Untuk kaum perempuan yang sudah memiliki pasangan pasti sering merasakan cemburu. Nah, cemburu yang diperlihatkan oleh setiap perempuan berbeda-beda. Ada yang bisa memendamnya dan mengatasi rasa cemburunya sendiri, ada juga yang meluapkannya dengan emosi yang berlebihan terhadap pasangannya. 

Emosi yang dihasilkan dari rasa cemburu itu terkadang bisa berakibat buruk buat hubunganmu, lho. Terkadang kamu juga tidak menyadari apa alasan kamu cemburu sebenarnya. Dilansir dari Bolde, inilah beberapa alasan mengapa kamu bisa cemburuan terhadap pasanganmu. Selain itu juga ada cara mengatasi rasa cemburu tersebut agar hubunganmu tetap terjalin. Penasaran? Yuk keep scrolling, Bela!

1. Kamu merasa insecure

7 Alasan Mengapa Kamu Sangat Cemburuan, Bisa Diatasi Kok!Free-Photos from Pixabay" target="_blank">pixabay.com

Secara nggak sadar, cemburumu itu bermula karena ada rasa insecure. Seringkali kamu merasa nggak pantas untuk pasanganmu dan akhirnya berujung curiga terhadap cinta yang datang. Jangan biarkan perasaan insecure tersebut mengacaukan pikiranmu. Atasi rasa insecure ini dengan cara memercayai pasanganmu sendiri. Percaya dan yakinkan diri bahwa kamu pantas dicintai dan dihargai. So, jangan takut lagi ya! 

2. Terlalu takut untuk ditinggalkan

7 Alasan Mengapa Kamu Sangat Cemburuan, Bisa Diatasi Kok!pixabay.com/dima_goroziya

Cemburu karena takut dia lebih memilih yang lain dan meninggalkanmu? Terkadang ada orang lain yang datang di kehidupan pasanganmu dan kamu merasa terancam dengan kehadiran orang baru tersebut. Jangan berpikir berlebihan atau terlalu khawatir, itu bisa berakibat buruk untuk kesehatanmu dan juga hubunganmu dengan pasangan. Kamu harus tenangkan pikiran, nikmati masa-masamu dengan pasangan agar hal-hal yang tidak diinginkan nggak terjadi nantinya. 

3. Pernah merasakan dikhianati atau ditinggalkan

7 Alasan Mengapa Kamu Sangat Cemburuan, Bisa Diatasi Kok!unsplash.com/Giulia Bertelli

Punya masa lalu yang buruk, seperti pasangan sebelumnya pernah berkhianat dan menyakiti perasaanmu. Mereka sudah memberikan janji-janji manis, namun tak menepatinya. Kamu harus bisa melepaskan rasa dendam, sakit hati, dan rasa kecewa di masa lalumu. Jadikanlah itu sebagai pengalaman dalam hidupmu. 

4. Terlalu yakin bahwa pasangan adalah milikmu seutuhnya

7 Alasan Mengapa Kamu Sangat Cemburuan, Bisa Diatasi Kok!Kiên Trịnh from Pixabay" target="_blank">pixabay.com/trinhkien91

Pasanganmu bukanlah sebuah barang yang bisa kamu miliki seutuhnya. Kamu tidak bisa mengatur pasanganmu untuk melakukan sesuatu. Biarkan pasanganmu melakukan apa pun yang ia inginkan selagi itu tidak menyakitimu. Berikanlah kepercayaan kepada pasanganmu. Jangan terlalu mengekang ataupun membatasinya. 

5. Ada masalah di masa lalu yang belum terselesaikan

7 Alasan Mengapa Kamu Sangat Cemburuan, Bisa Diatasi Kok!unsplash.com/Eminiano Vittoriosi

Masa lalu bukan hanya tentang pasanganmu yang sebelumnya. Mengetahui orangtua yang berselingkuh juga bisa menjadi ketakutan sendiri dalam menjalani suatu hubungan. Biasanya dalam kasus seperti ini, kamu akan kesulitan memercayai pasangan sendiri dan berpikir hal itu akan terjadi padamu juga. Kamu harus cari tahu penyebab kecemburuanmu oleh ahlinya. Sesuatu yang terjadi sebelumnya di masa lalu orangtuamu belum tentu akan terjadi padamu juga. 

6. Terlalu berekspektasi tinggi terhadap pasangan

7 Alasan Mengapa Kamu Sangat Cemburuan, Bisa Diatasi Kok!unsplash.com/Naomi August

Terkadang kita terlalu berkhayal memiliki hubungan yang sempurna, tidak ada pertengkaran, dan romantis setiap saat. Perasaan cemburu tersebut akan muncul ketika pasanganmu gagal memenuhi semua khayalanmu. Walaupun hal-hal kecil yang dilakukan oleh pasangan tidak sesuai dengan harapanmu, kamu harus tetap menghargainya.

7. Tak tahu cara menghadapi perubahan yang terjadi

7 Alasan Mengapa Kamu Sangat Cemburuan, Bisa Diatasi Kok!unsplash.com/Eutahm

Kamu pasti akan merasakan sesuatu yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam suatu hubungan lalu kamu tidak tahu cara menghadapinya. Terkadang rasa sayangmu bisa terlalu kuat atau bisa saja memudar total. Kecurigaan dan tuduhan apa pun tidak akan bisa mengubah itu semua. Kamu harus bicarakan ini kepada pasanganmu sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 

Itulah beberapa alasan kenapa kamu bisa cemburuan. Benar nggak nih, Bela? Kalau iya, yuk atasi rasa cemburu itu agar tidak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan. 

Baca Juga: Dear Lelaki, Ini 11 Hal yang Bisa Membuat Perempuan Cemburu Berat