Ketika hubungan percintaan kandas, tentu merupakan fase yang sulit. Apalagi jika kebersamaan dengan sang mantan pacar sudah berjalan lama hingga bertahun-tahun. Tapi, kita tidak bisa terlalu lama merana, karena sudah waktunya membuka lembaran baru dengan calon pasangan yang baru pula.

Agar tidak membuang waktu karena terjebak di situasi dengan orang yang tidak tepat, berikut ini beberapa tips memulai hubungan baru yang bahagia yang bisa kamu ikuti.

1. Jangan berkesimpulan terlalu cepat

9 Tips Memulai Hubungan Baru yang Bahagiahttps://www.pexels.com/@katerina-holmes

Tips memulai hubungan baru yang bahagia tentu adalah tidak mengambil kesimpulan terlalu cepat. Bertemu dengan seseorang yang baru bisa memberikan persepsi yang salah mengenai sifat sesungguhnya. Sebaiknya, kenali sifat dia lebih dalam dan hindari kesan jika kamu terlihat putus asa dan ingin segera masuk ke dalam hubungan serius. Jangan sampai terjebak dengan orang yang salah, ya, Bela.

2. Jangan menunggu terlalu lama

9 Tips Memulai Hubungan Baru yang Bahagiahttps://www.pexels.com/@julia-m-cameron

Terlalu cepat memang tidak baik, tapi bukan berarti kamu juga menghabiskan waktu terlalu lama untuk menunggu. Proses berkenalan yang memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan tanpa adanya label resmi pastilah menjemukan. Tak ada salahnya, kok, untuk meresmikan status jika memang dialah orangnya.

3. Pastikan kita merasa nyaman

9 Tips Memulai Hubungan Baru yang Bahagiahttps://www.pexels.com/@shkrabaanthony

Tips memulai hubungan baru yang bahagia berikutnya tentu memastikan perasaan kita nyaman ketika bersama dia. Obrolan yang ‘nyambung’, visi yang sama, dan sifat yang klop bisa jadi penentu rasa nyaman bagi kedua belah pihak. Sembari mempelajari karakternya, pastikan juga kamu merasa nyaman di sisinya.

4. Jangan terjebak dalam hubungan yang tidak tepat

9 Tips Memulai Hubungan Baru yang Bahagiafreepik.com/freepik

Jika rasa nyaman tidak bisa dirasakan ketika bersama dia, sebaiknya kamu tidak perlu lanjut ke tahap berikutnya. Hal ini tentu untuk menghindari kamu terjebak di hubungan yang tidak membuat kita bahagia.

5. Tidak perlu merasa tertekan

9 Tips Memulai Hubungan Baru yang Bahagiahttps://www.pexels.com/@katerina-holmes

Jadi diri sendiri dan tanyakan seperti apa kehidupan calon pasangan bisa menjadi tips memulai hubungan baru yang bahagia berikutnya. Jangan sampai kamu merasa tertekan karena sulit menemukan kecocokan dengan dia. Tak masalah jika butuh waktu, namun jangan sampai kamu jadi membuang waktu, ya.

6. Pastikan dia juga ikut berjuang

9 Tips Memulai Hubungan Baru yang BahagiaPexels.com/Nycolle Suabya

Hubungan yang bahagia tidak hanya dirasakan oleh satu pihak, oleh karena itu untuk mewujudkannya pastikan calon pasangan memberikan usaha yang sama denganmu. Jangan sampai kamu berjuang sendiri, jika iya maka dia bukan orang yang tepat buatmu.

7. Kurangi ekspektasi

9 Tips Memulai Hubungan Baru yang Bahagiathehealthy.com

Tips memulai hubungan baru yang bahagia berikutnya adalah kurangi ekspektasimu. Berkenalan dengan orang baru terkadang tak semulus harapan, tak masalah jika punya standar tertentu tapi jangan berharap lebih kalau kamu gak mau kecewa.

8. Jangan terpaku dengan aturan

9 Tips Memulai Hubungan Baru yang BahagiaPexels.com/Jasmine Carter

Berapa jangka waktu yang tepat untuk menjalin hubungan dengan seseorang? Tidak ada aturan mengenai ini. Selama kamu tidak membuang waktu dengan orang yang jelas tidak tepat maka kamu bisa, kok, mempelajari calon pasangan lebih lama.

9. Jangan ragu menentukan pilihan

9 Tips Memulai Hubungan Baru yang Bahagiahttps://www.pexels.com/@arina-krasnikova

Mantapkan hubungan jika memang kamu dan dia merasa cocok. Jangan sampai, hubungan kalian justru mengambang dan akhirnya membuatmu buang-buang waktu. Tips memulai hubungan baru yang bahagia satu ini adalah belajar tegas untuk meresmikan status kalian. Maju atau mundur? Semua ada di tanganmu dan calon pasangan.

Itulah tadi beberapa tips memulai hubungan baru yang bahagia. Semoga kamu bisa segera bertemu dengan jodoh yang tepat, ya, Bela!

Baca Juga: 6 Hal dalam Hidup yang Akan Kamu Sadari Ketika Sedang Single

Baca Juga: 7 Hal Keren yang Terjadi Ketika Kamu Berhasil Menerapkan Self-Love

Baca Juga: 7 Pasangan Zodiak yang Toxic Banget Saat Menjalin Hubungan