Banyak yang bilang bahwa perbedaan usia yang ideal antara wanita dan laki-laki yang menjalin hubungan adalah dua sampai tujuh tahun. Lalu, bagaimana dengan kamu yang berpacaran dengan pria yang usianya 8 tahun lebih tua darimu? Atau mungkin lebih dari 8 tahun? Tenang saja, Bela. Perbedaan usia yang cukup signifikan tak akan memengaruhi kebahagiaanmu dan pasangan kok kalau kalian berdua saling mencintai. Malahan, kalian akan merasakan sembilan keuntungan yang tak dirasakan oleh pasangan yang usianya sepantaran! Nah, apa saja keuntungan-keuntungan yang kamu dapatkan dari menjalin hubungan dengan pria yang jauh lebih tua darimu? Baca di bawah ini, ya, Bela!

1. Komitmen 

Keuntungan Ketika Usiamu dan Pacar Terpaut Lebih dari 7 Tahun

Pria yang jauh lebih tua darimu sudah memiliki komitmen yang besar untuk membangun masa depan. Dia tak akan berpacaran denganmu hanya untuk main-main. Jadi siap-siap saja untuk dikenalkan dengan seluruh keluarganya, ya. Dia juga biasanya sudah banyak bertanya soal orang tua dan keluargamu. 

2. Emosi lebih stabil 

Keuntungan Ketika Usiamu dan Pacar Terpaut Lebih dari 7 Tahun

Usia dan pengalaman membuatnya lebih dewasa dalam mengolah egonya. Tak seperti laki-laki seusiamu yang memiliki ego besar, pria yang usianya jauh di atasmu sudah bisa mengatur emosinya. Dia tak akan sedikit-sedikit mengambek kalau kamu lupa mengabarinya. 

3. Keuangan dan karier lebih stabil 

Walaupun yang satu ini tak menjamin (banyak juga pria seusiamu yang sudah mencapai kesuksesan), tapi paling tidak dia sudah memiliki pandangan dan ambisi yang serius dalam berkarier. Dia sudah tahu bidang apa yang dikuasainya, kelemahan, dan kelebihannya dalam bekerja. Biasanya pria yang usianya 7 tahun atau lebih di atasmu sudah mulai mencicil rumah dan mobil untuk keluarganya kelak. 

4. Wawasan yang luas

Keuntungan Ketika Usiamu dan Pacar Terpaut Lebih dari 7 Tahun

Karena pergaulannya dengan orang-orang seusianya, wawasan dan pengetahuan yang ia miliki akan membuatmu terkagum-kagum. Kamu akan banyak belajar dari pasanganmu. Kalau bisa, kamu juga harus mengantongi wawasan yang luas agar bisa mengobrol nyaman dengannya, Bela. 

5. Menjadikanmu prioritas 

Berbeda dengan ketika kamu pacaran dengan cowok seusiamu, pasanganmu ini tak akan memberimu alasan, "Aku sedang ingin fokus berkarier," saat ditanya soal keseriusannya atau arah hubungan kalian. Dengan pasanganmu yang lebih tua, dia sudah mendapatkan karier dan pengalaman yang ia butuhkan. Selanjutnya, yang ia cari adalah pendamping hidup. Dia pun akan memperlakukanmu seolah kamu adalah hal yang paling penting dalam hidupnya saat ini. Perfect. 

6. Pengalaman dalam berhubungan

Keuntungan Ketika Usiamu dan Pacar Terpaut Lebih dari 7 Tahun

Pasanganmu sudah menghadapi berbagai tantangan dalam menjalin hubungan. Nah, dia jadi tahu bagaimana caranya menangani wanita. Urusan menebak-nebak keinginanmu, bisa dibilang dia sudah hafal di luar kepala. Pokoknya, dia lebih sensitif dan peka daripada cowok-cowok kebanyakan. 

7. Menghargaimu seutuhnya

Keuntungan Ketika Usiamu dan Pacar Terpaut Lebih dari 7 Tahun

Kalau cowok-cowok seumuranmu lebih tertarik dengan keintiman fisik, pria dewasa lebih tertarik dengan keintiman emosional. Dia sangat menghargai percakapan kalian dan benar-benar tertarik untuk mengetahui segalanya tentangmu. 

8. Tidak canggung dengan anak-anak

Keuntungan Ketika Usiamu dan Pacar Terpaut Lebih dari 7 Tahunwww.warnerbros.it

Mungkin banyak teman-temannya yang sudah memiliki anak atau dia punya beberapa keponakan. Dia pun sudah tak canggung lagi kalau harus mengurus anak kecil. Sementara laki-laki yang sepantaran denganmu biasanya masih bingung ketika berhadapan dengan anak-anak. 

9. Tak berarti membosankan

Keuntungan Ketika Usiamu dan Pacar Terpaut Lebih dari 7 Tahun

Kamu salah kalau mengira pria dewasa itu membosankan. Pasangan yang usianya jauh di atasmu juga masih bisa menikmati hal yang bersifat kekanak-kanakan seperti setengah mati menahan tawa ketika kalian secara tak sengaja melihat orang terpeleset dan jatuh. 

Jadi bagaimana, Bela? Semakin yakin dengan pilihanmu? Popbela ingin tahu, dong. Ceritakan pengalamanmu sendiri di bagian komentar, ya! Siapa tahu yang lain jadi semakin iri denganmu. 

BACA JUGA: Inikah Rasanya Pacaran Beda Usia? Simak 7 Fakta yang Bikin Kamu Makin Sayang dengan Pasangan​