Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Apa Arti 24/7 dalam Pacaran? Ketahui Makna dan Istilah Lainnya

Ketahui maknanya

Nafi' Khoiriyah

Istilah dalam dunia pacaran memang sering muncul dan digunakan untuk menjalin komunikasi bersama pasangan. Kamu mungkin pernah mendengar istilah tersebut di media sosial dan kemudian menggunakannya sebagai bahasa sehari-hari. 

Hal itu seolah menjadi bahasa gaul yang kemudian dipakai untuk banyak orang sebagai isyarat untuk menyatakan perasaannya. Salah satu istilah yang akhir-akhir ini banyak digunakan adalah 24/7. 

Berbeda dari biasanya, istilah ini berbentuk angka sehingga lebih sulit untuk diartikan. Nah, buat kamu yang belum memahami artinya, berikut adalah arti 24/7 dalam pacaran dan istilah-istilah lainnya dalam konteks pacaran dan hubungan romantis.

1. Arti 24/7

unsplash.com/Jonathan Borba

Arti 24/7 dalam pacaran sebenarnya datang dari dunia perdagangan dan industri. Layanan 24/7 atau 24-7 atau diucapkan dalam bahasa Inggris "twenty-four seven" merupakan layanan yang tersedia setiap hari dalam satu minggu tanpa libur. 

Layanan yang dimaksud adalah layanan nonstop, seperti transportasi umum atau IGD. Angka 24 diambil dari jumlah jam dalam satu hari, sementara 7 merupakan jumlah hari dalam satu minggu. 

Di Indonesia, layanan semacam itu biasanya disebut dengan layanan 24 jam. Hal ini sering dijumpai di toko yang bertuliskan "buka 24 jam". Jadi, istilah 24/7 digunakan untuk menggambarkan hal yang dilakukan terus menerus. 

2. Arti 24/7 dalam pacaran

unsplash.com/Candice Picard

Bergeser dari penggunaannya dalam dunia perdagangan dan industri, istilah 24/7 kemudian digunakan dalam konteks hubungan pacaran. 24/7 digunakan untuk menggambarkan kebersamaan antara sepasang kekasih yang tanpa jeda. 

Sebab, kekasih yang dinilai perhatian adalah dia yang selalu siap sedia saat pasangannya sedang membutuhkan. Ucapan ini juga bisa diucapkan sebagai janji untuk selalu ada di samping kekasihnya kapan pun dan di mana pun. 

Arti tersebut mungkin bagi sebagian orang terkesan sedikit berlebihan. Namun pada dasarnya, gombalan atau rayuan memang selalu ada dalam hubungan percintaan. 

3. Cara menggunakan kata 24/7

pexels.com/Josh Willink

Arti 24/7 dalam pacaran tersebut bukan hanya digunakan dalam hubungan romantis saja. Terkadang, 24/7 juga dipakai dalam konteks pekerjaan yang tidak ada hentinya atau digunakan menjadi caption di unggahan media sosial. 

Berikut adalah cara menggunakan istilah 24/7 supaya kamu lebih memahaminya. 

  • Aku memikirkanmu 24/7

Kata-kata ini digunakan sebagai gombalan yang biasa dilontarkan seseorang kepada pasangannya. 

  • Kapan pun dan di mana pun, aku selalu 24/7 siaga untukmu

Hampir sama seperti sebelumnya karena masih dalam konteks hubungan pacaran, janji ini biasanya diucapkan seorang laki-laki kepada pacarnya.

  • Jangan sungkan, aku siap menemanimu 24/7

Tidak hanya dalam konteks pacaran saja, istilah ini juga bisa kamu pakai untuk konteks pertemanan yang menunjukkan bahwa kamu siap menemaninya kapan pun waktunya. 

  • Pekerjaanku sangat melelahkan karena 24/7 tanpa libur

Dalam konteks pekerjaan, istilah ini biasanya menggambarkan pekerjaan yang tiada habisnya.

  • Rumah makan itu buka 24/7

Terakhir, istilah ini bisa digunakan untuk mengganti kata "buka 24 jam" pada warung atau toko. 

4. Istilah lain dalam pacaran

pexels.com/Marlene Leppänen

Selain 24/7, ada banyak istilah lainnya yang sering dipakai sebagai cara komunikasi dengan pasangan. Berikut adalah beberapa di antaranya. 

  1. TTM (Teman Tapi Mesra)
    Istilah ini banyak digunakan pada tahun 2000-an sebagai sindiran untuk dua orang yang dekat tanpa komitmen. 
  2. HTS (Hubungan Tanpa Status)
    Hampir sama seperti sebelumnya, istilah TTM tersebut kemudian bergeser menjadi HTS. 
  3. Bucin (Budak Cinta)
    Singkatan ini merupakan istilah yang menggambarkan sikap seseorang yang rela melakukan banyak hal untuk pasangannya. 
  4. Baper (Bawa Perasaan)
    Istilah ini biasanya merupakan awal mula dari hubungan pacaran. Namun, Baper juga bisa digunakan untuk konteks pertemanan. 
  5. Petrus (Pepet Terus)
    Saat kamu sedang berusaha mendekati seseorang, biasanya kamu akan sangat ambisius sehingga orang-orang biasanya menyindirnya dengan istilah ini.
  6. Wakuncar (Waktu Kunjung Pacar)
    Istilah ini sebenarnya sudah cukup lama ada, tetapi kini kembali dipakai sebagai cara berkomunikasi dengan pacar secara singkat. 
  7. ILY (I Love You)
    Singkatan ini biasa digunakan oleh orang yang pacaran untuk mengakhiri percakapannya saat malam hari atau waktu tertentu. 
  8. QT/QTPI (Cutie/Cutie Pie)
    Saat membacanya, kamu pasti akan langsung memahami bahwa istilah ini digunakan sebagai sapaan yang imut untuk orang tersayang. 
  9. XOXO (Hug and Kisses)
    Cara lainnya untuk mengakhiri obrolan sehari-hari dengan pacar adalah dengan melakukan virtual hug. XOXO memiliki artian hug and kisses karena huruf X seperti menggambarkan tangan direntangkan dan huruf O mirip dengan kecupan bibir.
  10. Ghosting (Menghilang)
    Kondisi ini menggambarkan saat kebingungan karena orang yang dekat denganmu tiba-tiba menghilang tanpa alasan. 

5. Komunikasi dalam pacaran

pexels.com/cottonbro

Mengetahui arti 24/7 dalam pacaran di atas menjadi salah satu cara untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pacar. Sebab, komunikasi sangat penting dalam suatu hubungan. 

Namun yang terpenting, jangan lupa selalu memberi kabar kepada pasangan kamu di saat-saat tertentu. Sebeb jika tidak, mereka akan sangat khawatir sehingga bisa memengaruhi pekerjaannya. 

Selain dengan memberinya kabar, kamu juga bisa mengirim foto kegiatan untuk menerapkan sikap saling terbuka kepada pasangan. Foto-foto semacam itu bisa menjadi salah satu cara untuk membangun obrolan sehari-hari juga. 

Terakhir, jangan lupa untuk selalu perhatian dan menjaga kepercayaan pasangan. Sebab, kedua hal itu menjadi salah satu kunci hubungan bisa bertahan lama. Jangan sampai kamu merusak sedikit pun kepercayaannya karena akan sulit untuk mendapatkannya kembali. 

Itulah arti 24/7 dalam pacaran yang perlu kamu ketahui. Sekarang, kamu bisa memakainya untuk membuat status di media sosial atau menjadi bahasa sehari-hari antara kamu dan pasanganmu. 

IDN Media Channels

Latest from Dating