Support System Terbaik Artinya Apa? Ini Cara Memperkuat Ikatannya

Apakah kamu juga harus punya support system?

Support System Terbaik Artinya Apa? Ini Cara Memperkuat Ikatannya

Saat mendengar kata support system, mungkin kamu langsung berpikir tentang persahabatan yang dilihat di serial televisi Friends atau drama Korea favorit. Well, kamu nggak salah karena pertemanan—apalagi persahabatan—adalah elemen penting dari support system yang kuat. 

Namun, support system atau sistem pendukung seharusnya nggak sampai di situ saja. Akarnya harus lebih dalam, menyentuh kehidupan pribadi dan profesional, serta menyediakan berbagai pilihan jika satu elemen tidak berfungsi.

Misalnya, saat kamu perlu dukungan emosional karena sedang bertengkar dengan sahabat, kamu masih punya sistem pendukung lainnya yang bisa memberikan dukungan tersebut.

Jadi, support system terbaik artinya adalah sekelompok orang yang memberimu dukungan mental dan emosional saat kamu sangat membutuhkannya. Mereka juga bisa membantumu tetap kuat.

Tanpa sistem pendukung, kamu mungkin merasa sendirian saat mengalami kesulitan. Itulah mengapa memiliki sistem pendukung yang kuat sangat penting sehingga kamu jadi punya orang-orang untuk mendukung saat kamu sedang kesulitan.

Sains mengatakan sistem pendukung yang kuat sangat penting, bahkan dapat membantu meningkatkan kesehatan. Jika kamu sulit menemukan sistem pendukung yang sehat, berikut cara untuk memperkuatnya, seperti dikutip dari Talk Space.

1. Ketahui apa yang kamu inginkan

Support System Terbaik Artinya Apa? Ini Cara Memperkuat Ikatannya

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan apa sebenarnya yang kamu inginkan dari support system. Apakah kamu perlu sekelompok orang yang membantumu bersantai dan mendengarkan keluh kesahmu? Atau apakah kamu ingin meningkatkan kehidupan profesionalmu?

Penting untuk fokus pada hal tersebut karena kamu berhak mendapatkan berbagai jenis bentuk dukungan. Lagi pula, kebutuhan dan kesehatan mentalmu saat ini mungkin berbeda dari enam bulan dari sekarang.

Jadi, meski kamu bisa hanya memprioritaskan satu jenis dukungan, apakah itu persahabatan yang mendalam, jaringan kenalan yang luas, atau dalam hubungan asmara, pastikan saja jangan biarkan yang lainnya terabaikan.

2. Bangun ikatan dengan keluarga, teman, dan orang yang disayangi

Terkadang, sistem pendukung terbaik ada tepat di depan matamu. Mereka adalah keluarga, teman, dan orang yang kamu sayangi yang sudah mengenalmu dengan sangat baik. Saat kamu merasa down, tak ada yang lebih baik daripada menelepon salah satu dari mereka.

Namun, kesibukan dan jarak membuatmu sulit untuk tetap berhubungan dengan mereka. Jadi, langkah pertama dalam membangun support system yang baik adalah dengan mulailah menjangkau mereka.

Jika mereka berada di kota lain, lakukan panggilan telepon, video call, atau jika bisa kunjungi mereka langsung. Dengan orang-orang yang berada di kota yang sama, luangkan waktu untuk minum kopi dan hangout bersama.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here