Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Film tentang Cinta Beda Agama, Seru dan Penuh Konflik

Sayang untuk dilewatkan!

Raden Putri

Ada banyak tema cerita yang bisa diangkat dalam sebuah film bergenre romantis. Salah satunya adalah tentang perbedaan agama antara pasangan karakter utamanya. Film tentang cinta beda agama ini selalu memiliki tempat di hati para pencinta film.

Setiap orang pasti akan merasakan cinta dengan pengalaman yang berbeda-beda. Bisa jadi hal itu menyenangkan karena berakhir bahagia, namun tak sedikit juga yang menyedihkan karena harus berakhir dengan perpisahan.

Ada banyak hal yang mendasari perpisahan itu, perbedaan agama antar pasangan menjadi salah satu penyebabnya. Meski begitu, tak sedikit juga dari mereka yang berhasil menemukan jalan keluar dan membawa hubungan ke arah yang lebih bahagia. Konflik-konflik inilah yang akan tersaji dalam film tentang cinta beda agama.

Di bawah ini, Popbela telah merangkum sejumlah film tentang cinta beda agama yang penuh haru dan sayang untuk dilewatkan. Apa saja?

1. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Film tentang cinta beda agama yang pertama adalah Ayat-Ayat Cinta. Film ini bercerita tentang seorang mahasiswa laki-laki Muslim bernama Fahri yang berjuang untuk bertahan hidup di perantauannya. Tanpa disangka, di sana dia dihadapkan dengan empat perempuan yang memiliki empat agama berbeda.

Fahri mengalami dilema moral dan perbedaan keyakinan saat jatuh cinta. Dia harus berhadapan dengan tantangan untuk menjaga kesetiaannya pada agama dan kepercayaannya. Namun, dia juga ingin mempertahankan perasaan cintanya yang tulus dan dalam.

2. Cin(T)a (2009)

Film ini bercerita tentang permasalahan yang sering terjadi di lingkungan sekitar kita. Dikisahkan, ada seorang pemuda keturunan Tionghoa bernama Cina yang ceria dan penuh semangat. Suatu hari, dia jatuh cinta kepada gadis Muslim keturunan Jawa bernama Annisa.

Meskipun memiliki kecantikan dan ketenaran, namun Annisa hidup dalam kesedihan yang dipendamnya sendiri. Kehadiran Cina yang berbeda keyakinan dengannya justru mampu menjadi penyejuk hati Annisa.

3. Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta (2010)

Salah satu permasalahan ketika menjalin hubungan beda agama adalah terhambatnya restu dari orangtua. Permasalahan inilah yang coba diangkat dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta. Film ini bercerita tentang Rosid, seorang pemuda Muslim yang mencintai seni, dan Delia seorang gadis Katolik yang tertarik pada Rosid.

Keduanya dihadapkan dengan hambatan restu orangtua untuk melanjutkan hubungan. Meski begitu, cinta mereka terlalu kuat dan selalu bersama-sama untuk menghadapi berbagai rintangan yang ada.

4. Cinta Tapi Beda (2012)

Film yang satu ini bercerita tentang seorang chef Muslim bernama Cahyo. Dia mengalami patah hati dan berusaha untuk melupakan mantan kekasihnya. Sayangnya, Cahyo justru jatuh cinta pada Diana, perempuan Katolik yang berasal dari Padang.

Kisah cinta mereka pun mengalami banyak rintangan. Salah satunya adalah terhalang restu dari kedua orang Cahyo maupun Diana. Bahkan, pertentangan dari keluarga Diana membuatnya dijodohkan dengan laki-laki yang seiman.

5. Assalamualaikum Beijing (2014)

Assalamualaikum Beijing mengikuti kisah tentang Asmara yang mengalami patah hati usai ditinggal pergi oleh kekasihnya. Dia pun pergi ke Beijing, Tiongkok untuk bekerja dan menyibukkan pikirannya. Di sana, dia bertemu dengan Zhongwen.

Zhongwen jatuh cinta kepada Asmara dan tertarik untuk mempelajari agama Islam. Dia bahkan rela menghadapi konsekuensi diusir dari keluarganya. Meski begitu, konflik di antara mereka kembali hadir setelah Asmara didiagnosis menderita sindrom antibodi antifosfolipid.

6. Akhirat: A Love Story (2021)

Film tentang cinta beda agama selanjutnya adalah Akhirat: A Love Story. Film ini bercerita tentang Timur dan Mentari yang menjalin hubungan meski memiliki kepercayaan yang berbeda.

Suatu hari, mereka mengalami kecelakaan yang menyebabkan keduanya berada dalam kondisi koma. Di saat itu, Timur dan Mentari bertemu di dalam mimpi yang tidak mempermasalahkan hubungan beda agama. Hal ini pun membuat keduanya bingung dengan situasi yang dihadapi.

7. Solomon & Gaenor (1999)

Menjadi salah satu nominasi Oscar, Solomon & Gaenor bercerita tentang kisah cinta terlarang antara Solomon, laki-laki Yahudi Ortodoks, dengan perempuan non-Yahudi, Gaenor. Pada awal menjalin hubungan, Solomon menyembunyikan identitasnya dari sang kekasih. Geanor pun telah memperkenalkan Solomon kepada keluarganya.

Konflik mulai muncul ketika identitas Solomon terbongkar. Selain itu, intrik semakin rumit setelah Gaenor mengandung anak Solomon tanpa status pernikahan resmi.

8. David & Layla (2005)

Film ini terinspirasi dari kisah nyata seorang laki-laki Yahudi bernama David Ruby. Dia jatuh cinta dengan seorang perempuan Muslim bernama Layla yang tinggal di New York. Memiliki ketertarikan yang sama, keduanya pun menjalin hubungan asmara.

Permasalahan muncul ketika Layla harus dideportasi karena statusnya sebagai pengungsi. Dia pun harus memilih mempertahankan cintanya dengan David atau menikahi laki-laki yang bisa memberinya status kewarganegaraan.

9. La Petite Jerusalem (2005)

Film asal Prancis ini bercerita tentang seorang mahasiswi filsafat Yahudi Ortodoks bernama Laura dan pemuda Muslim bernama Djamel. Keduanya saling jatuh cinta dan menyadari bahwa mereka tidak akan bisa bersatu karena perbedaan kepercayaan yang dipeluknya.

Saat Djamel memperkenalkan Laura kepada keluarganya, Laura diminta untuk memeluk agama yang sama dengan Djamel apabila ingin menikah. Pergolakan batin pun terjadi di antara mereka. Pada akhirnya, Djamel melepaskan Laura karena tidak ingin memaksa perempuan itu mengubah agamanya.

10. Sabah (2005)

Sabah adalah sebuah film yang bercerita tentang imigran Muslim perempuan bernama Sabah. Dia berusia 40 tahun dan tinggal di Toronto bersama ibu dan kakak laki-lakinya. Suatu hari, dia bertemu dengan Stephen yang kemudian hubungannya berkembang menjadi sepasang kekasih.

Saat Sabah mengungkapkan hubungannya dengan kepada keluarganya, dia pun diusir dari tempat tinggalnya. Sabah dan Stephen pun berusaha untuk menyelesaikan permasalahan cinta mereka.

11. My Name is Khan (2010)

Film India ini mengangkat cerita tentang Rizwan Khan, laki-laki Muslim yang jatuh cinta kepada Mandira, seorang perempuan beragama Hindu. Keduanya harus menghadapi tantangan yang besar untuk mempertahankan kisah cintanya.

Rizwan dan Mandira juga harus sama-sama berjuang agar bisa diterima di keluarga pasangan masing-masing. Film ini menyajikan perjalanan emosional yang mengharuskan tentang cinta, toleransi, dan ketabahan.

12. The Lovers (2017)

Film tentang cinta beda agama yang selanjutnya The Lovers. Film ini menceritakan tentang seorang laki-laki beragama Kristen dan perempuan Muslim yang saling jatuh cinta. Mereka harus menghadapi tekanan sosial dan ekspektasi keluarga yang berbeda agama. Selain itu, keduanya pun harus berjuang untuk menjaga cinta mereka dari rintangan yang ada.

Nah, itu dia 12 film tentang cinta beda agama yang sayang untuk dilewatkan. Film mana yang pernah kamu tonton, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating