Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kesalahan Saat Jatuh Cinta yang Bikin Kecewa, Lupa Diri Sendiri!

Berpikir bahwa dia satu-satunya orang yang mencintaimu

Raden Putri

Jatuh cinta menjadi salah satu hal istimewa yang dirasakan oleh manusia. Menimbulkan banyak emosi dalam satu waktu sekaligus, jatuh cinta mampu membuat hati berbunga-bunga. Namun, pengalaman cinta yang terlalu dalam justru harus diwaspadai. Jangan sampai, kamu melakukan kesalahan saat jatuh cinta yang bikin kecewa.

Saat sedang dimabuk asmara, kesalahan ini kerap dianggap sebagai hal yang sepele. Padahal, jika dibiarkan untuk waktu yang lama, bukan tidak mungkin hal ini akan membuat kecewa. Bahkan, beberapa orang bisa sampai kehilangan jati dirinya karena dibutakan oleh cinta.

Tidak sedikit orang yang kesulitan membedakan mana yang benar dan salah saat tenggelam dalam perasaannya sendiri. Hal ini pada akhirnya hanya akan membuatmu rugi dan terjerumus pada penyesalan di kemudian hari. Untuk meminimalisir hal itu, maka perlu diketahui kesalahan saat jatuh cinta yang bikin kecewa.

Berikut ini Popbela telah merangkum beberapa kesalahan saat jatuh cinta yang bikin kecewa. Apa saja? Simak informasi selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Terlalu cepat jatuh hati hingga mengabaikan tanda red flag

Pexels.com/Vlada Karpovich

Kesalahan saat jatuh cinta yang bikin kecewa yang pertama adalah terlalu cepat jatuh hati hingga mengabaikan tanda red flag pasangan. Tidak ada yang salah dari jatuh cinta. Tetapi, ketika kamu melakukannya dalam waktu yang singkat dan terburu-buru, maka akan timbul kesalahan dan permasalahan dari hubungan tersebut.

Terburu-buru hanya akan membuat kamu sulit menilai seseorang dengan baik dan objektif. Hasilnya, kamu akan mengabaikan peringatan bahaya yang ditunjukan calon pasanganmu. Jika diteruskan, bukan tidak mungkin kamu akan terlibat dalam hubungan yang toxic atau beracun.

2. Ekspektasi yang terlalu tinggi

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Memiliki ekspektasi kepada pasangan dan hubungan yang dijalin tentu merupakan hal yang wajar. Tetapi, pastikan agar ekspektasi tersebut masih realistis dan tidak terlalu tinggi. Jika tidak, kamu akan kecewa apabila ekspektasi tersebut tidak berhasil dipenuhi.

Apabila kamu ingin pasanganmu memenuhi tipe ideal yang kamu miliki, maka komunikasikan dengan dia. Beri tahu apa yang kamu sukai dan tidak. Jangan biarkan dia berusaha sendiri tanpa bimbinganmu. Pasalnya, persepsi setiap orang tentang pasangan yang ideal berbeda-beda.

3. Terlalu sering bersama dan melupakan orang di sekitarmu

Pexels.com/Helena Lopes

Saat sedang jatuh cinta, kamu mungkin ingin selalu bersama pasangan. Tetapi, ini sebenarnya tidak baik apabila dilakukan untuk waktu yang lama. Selain kamu dan dia akan lebih cepat bosan, kamu juga jadi melupakan orang-orang di sekitarmu.

Perlu diingat, meskipun kamu dan dia berpacaran, kehidupan ini bukan hanya tentang pasangan. Setiap orang memiliki kehidupan masing-masing jauh sebelum bertemu dengan kekasihnya. Jadi, jangan sampai kamu melupakan keluarga dan teman-temanmu hanya untuk selalu bersamanya.

4. Terlalu bergantung pada pasangan

Pexels.com/Jonathan Borba

Kesalahan saat jatuh cinta yang bikin kecewa selanjutnya adalah terlalu bergantung pada pasangan. Karena merasa sudah memiliki orang yang menyayangimu, kamu jadi merasa bisa bergantung padanya. Kamu selalu mengandalkan dia untuk membantumu dalam melakukan apa pun. Mulai dari mendengarkan cerita dan keluh kesanmu, menemani bepergian, mengantar-jemput, hingga membantu melakukan banyak kegiatan.

Hal-hal tersebut tanpa sadar membuatmu menjadi tidak mandiri dan bergantung pada si dia. Lama-lama kamu jadi merasa tidak bisa melakukan apa pun jika tanpa dia. Padahal, sebelumnya kamu mungkin orang yang mandiri dan serba bisa dalam melakukan banyak hal.

5. Melupakan diri sendiri

Pexels.com/Tan Danh

Jatuh cinta bukan alasan untuk kamu melupakan dirimu sendiri. Sebesar apa pun perasaan yang kamu miliki kepadanya, kamu harus tetap mendahulukan kebahagiaan dirimu sendiri. Kamu juga harus tetap mengejar impianmu dan melakukan apapun yang kamu sukai. Jangan sampai, hanya karena dia tidak mengizinkanmu melakukan suatu hal, kamu jadi mengorbankan mimpimu.

Satu hal yang harus diingat adalah tidak ada jaminan bahwa hubunganmu dengan si dia akan bertahan selamanya. Tetaplah lakukan apa pun yang kamu sukai. Jadi, ketika kamu dan dia tidak bisa lagi bersama, kamu tidak akan kehilangan jati dirimu sendiri. Kamu bisa melanjutkan hidup seperti sebelumnya.

6. Berpikir bahwa dia satu-satunya

Pexels.com/OĞUZHAN YAVUZ

Kamu mungkin akan bertemu dengan seseorang yang sangat baik dan kamu merasa cocok dengannya. Dengan segala kelebihan yang dimiliki, kamu menganggap dia sebagai pasangan terbaik dan tidak akan bisa digantikan oleh orang lain. Kamu merasa dia satu-satunya orang yang bisa memahami dan mencintaimu apa adanya.

Sayangnya, pemikiran tersebut hanya akan membuatmu terjerat dalam cinta yang berlebihan. Saat hubunganmu tidak berjalan lancar, kamu akan gelisah dan takut kehilangan dia. Bahkan ketika putus, kamu akan kesulitan untuk move on dan menjalin hubungan baru dengan orang lain. Bukan tidak mungkin kamu juga akan selalu membandingkan dia dengan kekasih barumu nanti.

7. Menjadikan si dia sebagai prioritas utama

Pexels.com/Leeloo Thefirst

Kesalahan saat jatuh cinta yang bikin kecewa selanjutnya adalah menjadikan si dia sebagai prioritas utama. Kamu boleh jatuh cinta. Namun, tetaplah jadikan dirimu sendiri sebagai prioritas utama dalam hal apa pun. Pasalnya, tidak ada yang bisa menjamin bahwa dia akan selalu bersamamu ketika kamu selalu menuruti keinginannya.

Selain itu, jangan sampai kamu juga mengabaikan orang-orang di sekitarmu hanya karena si dia. Teman dan keluarga adalah orang yang akan selalu bersamamu dan tidak akan meninggalkanmu bagaimanapun keadaanmu.

Itulah beberapa kesalahan saat jatuh cinta yang bikin kecewa. Jatuh cintalah secukupnya dan jangan biarkan kamu dibutakan oleh perasaan sendiri.

IDN Media Channels

Latest from Dating