Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Alasan Kamu Masih Memikirkan Mantan Walau Sudah Punya Kekasih Baru

Bisa jadi tanda peringatan

Natasha Cecilia Anandita

Bela, pernahkah kamu masih memikirkan mantanmu walau saat ini kamu sudah punya kekasih baru? Pikiran menganggu itu mungkin datang dan sedikit membisikkanmu bahwa kamu belum bisa melupakannya dan menginginkannya kembali.

Eits, tapi belum tentu begitu, lho. Ya, mungkin memang kamu belum sepenuhnya move on dari dia karena ada beberapa hal darinya yang terlalu membekas di kamu. Tapi, mengutip dari Bolde, berikut ada 11 alasan kenapa kamu masih memikirkan mantan walau sudah punya kekasih baru. 

1. Jadi pengingat untukmu

pexels.com/shvets-production

Mungkin mantan kamu menorehkan memori yang sangat buruk bagi kamu dan menyakiti kamu saat kalian masih berpacaran. Memikirkan dia saat kamu mulai move on dan berpacaran dengan seseorang yang baru bisa menjadi cara tubuhmu untuk mengatakan, “Hei, jangan biarkan hal-hal buruk itu terjadi padamu lagi. Jadilah perempuan yang kuat!”

2. Kamu tak ingin melakukan kesalahan yang sama

Unsplash.com/Milan Popovic

Kamu tahu akar dari putusnya hubungan kamu dan mantanmu. Nah, di hubungan yang baru ini, kamu mungkin ingin mengingatkan diri sendiri untuk mengambil pelajaran dari hubungan yang sebelumnya dan menjadi pasangan yang lebih baik.

3. Khawatir pacarmu tak lebih baik dari mantanmu

pexels.com/mentatdgt

Mungkin saja mantanmu adalah pacar yang luar biasa dan cukup memilukan ketika hubunganmu dengannya berakhir. Hal ini bisa jadi membuat kamu khawatir bahwa pacarmu sekarang tidak akan sehebat dan sebaik mantanmu dulu.

Masalahnya, ada banyak laki-laki hebat di luar sana yang belum kamu jumpai. Jika kamu menganggap gebetan atau pacar barumu dengan standar sang mantan, kamu tidak memberi mereka kesempatan untuk membuatmu kagum dengan standarnya sendiri.

4. Kamu sulit melupakannya

pexels.com/Rodnae Productions

Saat kamu memikirkan mantanmu, itu mungkin karena kamu sulit melupakannya atau belum bisa melupakannya. Kamu lebih memilih untuk menjalin hubungan dengannya dibanding lelaki yang baru. Kamu terlalu takut untuk melepaskan masa lalu dan membuka cinta baru. Tapi, mengapa harus berlarut pada masa lalu, kalau ada masa depan yang cerah?

5. Pikiran yang dipenuhi pilihan

pexels.com/austin-guevara

Sangat normal untuk berpikiran dan bersikap dingin sebelum memulai hubungan baru. Kamu mungkin memikirkan mantanmu dan laki-laki yang baru karena pikiranmu sedang menimbang berbagai pilihan.

Ini tidak berarti bahwa kamu ingin berkencan dengan lebih dari satu orang secara bersamaan, hanya saja kamu ingin tetap santai sehingga kamu bisa menjaga hatimu. Tapi, tetap saja, hatimu bak otot yang harus dipakai, jadi jangan membiarkannya berdiam diri di tempat. 

6. Kamu sedang bernostalgia tentang masa lalu

pexels.com/rodrigo montoya baier

Ya, kita semua terkadang bernostalgia tentang kehidupan kita sebelumnya. Kita hanya manusia dan kita telah menjalani hari-hari yang menakjubkan. Mantanmu mungkin salah satu yang memberikan warna pada masa lalu.

Saat memikirkannya, kamu mungkin sedang bernostalgia dengan pengalaman yang kamu miliki dengan mantannya yang luar biasa daripada merindukan sosoknya. Tak apa-apa, itu hal yang wajar. 

7. Kamu takut dengan mantanmu

pexels.com/alena-darmel

Kamu mungkin memikirkan mantanmu karena kamu takut atau trauma pada laki-laki yang toxic. Kamu mungkin berpikir, bagaimana jika gebetan atau pasangan baru yang kamu biarkan masuk ke dalam hidupmu melakukan hal yang sama kepadamu seperti yang mantanmu lakukan?

Bagaimana jika dia berbohong, mengkhianati, dan memperlakukan kamu dengan buruk? Bagaimana jika kamu kehilangan dirimu lagi hanya untuk terluka? Nah, yang perlu kamu ingat adalah, tidak setiap laki-laki akan menjadi pecundang yang jahat dan toxic. Kamu pasti akan menemukan seseorang yang baik hati, perhatian, setia, dan tulus padamu.

8. Teringat dan marah padanya

pexels.com/marcelo-chagas

Kamu mungkin merasa sangat marah ketika memikirkan mantanmu dan itu membuatmu berpikir negatif tentang suatu hubungan. Kamu terus memikirkan betapa marahnya kamu atas apa yang dilakukan si mantan padamu dan itu menahan kamu untuk bebas dan menjalani hubungan yang lebih baik.

Penting untuk diingat bahwa kamu bisa melupakan mantan, tetapi tidak bisa mengatasi rasa sakit karena putus cinta. Mungkin kamu perlu waktu untuk mengatasi perasaan itu sebelum memulai sesuatu yang baru.

9. Kamu belum siap untuk menjalani hubungan lagi

pexels.com/juan-pablo-serrano-arenas

Apakah kamu merasa nostalgia, menangis, atau kesal tentang mantanmu? Mungkin itu karena kamu belum siap untuk menjalin hubungan dengan seseorang yang baru sekarang. Tidak apa-apa! Pikiran tentang mantan sebenarnya bisa tentang dirimu, bukan dia.

Itu adalah tanda bahwa kamu harus berhenti dan mengatasi apa yang kamu rasakan. Meski kamu mungkin tidak tahu persis apa yang kamu pikirkan atau rasakan saat ini, lebih baik berhenti dan meluangkan waktu untuk diri sendiri, sebelum membuka hati untuk seseorang yang baru.

10. Mantan adalah tanda peringatan

pexels.com/Pavel Danilyuk

Kamu mungkin berpikir atau bahkan bermimpi tentang mantan karena alam bawah sadar memberi peringatan tentang hubunganmu saat ini. Kamu bisa berkencan dengan laki-laki yang mirip dengan mantanmu dan dia bisa membawa kamu ke semua masalah masa lalu yang perlu kamu selesaikan.

Misalnya, jika kamu tidak dapat "memperbaiki" mantanmu, tetapi sekarang kamu mencoba memperbaiki pasanganmu saat ini, kamu mungkin melakukan ini tanpa sadar untuk mencoba memperbaiki harga dirimu yang telah rusak setelah hubungan yang terakhir dijalani.

11. Kamu ingin dirimu yang dulu kembali

pexels.com/masha-raymers

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin memikirkan mantan ketika kamu berada di puncak babak kehidupan baru. Sebab, kamu sebenarnya menginginkan dirimu yang lama kembali, bukan mantanmu.

Itulah 11 alasan mengapa kamu masih memikirkan mantan walau sudah punya kekasih baru. Jadi, mana yang related denganmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating