergi dengan teman-temannya daripada teman-temanmu? Ini adalah pertanda dia nggak peduli dengan kamu dan hubungan yang dijalani.

3. Dia tidak tahu (atau tidak sadar) kalau kamu sedih

10 Tanda Si Dia Tak Peduli denganmu dan Hubungan yang Dijalani unsplash.com/Naomi August

Tiap orang memiliki indikator kecil yang memberi tahu orang lain kalau kita sedang sedih. Jika si pacar mencintaimu—atau paling tidak peduli denganmu, dia bisa dengan cepat menyadari kalau kamu sedang sedih.

Seseorang yang mencintaimu bisa tahu kalau kamu sedang sedih hanya dari pandangan sekilas atau cara menjawab telepon. Jika dia nggak menangkap isyarat tersebut, itu artinya dia nggak mengenal dirimu.

4. Tak pernah tahu apa yang kamu sukai

10 Tanda Si Dia Tak Peduli denganmu dan Hubungan yang Dijalani Anna Pou/Pexels

Dia suka memberikan hadiah, tapi apa pun bentuknya kamu nggak pernah menyukainya karena itu memang bukan hal yang kamu sukai. Baik perhiasan yang tidak akan pernah dipakai, gaun yang bukan gayamu, atau tas dan sepatu yang kamu benci memasak.

Entah mengapa, dia seperti memiliki bakat untuk menemukan sesuatu yang sama sekali tidak kamu sukai atau memang sebenarnya dia tidak peduli dengan apa yang kamu sukai.

5. Tidak pernah bicara dari hati ke hati

10 Tanda Si Dia Tak Peduli denganmu dan Hubungan yang Dijalani ROMAN ODINTSOV/Pexels

Seseorang pernah bertanya, apakah wajar jika dia dan pacarnya tidak pernah benar-benar mengobrol dari hati ke hati?

"Jika kamu menginginkan hubungan yang berkomitmen, kamu harus mengenalnya dan memiliki percakapan yang lebih dalam. Jika tidak, tindakan ini menunjukkan kalau kamu atau dia tidak serius," kata pelatih hubungan Marilyn Sutherland.

6. Dia tidak ingat dengan ceritamu

10 Tanda Si Dia Tak Peduli denganmu dan Hubungan yang Dijalani Ba Tik/Pexels

Bahkan jika kamu pernah bicara dari hati ke hati dengan pacar, tetapi nggak ingat apa yang dibicarakan, ini juga bisa menjadi masalah.

Bagian dari jatuh cinta adalah mendengar semua cerita pasangannya. Jika dia tidak benar-benar mendengarkan, atau melakukannya tapi setelah itu melupakannya, harus ditanyakan: Apakah dia benar-benar peduli denganmu atau hubungan yang dijalani?

7. Kamu merasa kesepian

10 Tanda Si Dia Tak Peduli denganmu dan Hubungan yang Dijalani unsplash.com/KingaCichewicz

Tak ada yang salah terkadang merasa kesepian. Namun, jika kamu terus-menerus kesepian dalam hubungan atau bahkan bahkan merasa lebih kesepian saat bersama pacar daripada sendirian, ini pertanda ada sesuatu yang salah.

Berada dalam hubungan dengan seseorang yang nggak mau mengenalmu adalah perasaan yang mengerikan. Jika ini yang kamu rasakan bersama pacar, anggap ini sebagai sebuah pertanda.

8. Dia tak menghabiskan waktunya denganmu

10 Tanda Si Dia Tak Peduli denganmu dan Hubungan yang Dijalani 

Menghabiskan waktu bersama adalah hal yang membuat hubungan menjadi serius. Jika dia nggak melakukannya, nggak menyisihkan waktu untuk bersamamu dan nggak menghabiskan waktu bersamamu, itu tandanya kamu bukan prioritas untuknya.

"Jika kamu harus terus-menerus mengemis, mendorong, dan meminta pasangan untuk menghabiskan waktu bersamamu, dia nggak mencintaimu. Jika dia berpikir kamu nggak sepadan dengan waktunya, maka dia nggak sepadan dengan waktumu," kata pelatih hubungan Keith Dent.

9. Dia tak memikirkan masa depan bersamamu

10 Tanda Si Dia Tak Peduli denganmu dan Hubungan yang Dijalani pexels.com/Jeremy Wong

Dalam hubungan yang sehat, kamu dan pasangan akan dengan bersemangat mendiskusikan masa depan bersama. Jika si dia terus-menerus menghindari pembicaraan tentang masa depan dan pernikahan, ini adalah tanda bahaya besar.

"Jika dia tidak lagi peduli tentang kamu atau keinginan menggabungkan hidupmu dengan hidupnya, dia mungkin tidak mencintaimu," Keith memperingatkan.

10. Menggoda perempuan lain di depanmu

10 Tanda Si Dia Tak Peduli denganmu dan Hubungan yang Dijalani Love Panky

Ini seharusnya tidak terjadi sama sekali jika dia benar-benar mencintaimu. Ketika seorang laki-laki jatuh cinta, tidak ada perempuan lain di luar sana untuknya. Hanya kamu yang dapat membuat dunianya bersinar.

Jadi, jika dia masih menggoda perempuan lain, bahkan di depanmu langsung, ini sudah tanda besar kalau dia sebenarnya tidak peduli denganmu dan hubungan yang kalian jalani. Jangan biarkan seorang laki-laki memperlakukan kamu dengan cara ini karena kamu jauh lebih berharga.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Dewasa dalam Hubungan, Bikin Pasangan Nggak Betah

Baca Juga: 7 Hal yang Bikin Hubunganmu Langgeng Sampai Pernikahan

Baca Juga: 6 Gangguan Kepribadian Ini Ternyata Bisa Mengganggu Hubungan Asmara