Sebagai seorang perempuan, kamu merasa nggak kalau bagian tersulit tentang kehidupan cinta bukanlah bertemu atau membangun ketertarikan dengan laki-laki. Hal tersulit adalah menciptakan hubungan yang mendalam dan emosi yang kuat dengan si pacar alias memiliki ikatan emosional.

Apa itu keterikatan emosional? Ini adalah tentang perasaan kedekatan dan kasih sayang dalam hubungan yang membantunya bertahan dari waktu ke waktu. Keterikatan emosional sebenarnya sangat penting dalam semua hubungan manusia, termasuk hubungan percintaan.

Cara untuk mengetahui apakah seseorang terikat secara emosional dengan kamu atau tidak adalah dengan melihat, apakah dia benar-benar menikmati menghabiskan waktu bersama kamu, selalu menelepon atau mengirim chat, atau membuat komitmen untuk nggak bertemu dengan orang lain.

Nah, sekarang bagaimana caranya supaya pacar memiliki ikatan emosional denganmu? Pelatih kencan dan hubungan Iona Yeung memberitahukan cara-caranya.

1. Terima pacar apa adanya, bukan karena potensi yang dimilikinya

5 Cara Agar Kamu dan Pacar Punya Ikatan Emosional yang DekatUnsplash.com/Artawkrn

Semua orang ingin diterima dan dicintai apa adanya. Namun, nyatanya masih banyak perempuan yang membuat kesalahan dengan berpacaran dengan laki-laki karena potensinya.

Laki-laki bukanlah proyek. Saat kamu memiliki harapan pada seorang laki-laki untuk berubah, dia akan merasa kamu nggak melihat dirinya apa adanya. Ini bisa membuat laki-laki merasa malu karena merasa nggak cukup. Jika ini dirasakan di awal hubungan, kemungkinan besar ia akan merasa cemas dan putus asa.

Kamu cukup mengetahui apa yang dicari dari seorang laki-laki dan temukan seseorang yang cocok dengan deskripsi itu. Jangan mencoba mengubah pacar menjadi seseorang yang kamu mau.

2. Buat keamanan emosional untuknya

5 Cara Agar Kamu dan Pacar Punya Ikatan Emosional yang Dekatcottonbro/Pexels

Dengan melakukan hal tersebut, kamu berarti menciptakan ruang di mana si pacar dapat mengekspresikan pikiran, perasaan, dan keinginannya tanpa merasa dihakimi.

Berbahagialah saat pacar bilang kamu adalah teman bicara yang bai,  karena itu artinya ia dapat mengatakan hal-hal yang biasanya nggak dibagikan kepada orang lain. Itu ia lakukan karena dirinya tahu kamu nggak akan menghakiminya.

Lain kali pacar mengalami hari yang buruk, mengeluh tentang rekan kerja, atau memberi tahu sesuatu yang pribadi, dengarkan tanpa menghakimi. Ketahui kapan harus memperbaiki masalah, kapan harus menawarkan bantuan, dan kapan hanya mendengarkan. Terkadang orang nggak ingin masalahnya diselesaikan, tetapi hanya ingin didengarkan.

3. Jaga agar hubungan tak selalu serius dan tetap menyenangkan

5 Cara Agar Kamu dan Pacar Punya Ikatan Emosional yang DekatKaterina Holmes/Pexels

Pada dasarnya, orang-orang mengingat dirimu berdasarkan pengalaman yang kalian rasakan bagikan bersama. Jadi, semakin banyak pengalaman positif dan menyenangkan yang dialami, maka semakin seseorang mengaitkan perasaan tersebut denganmu.

Laki-laki dan perempuan memiliki garis waktu hubungan yang berbeda. Perempuan cenderung ingin langsung “serius” dengan hubungannya dan melewatkan banyak aspek menyenangkan dalam berpacaran. Sementara laki-laki seringnya membutuhkan waktu lebih lama untuk memutuskan apakah ia ingin melanjutkan hubungan lebih jauh atau tidak.

Jadi, penting untuk menjaga awal hubungan tetap ringan dan menyenangkan. Bagi kaum Adam, meskipun dia benar-benar menyukaimu, kalian masih berpacaran bukan pasangan suami istri.

4. Jangan takut menunjukkan kerentanan di depan pacar

5 Cara Agar Kamu dan Pacar Punya Ikatan Emosional yang Dekatunsplash.com/Clay Banks

Cara tercepat untuk menciptakan ikatan emosional dengan pacar adalah dengan menunjukkan kerentanan diri. Saat kamu menunjukkan kepada seseorang versi diri yang tidak disaring, pada dasarnya kamu memberi mereka kunci untuk menjelajahi setiap detail intim tentang dirimu dan itu adalah tanggung jawab besar.

Jika pacar sudah melihat dirimu apa adanya, tanpa ada yang ditutupi, secara tidak langsung kamu sudah menciptakan keamanan dan ikatan emosional bagi laki-laki untuk melakukan hal yang sama.

5. Beri pacar kesempatan untuk mengejar kamu

5 Cara Agar Kamu dan Pacar Punya Ikatan Emosional yang DekatROMAN ODINTSOV/Pexels

Apa yang harus dilakukan saat kamu merasa pacar tiba-tiba cuek denganmu? Iona bilang, jangan lakukan apa-apa.

Saya melihat banyak perempuan yang panik begitu mereka mengira pacarnya menarik diri. Mereka panik saat pacar tidak mengirim chat atau menelepon dan terlihat menjauhinya. Lalu, mereka akan mulai meneleponi pacar,  membuat rencana agar hubungan kembali seperti semula,” jelasnya.

Jika ini yang kamu lakukan, pacar akan merasa kamu mengejar-ngejarnya. Ini salah satu yang membuat banyak laki-laki nggak nyaman dan cenderung lebih menarik diri. Jadi, buat beri dia kesempatan untuk mengejar Anda.

Cara membuat ikatan emosional yang kuat dengan pacar memang nggak mudah. Namun, karena ini hal yang sangat penting untuk kelangsungan hubungan kalian—apalagi jika kamu ingin lebih serius, nggak ada salahnya mencoba cara-cara di atas supaya lebih dekat dengan pacar, ya.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Hanya Dijadikan Pelarian oleh Pacar

Baca Juga: 6 Cara Menjadi Sosok yang Lebih Mandiri Meski Telah Memiliki Kekasih

Baca Juga: 6 Hal yang Wajar Kita Rasakan Saat Pertama Kali Pacaran