Selingkuh? Tak pernah! Mungkin itulah yang muncul di kepalamu jika ada yang menanyakan padamu kalau kamu pernah berselingkuh atau paling tidak mencoba-coba berselingkuh. Tapi kesetiaan itu tak hanya diukur dari berapa orang pacar yang kamu kencani saat ini, Bela. Selingkuh juga tak hanya diartikan saat menjalin hubungan romantis dengan orang lain. Tanpa kamu sadari, tujuh hal di bawah ini nyaris sama parahnya dengan selingkuh, lho! Jangan-jangan ada yang sering kamu lakukan?

1. Stalking cowok lain di media sosial 

Hati-hati, 7 Hal Ini Nyaris Sama Parahnya dengan Selingkuhwww.trondheimkino.no

Menurutmu stalking mungkin wajar saja, toh semua orang juga melakukannya. Tapi kalau kamu punya satu cowok incaran stalking dan kamu sudah tahu segala akun media sosialnya, bisa jadi masalah kalau kamu tidak hati-hati. Bisa jadi kamu terobsesi dan lebih peduli pada si cowok ini daripada pacarmu sendiri yang chat-nya belum kamu balas. 

2. Memikirkan mantanmu

Hati-hati, 7 Hal Ini Nyaris Sama Parahnya dengan Selingkuhwww.trondheimkino.no

Sesekali tebersit pikiran tentang mantanmu memang wajar. Tapi kalau hal ini sering terjadi dan kamu tak buru-buru mengalihkan perhatian, artinya kamu tidak merasa cukup bahagia dalam hubunganmu saat ini. Kamu justru semakin asyik bengong di siang bolong memikirkan mantan. 

3. Menyembunyikan sahabat cowokmu

Hati-hati, 7 Hal Ini Nyaris Sama Parahnya dengan Selingkuhwww.aceshowbiz.com

Kamu sebenarnya punya seorang sahabat cowok yang dekat sekali denganmu. Bisa jadi dia adalah teman kantor atau sahabatmu zaman kuliah. Kalian sering chatting, telepon, dan jalan bareng. Kalian sering saling bertukar curahan hati dan kamu selalu datang padanya jika minta saran. Kamu pun takut dilarang berhubungan dengan dirinya, maka kamu menyembunyikan sosoknya dari pacarmu. Wah, ini berarti kamu dan kekasih masih belum percaya pada satu sama lain! 

4. Belum menghapus akun Tinder-mu

Hati-hati, 7 Hal Ini Nyaris Sama Parahnya dengan Selingkuhwww.popsugar.com

Diam-diam, kamu masih sering "berburu" lewat Tinder. Kamu masih sering swipe kanan dan kiri kalau-kalau ada yang lebih menarik dari pacarmu. Dalam hati, kamu tahu tak seharusnya melakukan itu. Tapi apa salahnya sih, kalau cuma ingin mencari teman? Hmm....

5. Merencanakan masa depanmu sendiri

Hati-hati, 7 Hal Ini Nyaris Sama Parahnya dengan Selingkuhwww.movpins.com

Saat membayangkan tentang masa depanmu, kamu melihat gambaran dirimu yang sibuk berkeliling dunia seorang diri dan membangun karier yang besar dengan bekerja keras sepanjang hari. Tak ada sosoknya dalam bayangan yang kamu lihat dalam kepalamu sendiri. Kalau kamu memang mencintainya, paling tidak seharusnya kamu sedikit memikirkan di mana ia akan masuk dalam bingkai hidupmu. 

6. Rindu menjomblo

Hati-hati, 7 Hal Ini Nyaris Sama Parahnya dengan Selingkuh
www.movpins.com

Jika kamu rindu menjomblo, mungkin karena kamu memang butuh menjomblo. Entah karena kamu tidak bahagia saat ini atau kamu sudah tak melihat kecocokan di antara kalian. Kalau hubungan kalian berjalan dengan sehat, tentu kamu tak perlu merindukan kebebasan, karena pacaran seharusnya tidak membuatmu merasa terkekang. 

7. Membatalkan janji untuk pergi dengan orang lain

Hati-hati, 7 Hal Ini Nyaris Sama Parahnya dengan Selingkuhwww.movpins.com

Kamu dan dirinya sudah janji menonton film pahlawan super terbaru yang sudah lama ia tunggu-tunggu itu. Tapi ketika film tersebut sudah keluar, kamu malah menonton duluan sepulang kantor bersama teman-teman kerjamu. Walau kamu sudah minta maaf dan berjanji akan tetap menemaninya nonton, tentu dia sudah kecewa duluan. 

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja yang bisa membahayakan hubunganmu dan pasangan? Tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya. Kamu juga harus terbuka pada pasangan setiap kali ada pikiran yang mengganjal supaya kamu tidak mencari pelarian yang aneh-aneh. Ingat, kunci hubungan yang sukses adalah komunikasi! 

BACA JUGA: Percaya Deh, Selingkuh Bukanlah Jawaban dari Segala Permasalahanmu dan Pasangan