Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bukan Chemistry, 13 Kualitas Ini Akan Membuat Hubunganmu Bertahan Lama

Dibutuhkan keinginan untuk terus menjadi baik

Puspita Ramadhani

Mungkin, masih banyak orang yang beranggapan bahwa semakin banyak kesamaan di antara kamu dan pasangan, akan semakin langgeng pula hubungan tersebut. Nyatanya, untuk mempertahankan kisah asmara, kamu membutuhkan lebih dari sekadar kesamaan hobi dan sifat. 

Jadi, apa yang membuat hubunganmu bisa bertahan lama? Jawabannya adalah kualitas. Yup, semakin berkualitas hubunganmu, maka semakin sulit hubungan itu untuk dilepaskan. 

Lantas, seperti apa kualitas hubungan yang dimaksud? Simak dan terapkan beberapa kualitas hubungan di bawah ini agar kamu dan si dia bisa selalu bersama!

1. Harapan yang realistis

pexels.com/arina-krasnikova

Apabila kamu ingin punya hubungan yang berhasil dan bertahan lama, hal yang pertama kali perlu kamu lakukan adalah menyingkirkan gambaran sempurna bak cerita dongeng yang ada di kepalamu. Jangan mencoba atau memaksa pasangamu agar selalu sesuai dengan keinginanmu, karena kenyataannya akan berbeda. Semakin sering kekasihmu diperintah, maka semakin cepat ia akan meninggalkanmu.  

2. Komunikasi yang terbuka dan jujur

pexels.com/cottonbro-studio

Masalah yang terus-menerus didiamkan pada akhirnya hanya akan merusak hubunganmu secara perlahan. Oleh karena itu, mulailah untuk mengajak pasanganmu berdiskusi sebelum semuanya terlambat. 

Komunikasi yang sehat tidak hanya akan membantumu menyelesaikan konflik. Tetapi, juga menghangatkan hubunganmu karena kamu dan dia jadi mengetahui apa saja yang kalian sukai dari pasangan. 

3. Menerima kekurangan pasangan

pexels.com/rodnae-productions

Di awal pacaran, pasti yang terlihat hanyalah kelebihan pasanganmu. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu mulai mengetahui apa saja kekurangan kekasihmu yang mungkin tidak kamu sukai. 

Pertama-tama, ketahuilah bahwa tak akan pernah ada seseorang yang sempurna dan sesuai dengan keinginanmu. Oleh karena itu, jika kekurangan yang ia miliki tidak memengaruhi hubunganmu dan si dia mau mempertahankan kisah cintamu, maka cobalah untuk menerima dia apa adanya. 

4. Tetapkan batasan yang jelas

pexels.com/laura-garcia

Hubungan yang mampu bertahan lama juga dimulai dengan kemampuan penetapan batas yang jelas. Misalnya, jika kamu tak suka kebohongan, maka katakanlah kepada pasanganmu bahwa kamu tak suka bila ia berdusta. Sekalipun kenyataannya akan lebih menyakitkan. 

Saat kamu memintanya untuk tidak melewati batasan-batasan yang tidak kamu sukai, ketahuilah bahwa kamu juga harus melakukan hal serupa. Oleh karena itu, berdiskusilah untuk menentukan batasan apa saja yang harus kalian terapkan dalam hubungan kalian. 

5. Berikan ruang privasi

pexels.com/edward-eyer-

Setiap orang yang sedang dilanda kasmaran, pasti ingin menghabiskan setiap momen yang ada secara bersama-sama. Tentu hal ini bukan menjadi masalah, selama keduanya tidak keberatan akan kondisi tersebut. 

Akan tetapi, semakin lama hubunganmu, maka kamu membutuhkan ruang privasi. Yaitu ruang di mana kamu bisa melakukan banyak hal secara terpisah dengan pacarmu. Tak perlu cemas, jika ia memang orang yang tepat bagimu, maka ruang privasi ini juga bisa membuat kalian semakin merindukan satu sama lain.  

6. Saling percaya

pexels.com/shvets-anna

Tanpa rasa percaya, maka suatu hubungan tidak akan pernah berjalan baik. Tidak peduli berapa besar chemsitry atau kecocokan di antara kalian. Jika kamu tidak bisa memercayai pasanganmu, maka itu sudah lebih dari cukup untuk menjadi awal mula bencana yang tiada henti. 

7. Saling menghormati

pexels.com/jasmine-carter

Cinta bukan menjadi alasan untuk mengubah seseorang menjadi mana yang lebih tinggi sesuai dengan pengorbanan atau pun prestasi yang dimiliki. Justru, dengan adanya rasa cinta yang tulus, maka perasaan saling menghormati kepada pasangan akan tumbuh dengan sendirinya. Saking kamu mencintainya, kamu enggan menyakitinya dan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk pasanganmu.

8. Porsi kebahagiaan yang sehat

pexels.com/ketut-subiyanto

Baik saat hidup sendiri maupun berdua bersama pasangan, tak pernah ada yang bisa menjamin bahwa hidupmu akan selalu dipenuhi dengan rasa bahagia. Hidup tidak selamanya tentang tawa, ia juga bisa hadir dengan air mata, kemarahan, kebencian, bahkan hingga kesengsaraan. 

Maka dari itu, sadarilah jika pasanganmu bukanlah sosok yang akan selalu menyuguhkan kebahagiaan untukmu. Saat rasa bahagia itu muncul di antara kalian, maka nikmatilah secukupnya. Begitu pula dengan kesedihan. Sadarilah bahwa semua itu tak akan permanen dan segera berganti dengan perasaan lainnya. 

9. Kesediaan untuk berkompromi

pexels.com/văn-thắng

Hubungan adalah tentang memberi dan menerima. Jika satu orang hanya memberi, sementara lainnya hanya menerima dan menerima, percayalah bahwa hubunganmu tak akan bisa berjalan lama. 

Jika kamu ingin semuanya berjalan dengan lancar, maka jangan pernah menghindar untuk melakukan kompromi. Apabila kamu tak menyukai sesuatu, katakanlah dengan jelas. Bekerjasamalah untuk selalu bersedia melakukan kompromi saat itu diperlukan. 

10. Kemandirian individu

Freepik.com/Sherry

Manusia adalah sosok individual sekaligus makhluk sosial. Kamu memang membutuhkan orang lain untuk menemani hidupmu. Akan tetapi, bukan berarti selama 24 jam dalam seminggu, kamu harus menghabiskan semua aktivitas bersama-sama. 

Sangat penting untuk mempertahankan sisi individualitas agar tidak kehilangan dirimu sendiri. Dengan tetap menjaga jarak aman, kamu juga bisa mengetahui apa saja bakat yang kamu miliki, dan punya kesempatan untuk terus mengembangkannya. 

11. Membangun kerjasama

Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Ada banyak jenis kerjasama yang bisa dilakukan bersama pasanganmu. Mulai dari mewujudkan cita-cita memiliki rumah atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, atau sekadar bekerjasama untuk tetap saling mendukung saat masing-masing dari kalian ingin mengejar cita-cita. 

12. Hati yang pemaaf

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Seberapa keras usahamu untuk mencari seseorang yang cocok denganmu, maka semakin kamu tak akan menemukannya. Yup, kecocokan dalam sebuah hubungan tidak datang begitu saja, melainkan dari kesalahan yang dijadikan pelajaran. 

Sangat mungkin bagi seseorang melakukan kesalahan. Akan tetapi, bagi kalian yang memang berkomitmen untuk memiliki hubungan jangka lama, maka kesadaran untuk tidak mengulangi dan juga memaafkan akan membuat hubungan langgeng itu akan terwujud. 

13. Kedewasaan emosional

Pexels.com/LEPTA STUDIO

Tumbuh sebagai pasangan berarti mencari tahu sisi baik dan buruk dari dirimu. Kamu mungkin akan menemukan beberapa hal yang kamu anggap lumrah dilakukan justru berlaku sebaliknya oleh pasanganmu. 

Tanda jika kamu benar-benar berada dalam hubungan langgeng yang sehat, maka baik kamu dan si dia akan saling mengingatkan dan menerima dengan cara yang baik. Dengan begitu, kedewasaan emosional di antara kalian akan terbentuk seiring berjalannya waktu, 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kecocokan yang hanya terlihat di awal hubungan tidak akan bisa menjamin kisah asmaramu akan bertahan lama. Apabila kamu benar-benar menginginkan hubungan yang sehat dan langgeng, maka kamu harus mulai menerapkan beberapa kualitas hubungan yang telah disebutkan di atas. 

IDN Media Channels

Latest from Dating