Salah satu kunci hubungan yang sukses adalah membangun kepercayaan yang kokoh dengan satu sama lain. Namun, ini boleh jadi hal yang sulit dilakukan oleh sebagian orang, terutama mereka yang mengalami trust issue. Mungkin kamu salah satunya? Tetapi terlepas seberapa besar kesulitan itu, kamu perlu melawannya jika menginginkan hubungan percintaan yang berjalan baik.

Tenang saja, kamu nggak seharusnya mengatasi trust issue-mu sendiri. Pasanganmu seharusnya mau membantumu dalam hal ini. Melansir dari Elite Daily, ada beberapa cara yang dapat kamu dan pasangan lakukan untuk meningkatkan kepercayaan di antara kalian berdua.

1. Cari tahu akar dari trust issue

Jadi Terbuka, Ini 5 Cara Mengatasi Masalah Kepercayaan dalam HubunganUnsplash.com/Travis Grossen

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk sulit percaya pada siapa pun, termasuk dirimu. Memahami penyebab sulitnya dirimu memercayai pasangan adalah salah satu langkah yang perlu dilakukan untuk dapat memperbaikinya. Menerima kebohongan, menjadi korban perselingkuhan, gagal memiliki komitmen penuh dari mantan, nggak merasa aman, atau terluka dari hubungan sebelumnya adalah alasan umum yang membuat seseorang susah memercayai pasangannya sekarang. Jadi, apa alasanmu, Bela?

2. Ungkapkan kebutuhanmu

"Mulai sesi mengobrol dengan pasanganmu tentang hal yang kamu butuhkan agar merasa aman untuk percaya padanya," saran Dr. Gary Brown, terapis asmara asal Los Angeles, "Tanyakan pasangan mengenai hal yang ia butuhkan untuk merasa aman dan jika ada urusan yang belum selesaikan di antara kalian berdua. Jika ada sesuatu masalah yang belum selesai, segera tangani hal itu." Memiliki obrolan hubungan yang berat pun dapat mendatangkan tekanan untuk menyelesaikan semua hal saat itu juga. Namun jangan sampai merasa terburu-buru untuk menemukan solusi atau menyelesaikan semuanya sekaligus.

3. Pastikan kalian berdua saling mendengar

Jadi Terbuka, Ini 5 Cara Mengatasi Masalah Kepercayaan dalam HubunganUnsplash.com/Nathan Dumlao

Menurut Dr. Brown, dapat didengar itu lebih penting daripada dapat disetujui banyak orang. Dapat didengarkan menjadi lebih penting ketimbang menjadi benar saat terjadi suatu konflik. Meski sulit melepaskan ego untuk menjadi benar, coba fokus pada inti permasalahan dan perasaanmu tentang hal itu. Nggak ada yang salah untuk memiliki pandangan berbeda terhadap sebuah situasi. Namun, datang dengan solusi yang tepat adalah kunci yang perlu kamu prioritaskan.

4. Memeriksa satu sama lain

Setelah memulai obrolan dengan pasangan untuk mau meningkatkan kepercayaan dalam hubungan dan kepadanya, langkah selanjutnya adalah menjadikan hal itu sebagai prioritas. Luangkan waktu bersama setiap hari untuk mengobrol bersama dan menanyakan hari yang ia lalui. Sikap ini menunjukkan kalau kamu dan pasangan peduli satu sama lain, juga mengembangkan kepercayaan untuk saling perhatian.

5. Kamu dan pasangan harus saling berkomitmen

Jadi Terbuka, Ini 5 Cara Mengatasi Masalah Kepercayaan dalam HubunganUnsplash.com/Priscilla Du Perez

Lagi-lagi, mengungkapkan masalah kepercayaan boleh jadi hal yang berat dilakukan dalam hubungan. Namun jika kamu dan pasangan saling berkomitmen untuk membangun hubungan dan menyelesaikan masalah ini, trust issue dapat diatasi tanpa halangan. Ingat kalau kalian berdua perlu memiliki komunikasi yang jujur dan terbuka.

Dapat percaya pada pasangan adalah pondasi utama cinta sejadi dan keintiman sebenarnya. Jadi, bukan sekadar mengukuhkan perasaan kalau pasangan nggak akan melukaimu. Melainkan, percaya pada seseorang berarti mampu menjadi terbuka sepenuhnya padanya.

Baca Juga: 7 Langkah Membangun Kepercayaan Saat Menjalani Hubungan Jarak Jauh