Baru-baru ini, Tinder melakukan uji coba fitur terbarunya, Face to Face Video Chat, di beberapa negara termasuk Indonesia. Fitur ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dan berarti untuk para pengguna setia aplikasi Tinder. Melalui video chat ini diharapkan kamu bisa terhindari dari hampir 90% kemungkinan terjadinya kencan buruk di dunia nyata.

Menurut Tinder, ada tiga alasan kenapa kamu harus mencoba fitur terbaru ini. Pertama, video chat mengurangi peluang yang tidak menyenangkan saat bertemu match kamu secara langsung. Video dating juga cara terbaik untuk melihat chemistry kalian berdua, sekaligus menghemat waktu kamu dari bertemu dengan orang yang tidak cocok dengan kamu.

Kedua, video dating bisa dilakukan dari rumah atau dari tempat mana pun yang kamu rasa nyaman dan bisa jadi diri sendiri. Dengan rasa nyaman, kamu pun bisa menjadi versi terbaik dari dirimu.

Terakhir, tentunya kamu akan lebih hemat uang dan waktu, ketimbang harus bertemu di kafe dan restoran.

Berikut ini adalah tips dari Tinder untuk melakukan video dating bagi pemula.

1. Lakukan persiapan

5 Cara Sukses Video Dating untuk Pemula a la TinderPexels.com/Vlada Karpovich

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan sudut terbaik di rumah atau kamarmu. Cari background yang enak dilihat atau yang bisa bisa mencerminkan kepribadianmu.

2. Berpenampilan rapi

5 Cara Sukses Video Dating untuk Pemula a la TinderPexels.com/Yan

Meski hanya melakukan video call alias nggak bertemu langsung, bukan berarti kamu bisa bergaya seenaknya. Hargai lawan bicaramu dengan berpenampilan rapi. Anggap saja kamu seakan-akan hendak pergi ke mall atau nongkrong di kafe.

3. Atur pikiran dan ekspektasi

5 Cara Sukses Video Dating untuk Pemula a la TinderPixabay.com/amrothman

Setiap orang tentu memiliki ekspektasi yang berbeda dan hal ini penting untuk diutarakan saat awal, sehingga kamu merasa nyaman dan percakapan jadi lebih lancar. Jika ternyata match kamu tidak sesuai dengan dugaanmu atau melakukan perilaku yang tidak pantas, kamu bisa mengakhiri video date tersebut dan melaporkannya kepada tim Tinder.

4. Tunjukkan rasa ketertarikanmu

5 Cara Sukses Video Dating untuk Pemula a la TinderUnsplash.com

Percakapan satu arah tentu tidak menyenangkan bukan? Saat melakukan video dating, nggak ada salahnya, lho, menunjukkan rasa ketertarikan kalian satu sama lain. Bicarakan juga soal minat kalian atau hal-hal yang kalian sukai. Kamu juga bisa sesekali memuji dia, sehingga vibes positif bisa terbentuk dalam percakapan kalian. Melakukan aktivitas seperti permainan atau pertanyaan trivia juga bisa jadi pilihn untuk menghabiskan waktu, sekaligus mempelajari match kamu dengan lebih baik.

5. Jangan lupa ucapkan terima kasih

5 Cara Sukses Video Dating untuk Pemula a la TinderPinterest.cm/Bussiness2community

Setelah melakukan video chat yang menyenangkan, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih padanya. Tapi kalau kata “terima kasih” kurang mengesankan, Tinder memiliki beberapa ide yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk mengucapkan “terima kasih” dengan cara berbeda.

  1. Hey xx, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk ngobrol di tengah kesibukan kamu! Kita janjiin “video date” lagi yuk saat kita berdua sedang lowong dan semoga bisa secepatnya 
  2. Tadi menyenangkan sekali! Besok-besok kita Go-food/Grab-food donat dan kopi kali ya? jadi kita tetap bisa ngopi sambil ngemil bareng. Gimana? 
  3. Aku senang banget kita bisa video chat! Kalau kita bisa ngobrol senyaman tadi di video chat, aku yakin kita lebih bisa asik lagi ketika ketemu langsung nanti! Duh, semoga pandemi ini segera berakhir ya! 
  4. Semoga kamu tidak bete karena koneksi yang jelek! Mudah-mudahan selanjutnya “dewi sinyal” berada di pihak kita ya!
  5. Terima kasih sudah membuat kencan virtual pertama kita nggak canggung. Sekarang aku nggak sabar menunggu sesi kita berikutnya!
  6. Sekarang setelah kita telah sukses menyelesaikan “kencan” pertama kita, aku mau jujur. Aku menahan untuk ke toilet selama kencan tapi tidak tahu gimana cara ngomongnya, jadi aku tahan aja 
  7. Aku enggak tahu cara untuk mengirimkan pesan setelah video date di Tinder tapi aku lakukan aja (*btw, ini caraku bilang kalau tadi menyenangkan). 
  8. Nggak nyangka kita bisa ngobrol dengan Face-to-Face lebih dari sejam. Aku rasa itu artinya aku sangat menikmatinya sampai lupa waktu.
  9. Semoga kamu menikmati obrolan kita. Selanjutnya kita bisa nonton film bareng sembari ngobrol lewat handphone.
  10. Video call terbaik sepanjang minggu ini, apalagi saat semua video call yang aku lakukan hanya dengan teman sekantor dan bos.

Nah, itu dia beberapa tips agar kamu bisa melakukan video dating lewat fitur Face to Face Video Chat di Tinder. Ingat, jadi diri sendiri, percaya diri, dan pastikan tetap positif untuk mempertahankan obrolan kalian, ya. Selamat mencoba, Bela!

Baca Juga: Tinder Ajak Gen Z Cari Partner yang Cocok Lewat #BisaBareng

Baca Juga: Kenali Gaya Pengguna Tinder Indonesia Berdasarkan Zodiak

Baca Juga: Jelajah Pengalaman Baru Secara Virtual di Berbagai Penjuru Dunia