Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Manfaat Jujur agar Hubungan Makin Langgeng dan Harmonis

Bina hubungan yang tahan lama

SEO Intern Popbela

Kejujuran merupakan nilai kehidupan yang kerap dilupakan. Saat membina hubungan, kamu bisa saja berbohong pada pasanganmu. Sebab, membiasakan diri untuk bersikap jujur bukanlah hal yang mudah.

Namun, jangan sampai alasan itu membuat kamu merasa nyaman untuk terus berbohong. Bersikap jujur menandakan bahwa kamu sudah terbuka kepada orang lain. Kamu pun bisa membina sebuah hubungan lebih akrab dengan orang lain.

Ingin tahu apa saja manfaat lainnya? Simak beberapa manfaat jujur dalam hubungan berikut ini. 

1. Bantu membangun kepercayaan

freepik.com/jcomp

Hubungan yang berlandaskan kepercayaan menunjukkan bahwa kamu siap untuk berkomitmen. Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan bisa melalui sikap terbuka pada pasangan. 

Ketika kamu jujur pada seseorang, hal tersebut menandakan bahwa kamu merasa nyaman dan aman bersama pasangan. Dia bisa kamu jadikan tempat untuk berbagi cerita dan kesulitan. Kamu pun juga bisa menjadi tempat bagi dia berkeluh kesah dan curhat yang nyaman.

Dengan membangun keintiman, perlahan kepercayaan bisa tumbuh di antara kalian. Melalui sikap jujur dan percaya, kalian juga bisa saling mengandalkan satu sama lain dalam berbagai situasi.

2. Memudahkan dalam berkomunikasi

freepik.com

Manfaat jujur lainnya, kamu akan lebih merasa nyaman untuk berkomunikasi dengan pasangan. Seseorang yang suka berbohong cenderung akan merasa takut ketika harus berbicara. Dengan bersikap jujur, kamu dan pasangan dapat berkomunikasi dengan santai. 

Supaya dia tahu apa yang sedang kamu butuhkan, ceritakan segala sesuatu dengan apa adanya. Melalui sikap tersebut, kamu dapat mengkomunikasikan keinginan dengan nyaman. Hal tersebut juga membuat pasangan merasa jauh lebih dihargai, lho.

3. Tingkatkan kepercayaan diri

freepik.com/cookie_studio

Manfaat jujur yang jarang orang ketahui adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dengan sikap terbuka, kamu bisa menjadi dirimu sendiri tanpa ada sesuatu yang perlu ditutupi. Kamu dapat makin percaya pada diri dan lebih mencintai dirimu yang apa adanya. 

Menyembunyikan sifat dan hal-hal tentang dirimu justru akan membuat kamu tertekan dan kurang percaya diri. Pada akhirnya, hal tersebut juga berpengaruh pada hubungan dengan pasangan. 

Oleh karena itu, kejujuran akan membuat kamu lebih percaya diri dan menunjukkan dirimu yang apa adanya dalam menjalani sebuah hubungan.

4. Membuat hidup lebih damai

freepik.com/ArthurHidden

Selain meningkatkan kepercayaan diri, manfaat jujur dapat membuat hidup kamu lebih tenang dan damai, lho. Berbeda dengan seseorang yang suka berbohong, dia cenderung merasa tidak tenang dalam hidupnya karena ada sesuatu yang disembunyikan.

Dengan bersikap apa adanya dan jujur, kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Lantaran sering berkomunikasi, kalian akan lebih menerima dan menghargai kekurangan masing-masing. Nggak berhenti di situ saja, kejujuran membuat kamu belajar untuk lebih bijak dalam bertindak.

5. Jalani hubungan yang langgeng

freepik.com

Berikutnya, manfaat jujur pada pasangan adalah dapat menjalin hubungan yang langgeng. Tetap memegang janji untuk bersama ternyata cukup sulit, lho. Supaya hubungan kalian dapat bertahan lama, kejujuran membantu kalian untuk tetap berkomitmen. 

Hubungan yang diwarnai kebohongan cenderung akan memicu konflik yang berujung pada putus. Berbeda halnya dengan hubungan yang dilandasi kejujuran, hal tersebut menciptakan ruang bagi kalian untuk bertumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, hubungan kalian juga akan terjalin lebih harmonis dan bertahan lama.

6. Bantu mengenali diri sendiri

freepik.com/mego-studio

Tidak hanya berguna bagi orang lain, kejujuran juga memiliki manfaat bagi diri sendiri. Sebelum kamu terbuka pada pasanganmu, penting untuk bisa jujur pada dirimu sendiri. Bersikap apa adanya dapat membuat kamu lebih peka akan kebutuhan yang ingin kamu dapatkan dari sebuah hubungan. 

Jika kamu kesulitan untuk bersikap apa adanya pada diri sendiri, perasaan gelisah dan tidak bahagia bisa muncul tanpa kamu tahu alasan perasaan tersebut muncul. Hal tersebut juga berdampak buruk pada kesehatan mental dan hubungan yang kamu jalani.

7. Membantu untuk mengenali pasangan

freepik.com

Terakhir, manfaat jujur dalam mengupayakan hubungan yang harmonis adalah kamu bisa mengenal pasangan lebih baik.

Tidak hanya kamu yang bisa terbuka pada pasangan, dia pun juga bisa membuka dirinya. Dengan keterbukaan yang ditunjukkannya, kamu bisa lebih mengenal karakter dah hal-hal menarik tentang dirinya.

Itulah tujuh manfaat jujur yang sangat berguna dalam hubungan dengan pasangan. Melalui kejujuran, kamu juga bisa mengenali diri kamu sendiri dan pasangan.

Semoga bermanfaat ya, Bela!

Penulis: Cesilia Sasanda Eka Putri Noveliana

IDN Media Channels

Latest from Dating