Hubungan serius membutuhkan komitmen dan kesetiaan yang kuat. Itulah sebabnya, nggak semua orang siap atau bahkan ingin menjalani hubungan itu. Mungkin salah satunya adalah dirimu, Bela. 

Kamu belum siap menjalin hubungan serius dengan seseorang dan masih ingin menikmati romansa yang seru tanpa ada komitmen di dalamnya. Tentu saja, itu adalah hakmu. Namun bagaimana jika pasangan ingin membawa kisah kasih kalian ke jenjang yang lebih jauh?

Karena belum siap menjalin hubungan yang serius, jawaban yang ingin kamu berikan tentu adalah menolaknya. Mungkin kamu memiliki alasan tertentu yang membuatmu belum siap menjalin hubungan serius, seperti baru saja putus dari hubungan yang sudah terjalin lama atau masih ingin menikmati masa-masa lajang. Namun, ini nggak mungkin dilakukan tanpa melukai hatinya, Bela. Lalu, apa yang harus kamu lakukan?

1. Membicarakannya dengan pasangan

Belum Siap Jalin Hubungan Serius? Ini Cara Mengatakannya Pada PacarPexels.com/Freestocks.org

Pasanganmu berhak tahu kalau kamu belum ingin membawa hubungan ke arah yang lebih serius. Karena itu, ada baiknya untuk membicarakan hal ini di awal hubungan, atau mungkin sebelum kalian resmi menjalin asmara. 

Para relationship coach mengatakan kalau hal ini dapat menjadi sumber masalah dalam hubungan jika nggak segera dibicarakan di awal hubungan. Terkadang, dua orang dalam hubungan menginginkan hal yang berbeda dan ini dapat memicu pertengkaran yang melukai hati keduanya. Jadi, bicarakan bersama dengan hati dan pikiran yang terbuka.

2. Mengungkapnya dan menghargai pendapat pasangan

Belum Siap Jalin Hubungan Serius? Ini Cara Mengatakannya Pada PacarPexels.com/Tirachard Kumtanom

Cara terbaik untuk membicarakan keinginanmu ini adalah dengan mengatakan kalau kamu ingin menjaga hubungan ini berjalan santai. Kamu pun dapat mengatakannya tanpa perlu menebak reaksi pasanganmu. 

Setelah mengungkapkannya, dengarkan dan pahami pendapat pasanganmu. Katakan padanya kalau kamu mengerti keinginannya dan menghargainya, namun itu semua berbeda dengan yang ada dalam hatimu. Cara ini pun membantumu untuk mengetahui alasan pasangan ingin mengajakmu serius. Apa ia memang ingin segera menikah? Atau, dia benar-benar serius mencintaimu?

3. Jelaskan alasanmu

Belum Siap Jalin Hubungan Serius? Ini Cara Mengatakannya Pada PacarPexels.com/Pixabay

Ketimbang hanya mengatakan kalau kamu dan dirinya memiliki keinginan yang berbeda, para relationship coach menyarankan untuk menjelaskan alasanmu sehingga pasangan mengerti pandanganmu dengan jelas. Apa pun alasanmu, kamu bukanlah orang yang tepat untuk hubungan yang lebih serius. Bahkan meskipun sangat peduli dengan pasangan, kamu belum bisa memberikan hal yang ia inginkan.

4. Jangan menyembunyikan keinginanmu

Belum Siap Jalin Hubungan Serius? Ini Cara Mengatakannya Pada PacarPexels.com/Vera Arsic

Sayangnya, kamu nggak dapat membuatnya untuk tetap berlapang dada menerima alasanmu tanpa membuatnya sedih. Tentu saja, sedikit-banyaknya, pasangan akan merasa kecewa mengetahui dirimu nggak dapat menjalani hubungan serius bersamanya. Namun, hal yang dapat kamu lakukan padanya adalah memastikan kalau keputusanmu tersebut bukan berdasarkan dirinya. Sebab, pasangan dapat merasa kalau penolakanmu menjalani hubungan serius karena dirinya kurang cukup atau bukan yang terbaik untukmu. Jadi, jelaskan kalau ketidaksiapanmu menjalin hubungan serius bukan karena dirinya, melainkan datang dari dirimu sendiri.

5. Siapkan diri untuk kemungkinan terburuk

Belum Siap Jalin Hubungan Serius? Ini Cara Mengatakannya Pada PacarPexels.com/@thiszun

Ketika pasangan kecewa dan merasa kalau kalian berdua mengejar tujuan yang berbeda, kemungkinan ia akan meminta untuk mengakhiri hubungan itu. Pasangan mungkin akan mencari orang yang tepat dan mau diajak serius bersamanya. Jika itu keputusannya, penting untuk menghargainya dan melepaskannya.

Namun jika dia tetap ingin menjalin hubungan denganmu, pastikan kalau dirinya melakukan itu karena berharap kamu akan berubah pikiran. Kalau dia memiliki perubahan sikap selama menjalani hubungan, sudah saatnya untuk membuka diskusi lainnya dan mencari jalan keluar yang terbaik. Jangan memberikan kesan kalau seakan-akan keputusanmu akan berubah karena itu akan menghidupkan harapan dalam pikirannya. Kejujuran adalah kunci utama di sini, sekalipun itu dapat mengakhiri hubungan kalian.

Nggak ada yang salah ketika kamu dan pasangan memiliki keinginan yang berbeda dalam menjalani hubungan. Kamu pun nggak harus memenuhi ekspektasi pasangan. Namun, hal terpenting adalah menjadi jujur sepenuhnya terhadap keinginan dan tujuanmu. Jika belum siap atau belum mau menjalani hubungan serius, ada baiknya untuk melepas pasangan agar ia dapat mencari orang yang tepat. Demi perasaan kalian berdua, kamu berhak berada dalam hubungan yang membuatmu merasa menjadi dirimu sendiri.

Baca Juga: Ajukan 7 Pertanyaan Ini untuk Ketahui Dia Serius denganmu atau Tidak