Ketika mendengar kata ghosting, apa yang terlintas dalam pikiranmu? Mungkin yang terlintas adalah menggantungkan sebuah hubungan, meninggalkan seseorang tanpa kejelasan, dan sakit hati.

Bukan hanya laki-laki saja yang bisa melakukan ghosting, tapi perempuan pun bisa melakukannya, lho. Akibat dari perbuatan ghosting sendiri juga bisa memberikan dampak negatif bagi korbannya, seperti merasa sedih, cemas, merasa bersalah, hingga marah.

Kalau kamu pernah melakukan ghosting pada seseorang, sebaiknya kamu katakan 6 hal yang dikutip dari laman Missmalini ini, ya, agar semuanya jelas.

1. "Aku senang dan nyaman saat berbincang denganmu, tapi sepertinya kita lebih baik berteman"

Daripada Ghosting, Sebaiknya Katakan 6 Hal Inifreepik.com/ yanalya

Coba kamu sampaikan padanya kalau kamu memang merasa tidak cocok untuk punya hubungan romantis dengannya, daripada tiba-tiba menghilang tanpa kejelasan. Mungkin kamu memang merasa lebih cocok untuk berteman saja. Walaupun akhirnya bisa menyakitkan untuknya, setidaknya kamu harus tetap menjelaskan, ya.

2. "Aku merasa nggak siap untuk berkencan saat ini"

Daripada Ghosting, Sebaiknya Katakan 6 Hal IniPexels.com/Cottonbro

Ketika kamu merasa nggak siap untuk berkencan, beri tahu dia. Di samping bisa membuatnya merasa lebih paham akan situasimu, kamu juga bisa melepaskan perasaan bersalahmu yang mungkin bisa kamu rasakan ketika kamu tetap "menggantungnya". 

3. "Terima kasih atas percakapan kita yang menyenangkan ini. Tapi aku rasa kita nggak cocok untuk melanjutkan ke hubungan yang lebih serius"

Daripada Ghosting, Sebaiknya Katakan 6 Hal Inifreepik.com/ freepik

Kecocokan dalam sebuah hubungan memang nggak bisa dipaksakan. Kamu mungkin merasa tidak cocok saat beberapa kali berbincang dengannya. Nggak apa-apa, lho, ketika kamu merasa seperti itu. Tapi, tetap sampaikan padanya, ya, kalau kamu memang merasa tidak ada kecocokan antara kamu dengannya.

4. "Aku sedang menghadapi berbagai permasalahan dalam hidupku dan berkencan bukan pilihan yang tepat untukku saat ini"

Daripada Ghosting, Sebaiknya Katakan 6 Hal IniPexels.com/Liza Summer

Mungkin ketika kamu sedang punya banyak permasalahan dalam hidupmu, kamu jadi nggak punya keinginan untuk berkencan dengan seseorang. Kalau kamu butuh waktu untuk sendiri dan tidak ingin fokus pada hubungan romantis, kamu bisa bilang bahwa hubungan romantis bukanlah prioritasmu saat ini.

5. "Terima kasih atas kencan manisnya kemarin, tapi aku rasa kita nggak punya koneksi untuk membangun sebuah hubungan romantis"

Daripada Ghosting, Sebaiknya Katakan 6 Hal IniPexels.com/MART PRODUCTION

Jika pada akhirnya kamu tetap nggak merasakan koneksi untuk melanjutkan hubungan romantis dengannya setelah berkencan, tetap berikan kejelasan padanya, ya. Katakan bahwa kamu tidak tertarik untuk melanjutkan hubunganmu ke jenjang yang lebih serius, ya.

6. "Aku mencari seseorang yang memiliki kesamaan lebih banyak denganku"

Daripada Ghosting, Sebaiknya Katakan 6 Hal IniPexels.com/destiawan nur agustra

Meskipun banyak yang bilang bahwa perbedaan dalam sebuah hubungan itu membuat cinta semakin kuat, tetap saja perbedaan tak bisa dipaksakan. Tentu wajar jika kamu mencoba mencari kesamaan dengan calon pasanganmu dan kamu berhak, kok, menyampaikan hal itu padanya. Jangan lupa untuk meminta maaf padanya dan apresiasi hal-hal yang sudah dia lakukan untukmu, ya.

Baca Juga: 7 Pesan Singkat yang Bisa Kamu Kirim ke Korban Ghosting-mu

Baca Juga: Hati-hati, 6 Zodiak Ini Terkenal suka Ghosting

Baca Juga: 9 Tanda Mantan Pura-pura Move On dari Kamu