Pertemuan pertama dengan orang tua pasanganmu memang bisa bikin deg-degan setengah mati. Ketemu orang tua si dia itu seperti wawancara kerja. Kamu nggak boleh memberikan kesan yang salah tentang dirimu dan kamu pasti ingin banget orang tua pasanganmu menyetujui hubungan kalian. Kalau bisa sih kamu mau skip saja bagian pertemuan pertama itu. Di sisi lain, kalau pasanganmu ingin mengenalkanmu dengan orang tuanya, tandanya hubungan kalian sudah mengalami kemajuan. Dia sudah menunjukkan komitmen! Jadi jangan sampai mengecewakannya dan simak baik-baik tips berikut ini ya, Bela. 

 

1. Jangan terburu-buru bertemu orang tuanya

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!aceshowbiz.com

Sebelum bertemu dengan si calon mertua, pastikan bahwa kamu dan pasangan benar-benar sudah serius menjalani hubungan kalian. Take your time to get to know your man, Bela. Dengan begitu, akan lebih mudah bagimu untuk menjadi bagian dalam hidup dan keluarganya. 

 

2. Pastikan orang tuanya sudah tahu tentang kamu

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!aceshowbiz.com

Jangan sampai orang tuanya kaget ketika tahu anak lelakinya membawa gandengan. Kalau mereka nggak pernah mendengar apa-apa tentang kamu, orang tua pasanganmu bisa menanamkan kecurigaan dan langsung memasang jarak denganmu. 

 

3. Cari tahu soal keluarganya

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!aceshowbiz.com

Hafalkan nama kakak atau adiknya. Tanyakan pada pasanganmu apa pekerjaan dan hobi kedua orang tuanya, serta kampung halaman mereka. Untuk menghindari percakapan yang terasa canggung, pastikan kamu tahu topik apa saja yang sensitif bagi orang tuanya dan hal apa saja yang bisa membangkitkan semangat mereka. 

 

4. Jangan sampai datang terlambat 

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!aceshowbiz.com

Kalau kamu diundang untuk makan malam bersama keluarganya, datanglah tepat waktu. Datang terlambat bisa memberikan kesan bahwa kamu nggak cukup peduli dan nggak menghargai waktu yang telah mereka sediakan untukmu. Begitu juga kalau kamu sekadar diajak bermain ke rumah pasanganmu untuk dikenalkan pada orang tuanya.

 

5. Kenakan pakaian dan makeup yang pantas 

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!brides.com

Hindari pakaian yang terlalu terbuka seperti rok mini atau blus dengan belahan dada rendah. Selain itu, kamu juga harus menghindari memakai kaus oblong yang sudah usang dan jins belel favoritmu. Kalau kamu senang memakai makeup, kali ini usahakan agar dandananmu nggak terlalu menor atau menyolok. Kamu nggak mau kan orang tua pasanganmu jadi salah fokus sepanjang malam? Padahal, niat awalnya adalah mengenal lebih dalam sosokmu yang berhasil merebut hati anak lelaki mereka. 

 

6. Mengobrollah dengan santai

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!aceshowbiz.com

Mungkin ini bagian yang paling bikin grogi. Tenang, Bela. Tunjukkan kepedulianmu dengan bertanya hal-hal kecil seperti di mana kedua orang tuanya bertemu dulu, seperti apa kebiasaan pasanganmu sewaktu kecil, dan kesibukan mereka sekarang. Nggak usah membahas hal-hal yang terlalu serius seperti kondisi ekonomi dan politik Indonesia belakangan ini, kecuali kalau orang tuanya sangat menikmati pembahasan ini. Pada dasarnya, orang lebih senang ketika ditanya mengenai dirinya atau anaknya. Saat giliranmu ditanya, jawablah sesopan dan seramah mungkin. Mereka pasti ingin tahu soal latar belakang dan sifat-sifat aslimu, jadi jangan berbohong atau melebih-lebihkan beberapa fakta tentang dirimu. Orang tua pasanganmu paham kok kalau nggak ada yang sempurna di dunia ini, maka jadilah dirimu sendiri dan buat mereka berpikir, "Oh, jadi ini yang bisa membuat anak lelakiku jatuh hati padanya.". 

 

7. Tawarkan pujian

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!aceshowbiz.com

Siapa sih yang nggak senang mendengar pujian? Pujilah dengan tulus dan jangan sampai kesannya kamu sedang menjilat. "Wah berarti om dan tante keren banget ya bisa berkarier sekaligus mengurus keluarga. Boleh saya minta rahasianya nggak?". Atau pujilah pacarmu di depan orang tuanya. Setiap orang tua ingin melihat bukti bahwa mereka telah berhasil membersarkan anak lelaki yang hebat. "Dia ini rajin sekali lho, tante. Nggak pernah sekali pun melewatkan ibadah.". 

 

8. Jangan mengumbar kemesraanmu dengan pasangan 

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!popsugar.com

Nggak perlu gandengan sepanjang malam atau berciuman saat mau pulang di hadapan orang tuanya. Kemesraanmu dan pasangan biarlah menjadi milik kalian berdua. Melihat anaknya bermesraan dengan orang lain akan membuat orang tuanya nggak nyaman. 

 

9. Simpan smartphone-mu 

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!aceshowbiz.com

Popbela tahu kok ada saat-saat canggung di mana kamu bingung harus berkata atau melakukan apa. Apalagi kalau tiba-tiba pasanganmu permisi ke toilet atau mengambil sesuatu dan kamu ditinggalkan dengan orang tuanya. Tahan dirimu dan jangan keluarkan hp-mu karena kebanyakan orang tua akan menganggapmu nggak sopan. 

 

10. Tersenyumlah

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!altfg.com

Saking gugupnya, wajahmu bisa jadi terlihat sangat tegang dan menyeramkan. Ingatlah untuk selalu tersenyum dengan ramah. Tapi jangan senyum-senyum sendiri kalau nggak mau disangka gila. Tersenyum juga bisa membuatmu merasa lebih rileks. 

 

11. Bawakan oleh-oleh

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!justjared.com

Yang satu ini nggak wajib sifatnya, tapi patut kamu coba. Kalau ibumu habis membuat puding atau baru saja pulang dari luar kota, nggak ada salahnya kamu membawakan oleh-oleh tersebut untuk keluarga pasanganmu. Mereka akan melihatmu sebagai orang yang perhatian. 

 

12. Jangan terlalu jaim tapi jangan terlalu malu-maluin

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!dailycaller.com

Jaga image atau jaim itu penting, tapi jangan terlalu parah juga karena ada orang yang bisa merasa tersinggung. Kalau ayah pasanganmu yang hobi masak menawarkanmu untuk mencicipi beberapa jenis masakannya dan kamu menolak semuanya, kebayang dong sakit hatinya? Begitu juga sebaliknya kamu pasti nggak mau kan terlihat rakus dan minta tambah terus? 

 

13. Tenangkan dirimu sebelum bertemu orang tuanya

Jangan Mau Ketemu dengan Orang Tua Pasanganmu Sebelum Membaca Tips-tips Ini!sbs6.nl

Grogi berlebihan bisa membuatmu stres dan justru nggak bisa menjadi dirimu sendiri di hadapan orang tua pasanganmu. Untuk mencairkan keteganganmu, ajaklah si dia berjalan-jalan sebentar denganmu di mal atau nongkrong di kafe favorit kalian sebelum bertemu dengan orang tuanya.  

 

Itu dia tips-tips bertemu dengan sang calon mertua yang sangat bisa kamu coba! Kamu punya tips lain nggak, Bela? Silakan tinggalkan komentar di bawah ini, ya!