Pandemi COVID-19 masih betah ada di negeri ini. Banyak lini dan segala aspek kehidupan yang terpengaruh, tak terkecuali kehidupan asmara kita dengan kekasih hati. Banyak yang tak bisa bertemu pasangan, karena terkendala pembatasan fisik dan PSBB di kota-kota zona merah. Kafe dan bioskop yang biasanya jadi tempat kencan pun harus ditutup demi kesehatan bersama.

Saat ini pemerintah masih pusing dengan persiapan new normal beserta kritik yang datang dari berbagai penjuru. Daripada ikut memusingkan kebijakan mereka, bukankah lebih baik kamu memikirkan masa depan percintaanmu saja? Yuk, pelajari cara kencan new normal supaya hubunganmu dengan si dia tetap harmonis!

1. Kalau ingin beraktivitas di outdoor, pakai masker

7 Panduan Kencan di Era New NormalPexels.com/Gustavo Fring

Corona belum benar-benar hilang. Jadi, ada baiknya kamu menghindari pertemuan di dalam ruangan seperti mall atau restoran. Pendiri aplikasi kencan The New Circle, David Vermeulen menyarankan untuk melakukan kencan di luar ruangan seperti taman. Ingat, jaga jarak tetaplah sebuah kewajiban. Jadi harapannya, ketika berkencan di luar ruangan kamu bisa tetap menerapkan aturan physical distancing dan mengatur jarakmu sendiri. Masker tetap jadi atribut wajib yang harus dikenakan, ya!

2. Bawa hand sanitizer dan terapkan clean dating

7 Panduan Kencan di Era New Normaltimedotcom.files.wordpress.com

Ya, clean dating jelas harus diberlakukan. Hindari salaman atau bersentuhan fisik ketika pertama kali bertemu setelah selama ini kalian mengarantina diri masing-masing. Kamu tidak tahu persis dia bertemu siapa saja. Di era new normal ini, kesehatan dan keselamatan adalah yang utama. Selalu bawa hand sanitizer di tasmu, ya! Kalau kamu ingin melakukan kontak fisik, maka gunakan hand sanitizer dulu. Meski pelukan tidak disarankan, kamu tetap bisa menggunakan bahasa tubuh yang menyenangkan.

3. Gunakan mobil kalau mau pergi bersama

7 Panduan Kencan di Era New NormalPexels.com/Peter

Di era new normal ini, motor dianggap sebagai kendaraan yang tidak menuruti protokol kesehatan. Pemotor kerap dilarang berboncengan di masa PSBB, apalagi kalau kamu dan pasangan belum sah menjadi suami istri dan tinggal serumah. Kalau mobil, kalian bisa tetap menerapkan aturan physical distancing ketika pergi bersama. Alternatif lainnya adalah langsung bertemu saja di tempat yang sudah kalian sepakati. Seandainya angkutan umum jadi pilihan kamu, hindari jam sibuk dan pastikan ada jarak antara kamu dengan penumpang lainnya.

4. Drive-in bioskop

7 Panduan Kencan di Era New NormalPexels.com/Olem Onojeghuo

Sebentar lagi mall akan segera dibuka, tentu saja bioskop akan menyusul juga. Bioskop bisa kembali beroperasi dengan memberi jarak antar kursi penonton. Mungkin akan ada juga yang memakai konsep bioskop drive-in seperti yang dihadirkan di berbagai negara. Beli tiketnya pun online saja supaya tidak menciptakan kerumunan. Ide movie date ini menarik, kan? Semoga saja segera ada yang menyediakannya.

5. Ciptakan percakapan yang berkualitas

7 Panduan Kencan di Era New NormalPexels.com/Gustavo Fring

Berkencan di era new normal, baik kamu dan pasangan harus meningkatkan keterampilan komunikasi, karena mungkin pertemuan akan jadi terbatas. Solusinya, media telepon dan video call kemungkinan besar tetap akan mendapat banyak peminat meski PSBB sudah dilonggarkan. Karena itulah, komunikasi yang berjalan lancar sangat penting di era ini. Cari topik perbincangan yang seru supaya kalian betah satu sama lain.

6. Pilih kafe yang sepi dan bersih

7 Panduan Kencan di Era New NormalPexels.com/Cottonbro

Kalau kamu dan pasangan ingin pergi makan, boleh saja. Carilah restoran atau kafe yang sepi pengunjung atau setidaknya menaruh meja dan kursi agak berjauhan. Restoran dan kafe seperti ini pasti ada di sekitarmu kalau kamu mau  meluangkan waktu khusus untuk mencarinya. Jangan lupa, lihat dulu review tempatnya, sekalian lihat harga makanannya, sesuaikan dengan keuanganmu.

7. Para pasangan yang LDR akan lebih berjuang

7 Panduan Kencan di Era New Normaldok.internet

Kalau kamu dan pasangan masih LDR di tengah pandemi ini, yang sabar ya. Karena untuk bertemu kekasih hati tentu akan lebih susah karena melewati rintangan razia PSBB dan tidak bisa menggunakan kendaraan umum sembarangan. Tapi karena perjuangan ini juga, kedatanganmu atau kedatangan kekasihmu akan dinilai sebagai perjuangan. Sebab, kamu harus mencari surat negatif corona dulu, ikut rapid test, dan sampai di kota baru tentu harus karantina diri 14 hari dulu sebelum akhirnya bertemu.

Jadi, sudah siap berkencan di era New Normal ini, Bela? Teruslah hidup berdampingan dengan orang yang kamu cintai, bukan dengan COVID-19, ya.

Baca Juga: Siap Jalani New Normal? Pakai Masker dengan 9 Gaya Kece Ini! 

Baca Juga: 7 Dampak yang Wajar Dirasakan dalam Hubungan Selama Pandemi

Baca Juga: Viral, Pasangan Ini Punya Cara Unik Berkencan Saat Social Distancing