Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Agar Hubungan Awet, Ini 10 Cara Bersahabat dengan Kekasih

Katanya cinta tanpa persahabatan tak ada artinya

Firly Fenti

Semua pasangan tentu menginginkan hubungan asmara yang mereka bina berlangsung selamanya dan hanya maut yang menjadi pemisah. Namun, nyatanya, keinginan tersebut sedikit sulit untuk direalisasikan. Hal ini dikarenakan, dalam proses membina hubungan, mereka akan menghadapi berbagai tantangan yang mampu meretakkan hubungan.

Walaupun demikian, keinginan untuk terus bersama pasangan selama-lamanya bukanlah sebuah angan yang tak mungkin tercapai, lho. Pasalnya, sebuah studi menunjukan bahwa rasa cinta yang dikombinasikan dengan rasa persahabatan adalah kunci untuk menciptakan hubungan asmara yang "last forever". Nggak hanya "last forever", rasa persahabatan yang muncul dalam hubungan asmara juga mampu membawa banyak kesenangan atau kegembiraan dalam hubungan yang dibina.

Persahabatan dinilai ampuh untuk melanggengkan sebuah hubungan dikarenakan ia bisa menimbulkan rasa kebersamaan. Rasa kebersamaan yang muncul inilah yang mampu menciptakan keintiman dan juga keterlibatan yang lebih baik. Komunikasi yang tercipta juga akan jauh lebih interaktif, menarik, dan sesuai dengan gaya kepribadian masing-masing. 

Lalu, bagaimana membuat orang yang kita sayangi bisa menjadi sahabat sekaligus pasangan dalam sebuah hubungan asmara? Spesial buat Bela, berikut 10 cara membuat pasangan menjadi sahabat agar hubungan bisa bertahan lama.

1. Gaya berbicara

Pinterest.com/Freepik

Ketika kamu berbicara dengan pasanganmu, perhatikan kata dan nada suara yang digunakan. Cara kamu berperilaku atau bersikap dalam merespon pesan dari pasangan juga harus kamu amati. Kalau kamu merasa ketiga hal tersebut tidak menggambarkan keintiman dan komitmen yang kamu inginkan dalam sebuah hubungan, maka kamu harus mengubah gaya komunikasimu dengan pasangan. 

2. Jangan terlalu mengatur pasangan

Pinterest.com/Freepik

Sama seperti kamu memperlakukan temanmu, berikan sedikit kebebasan kepada pasanganmu. Biarkan pasangan melakukan apa yang disukainya dengan cara tidak mengaturnya apa lagi mengekangnya.

3. Memberi semangat

Pinterest.com/Tezza

Selain tidak mengaturnya secara berlebihan, kamu juga harus memberikan dorongan dan dukungan kepada pasangan mengenai hal yang sedang ia kerjakan. Jangan mengkritik upaya yang sedang dilakukan, kamu hanya cukup memberikannya semangat dan juga toleran terhadap segala usaha yang sedang dilakukannya. Kamu harus menjadi pasangan dan sahabat yang suportif, ya, Bela!

4. Sabar

Pinterest.com/Bethany.teknobimer.com

Bersabarlah ketika pasanganmu melakukan kesalahan. Berikan sedikit waktu kepadanya untuk merenungi kesalahannya. Kamu juga perlu menahan segala argumen atau nasihat yang ingin kamu lontarkan kepadanya.

5. Bersenang-senang bersama

Pinterest.com/Kristensoileau

Agar menjadi sahabat bagi pasangan, kamu bisa mengikutsertakan dirimu dalam hobi atau proyek yang sedang ia lakukan. Katakan kepadanya kalau dirimu siap untuk membantunya dalam proyek atau siap menemaninya ketika sedang melakukan hobi.

6. Jangan terlalu berharap

Pinterest.com/Howtheyasked

Kamu pasti tidak meletakkan harapan yang besar kepada temanmu, kan? Sama halnya dengan teman, kepada pasangan pun kamu harus menghindari harapan-harapan yang tidak realistis. Hal ini dilakukan agar kamu tidak terlalu sakit hati kepada pasangan ketika harapanmu itu tidak terpenuhi. 

7. Jangan bertele-tele

Pintereat.com/Chuvakhin

Kita sama-sama tahu kalau di dunia ini ada orang yang kurang begitu suka mendengarkan. Nah, kalau salah satunya adalah pasanganmu, maka kamu bisa mensederhanakan atau menyingkat cerita yang akan kamu ceritakan ke dirinya. Jangan biarkan dia bosan dan mengabaikan ceritamu ya, Bela. Kamu harus memahami karakternya yang kurang suka mendangarkan itu.

8. Menghargai kepercayaan

https://www.pexels.com/@guiverg-910810

Jika pasangan merasa cukup nyaman untuk terbuka kepadamu, maka kamu harus menghargai kepercayaan itu. Ketika ia sedang terbuka, maka jangan pernah untuk membantah atau memotong keterbukannya itu. Terkadang, kita hanya perlu mendengarkan tanpa harus menghakimi, lho. 

9. Terbuka

Pinterest.com/Chuvakhin

Ceritakan semua keluh kesahmu kepada pasangan. Luapkan semuanya seperti kamu bercerita kepada teman-temanmu. Ceritakan semuanya secara tenang, rasional, dan mungkin bisa dibumbui dengan sedikit humor agar tidak terlalu tegang.

10. Persahabatan adalah kunci

Pinterest.com/Natthaya Beatty Photography

Satu hal yang perlu kamu ingat, percintaan dan hasrat seksual mungkin akan surut dan mengalir dalam suatu hubungan, tetapi persahabatan adalah bahan bakar yang mampu membuat pasangan terus maju dan bersamamu selamanya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menjadikan pasanganmu sebagai sahabat, ya! 

IDN Media Channels

Latest from Dating