Menonton KDrama memang membuat kita ketagihan, apalagi juga jika drama itu ditulis oleh penulis yang digemari penonton. Saat drama itu mendekati episode akhir, kita pasti tidak ingin drama itu berakhir dan tentu saja penonton menginginkan akhir yang bahagia.

Manis pahit saat menonton KDrama adalah ada saja yang ceritanya awalnya indah, tapi menuju ke akhir justru memiliki plot twist yang membuat penonton ikutan sedih, kesal, bahkan kecewa. Salah satu alasan yang membuat penonton kesal saat menonton drama adalah ending-nya yang terlalu sedih dan atau sengaja dibuat menggantung.

Nah, kira-kira KDrama apa saja yang akhir kisah cintanya membuat penonton kesal? Apakah kamu salah satunya? Cek di sini, ya!

1. Scarlet Heart: Goryeo

10 Akhir Kisah cinta di KDrama yang Bikin Penonton KesalViu Indonesia

Masih menjadi perbincangan hangat sampai saat ini, banyak warganet yang belum bisa menerima ending dari drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo yang tayang tahun 2016 lalu. KDrama ini menceritakan tentang Hae Soo (IU) yang melakukan perjalanan waktu ke zaman Goryeo, ia kemudian jatuh cinta dengan pangeran rebel bernama Wang So (Lee Joon Gi).

Kisah cinta keduanya sangat rumit dan penuh tantangan, ditambah dengan akhir yang menggantung dan menyayat hati membuat penonton geram melihatnya. Banyak yang masih berharap drama ini dibuat season keduanya dan ada akhir bahagia untuk Hae Soo dan Wang So.

2. The Smile Has Left Your Eyes

10 Akhir Kisah cinta di KDrama yang Bikin Penonton KesalSoompi

Diperankan oleh Seo In Guk sebagai Kim Moo Young dan Jung So Min sebagai Yoo Jin Kang, drama The Smile Has Left Your Eyes dijuluki sebagai drama 'terbawang' alias super sedih) pada tahun 2018 lalu.

Moo Young adalah laki-laki yang punya banyak masalah dan sedang mencari jawaban atas kematian orangtuanya. Ia lalu bertemu dengan Jin Kang dan jatuh cinta dengannya. 

Meskipun awalnya Moo Young sulit untuk mencintai, akibat trauma masa lalunya, lapis demi lapis karakternya terungkap di setiap episode drama ini, hingga menunjukkan wujud aslinya.

Hatinya yang lembut dan tulus mencintai Jin Kang, membuat pasangan ini terlihat sangat romantis. Sayangnya mereka tak bisa bersatu. Rasa sakit dari menonton drama ini tak pernah bisa dilupakan penonton.

3. Snowdrop

10 Akhir Kisah cinta di KDrama yang Bikin Penonton Kesalallkpop

Snowdrop menjadi KDrama yang paling banyak diperbincangkan di Twitter Korea pada masa penayangannya. Bahkan sejak sebelum drama ini dirilis, sudah banyak kontroversi menyelimutinya, khususnya seputar latar belakang drama yang merupakan kisah nyata, meski ceritanya sendiri adalah fiksi.

Drama ini menjadi debut member Blackpink Jisoo di layar kaca. Snowdrop mengisahkan Su Ho (Jung Hae In) yang merupakan mata-mata Korea Utara, jatuh cinta kepada mahasiswi bernama Young Ro (Jisoo).

Su Ho terpaksa harus menyekap Young Ro dan mahasiswa lainnya, kisah cinta tragis antara keduanya pun tak terbantahkan. Kegelisahan dan ketidakmungkinan situasi dalam Snowdrop menciptakan harapan bagi penonton untuk akhir yang bahagia bagi keduanya.

Nggak hanya itu, warganet juga gagal move on dengan chemistry manis yang terjalin antara Hae In dan Jisoo.  

4. Vincenzo

10 Akhir Kisah cinta di KDrama yang Bikin Penonton KesalNetflix.com

Drama Vincenzo menjadi comeback-nya Song Joong Ki setelah 2 tahun hiatus. Bercerita tentang mafia Italia bernama Vincenzo Cassano yang diadopsi dari Korea dan ingin kembali ke negaranya karena mencari harta karun emas.

Di Korea, ia bertemu dengan pengacara bernama Hong Cha Young (Jeon Yeo Been), akhirnya keduanya bekerja sama untuk menyelesaikan kasus.

Walaupun drama ini sangat minim adegan romansa, penonton sangat berharap Vincenzo dan Cha Young dapat bersatu. Pada adegan akhir ketika Vincenzo kembali ke Seoul dari Italia, bertemu dengan Cha Young, keduanya pun berbagi ciuman penuh gairah.

Sayangnya, adegan ciuman tersebut meninggalkan kesan open ending untuk drama ini yang akhirnya membuat penonton kesal, karena tidak tahu apakah mereka akan bersama atau tidak.

5. What Happened in Bali

10 Akhir Kisah cinta di KDrama yang Bikin Penonton KesalSoompi

Drama lawas What Happened in Bali mengisahkan Soo Jung (Ha Ji Won) seorang agen travel miskin yang berkerja di Bali. Ia bertemu dengan In Wook (So Ji Sub) dan Jung Jae Min (Jo In Sung) di Bali, dan terlibat cinta segitiga.

Drama ini mungkin jadi drama dengan ending tak terlupakan dalam sejarah. Di awal-awal episode terlihat seperti genre romantic comedy, namun pada episode akhir melibatkan pembunuhan, kecemburuan, dan amarah. Hampir tidak ada KDrama yang dapat mengalahkan What Happened in Bali untuk akhir yang penuh plot twist dan membuat geram.

6. Love in Paris

10 Akhir Kisah cinta di KDrama yang Bikin Penonton KesalSoompi

Bercerita tentang Gi Ju (Park Shin Yang), CEO perusahaan otomotif yang telah bercerai dan jatuh cinta dengan asisten rumah tangga bernama Tae Young (Kim Jung Eun). Drama ini juga melibatkan cinta segitiga epik antara Park Shin Yang, Kim Jung Eun, dan Lee Don Gu (Yoo Soo Hyuk). Drama ini juga berlatarkan Paris sehingga menambah kesan romantis.

Drama yang ditulis Kim Eun Sook menjadi drama yang paling banyak diperbincangkan saat tahun penayangannya. Ending-nya pun dianggap kurang memuaskan para penonton karena dianggap terlalu menggantung.

7. Hotel Del Luna

10 Akhir Kisah cinta di KDrama yang Bikin Penonton Kesalsoompi.com

Kembali berperan sebagai tokoh utama Lee Ji Eun atau IU lagi-lagi memainkan K-Drama dengan ending yang bittersweet. Hotel Del Luna ini merupakan drama karya Hong Sisters, yang juga terkenal senang membuat akhir cerita menggantung.

Jang Man Wol (IU) dikutuk hidup abadi dari dewa karena telah membunuh banyak orang di masa lalu, ia lalu bertemu dengan Koo Chan Sung (Yeo Jin Goo) seorang asisten manajer hotel.

Keduanya bekerja sama untuk mengelola Hotel Del Luna, hotel ini adalah tempat penginapan untuk arwah yang akan pergi ke alam baka. Drama ini juga menyuguhkan cinta segitiga yang tidak biasa antara Chan Sung, Man Wol, dan Go Choeng Myung (Lee Do Hyun). Penonton juga geram dengan ending-nya karena dibuat menggantung dan keduanya juga berada di alam yang berbeda.

8. Twenty Five Twenty One

10 Akhir Kisah cinta di KDrama yang Bikin Penonton Kesalimdb

Setelah empat tahun hiatus dari dunia KDrama, Kim Tae Ri dipasangkan dengan Nam Jo Hyuk dalam drama Twenty Five Twenty One. Drama ini berlatarkan waktu resesi di Korea Selatan pada tahun 1998.

Tae Ri berperan sebagai Na Hee Do seorang atlet anggar yang optimis, ia bertemu dengan Baek Yi Jin (Nam Jo Hyuk), mahasiswa yang putus kuliah dan bekerja serabutan.

Keduanya bertemu secara tidak sengaja, berteman, dan jatuh cinta seiring berjalannya waktu. Warganet pun menyebut kisah cinta keduanya sangat menyenangkan untuk diikuti karena mereka suportif satu sama lain. Namun akhir cerita yang menyedihkan cukup membuat penonton geram.

9. Mr. Sunshine

10 Akhir Kisah cinta di KDrama yang Bikin Penonton Kesalimdb

Berlatarkan era Joseon dan penjajahan Jepang di tahun 1871, Mr. Sunshine mengisahkan tentara Amerika asal Korea bernama Eugene Choi (Lee Byung Hyun) yang harus kembali ke negara asalnya. Ia bertemu dengan putri kerajaan bernama Go Ae Shin (Kim Tae Ri) yang suka memberontak dan ingin membalas dendam atas pembunuhan kedua orang tuanya.

Mr. Sunshine tidak hanya melukiskan kisah cinta dua insan, tetapi cinta segi empat antara Ae Shin, Eugene, Gu Dong Mae (Yoo Yeon Seok), dan Hui Seong (Byun Yo Han) yang rela berkorban dengan cara masing-masing untuk keselamatan Ae Shin. Akhir yang tragis dengan tiga male lead-nya berhasil membuat penonton trauma dan gagal move on.

10. Alchemy of Souls (Part 1)

10 Akhir Kisah cinta di KDrama yang Bikin Penonton Kesaltvn.com

Baru saja selesai penayangan episode 20 dari bagian pertamanya pekan kemarin, Alchemy of Souls langsung jadi trending topic di Twitter. Banyak penonton yang nggak bisa terima dengan akhir kisah cinta antara Mu Deok (Jung So Min) dan Jang Uk (Lee Jae Wook).

Lagi-lagi, Hong Sisters adalah penulis skenarionya, sehingga sejak awal penonton pun sebenarnya agak ragu jika ada akhir bahagia di drama ini.

Alchemy of Souls bercerita tentang pembunuh bayangan bernama Naksu, yang akhirnya menukar jiwa dengan perempuan buta bernama Mu Deok. Mu Deok akhirnya bekerja di bawah Jang Uk, penyihir dari keluarga terpandang yang pintu energinya tertutup.

Berawal dari hubungan tuan muda dan pelayannya, lalu berkembang menjadi guru dan murid, hingga akhirnya sepasang kekasih. Mendekati episode akhir, banyak adegan-adegan mesra dan romantis yang bikin gemas. Namun ternyata, semua itu berputar terbalik di episode 20 yang menampilkan banyak adegan tragis.

Namun penonton masih berharap-harap cemas, karena bagian keduanya akan tayang Desember 2022. Hanya saja, Jung So Min sebagai pemeran utama tidak akan muncul dan digantikan dengan Go Yoon Jung sebagai Naksu.

Itu dia KDrama yang membuat penonton kesal dengan ending kisah cintanya, mana yang sudah kamu tonton, Bela?

Baca Juga: 10 'Pasangan' Jung So Min di KDrama, Chemistry-nya Selalu Pas 

Baca Juga: 8 Potret Bromance Lee Jae Wook dan Hwang Min Hyun "Alchemy of Souls"

Baca Juga: 10 Karakter Laki-laki Red Flag Dalam Drama Korea