Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kesalahan yang Tidak Perlu Minta Maaf ke Pasanganmu

Kalau itu hal yang wajar, nggak usah minta maaf!

Anggita Ayu Pratiwi

Kebanyakan pasangan memilih untuk menghindari pertengkaran dengan mengatakan “maaf” untuk sesuatu yang sebetulnya bukanlah kesalahannya. Sebab, tidak semua yang terlihat salah membutuhkan permintaan maaf dalam sebuah hubungan. 

Mereka tidak sadar bahwa yang dilakukannya adalah yang yang normal dan wajar untuk dilakukan. Maka dari itu, kita harus memahami di dalam beberapa situasi ada kesalahan yang tidak perlu minta maaf ke pasanganmu. Nah, berikut adalah 8 kesalahan yang tidak perlu minta maaf ke pasangan. Check it out!

1. Memiliki kepribadian yang berbeda

pexels.com/Viktoria Slowikowska

Memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda adalah salah satu kesalahan yang tidak perlu minta maaf ke pasanganmu. Sering kali perbedaan karakter justru dinilai menjadi sebuah kesalahan. 

Padahal setiap orang pasti memiliki karakter uniknya masing-masing. Kalau kamu berada di hubungan yang sehat, Bela tidak perlu meminta maaf saat menjadi diri sendiri. Jika kamu merasa ada dihubungan seperti itu, tandanya kamu ada di toxic relationship. Just be yourself!

Kamu harus dapat merasa bebas menjadi dirimu sendiri dengan keunikanmu sendiri. Bahkan, jika kamu mempunyai kebiasaan yang tidak disukai oleh pasanganmu, kamu tidak wajib untuk terus-menerus meminta maaf karena hal tersebut. Selama bukan kebiasaan buruk, buat dirimu merasa bebas dan nyaman. 

2. Menyampaikan pendapat dengan jujur

pexels.com/jopwell

Walaupun kejujuran terkadang membawakan rasa tidak nyaman atau malah menyakiti perasaan, kejujuran itu sangat penting dalam sebuah hubungan. Karena itu, jujur adalah kesalahan yang tidak perlu minta maaf ke pasangan.

Bahkan sebetulnya, menyampaikan pendapat dengan jujur tidak dapat disebut sebagai kesalahan. Meskipun kejujuranmu menyakiti perasaan pasanganmu, hal itu bukanlah menjadi alasan untuk kamu minta maaf kepada pasanganmu. 

Cobalah sampaikan pendapatmu dengan lembut, gunakan bahasa tubuh yang mendukung untuk menghargai perasaan pasanganmu, dengan begitu perasaan si dia tidak akan begitu terluka. Selain itu, komunikasi terbuka dan saling jujur seperti ini bisa membantu kamu untuk membangun rasa saling pengertian dan menjaga kepercayaan, lho. 

3. Terus menjalani kehidupan pribadi

pexels.com/Antares

Setiap orang pastinya butuh untuk menjalani kehidupan pribadinya sebagai recharge energi emosional dan mentalnya. Misalnya olahraga, melakukan hobinya sendiri, ataupun pergi me time yang tidak perlu melibatkan pasangannya. 

Kamu nggak harus punya hobi yang sama dengan si dia. Daripada saling ribut dan menyalahkan, akan lebih baik bagi kalian untuk saling mendukung hobi satu sama lain.

Mungkin saja, justru kalian saling tertarik dengan hobi pasangan masing-masing. Jadi, mempunyai kehidupan pribadi adalah salah satu kesalahan yang tidak perlu minta maaf ke pasanganmu. Soalnya, menjaga kesehatan emosional dan mental itu penting untuk keseimbangan hubungan kamu.

4. Mengejar mimpi pribadi

pexels.com/Andrea Piacquadio

Meskipun memiliki pasangan, namun setiap orang pasti memiliki mimpinya sendiri untuk dicapainya tanpa perlu melibatkan pasangan. Memperjuangkan impian yang tidak sejalan dengan pasanganmu adalah hal yang normal dilakukan. 

Jadi, mengejar impian adalah salah satu kesalahan yang tidak perlu minta maaf ke pasangan. Malah, tidak bisa disebut sebagai kesalahan. Selama kamu mempertahankan komunikasi dan bersikap jujur tentang mimpimu, hal ini bukanlah kesalahan.

5. Berbeda pendapat dengan pasangan

pexels.com/Timur Weber

Kesalahan yang tidak perlu minta maaf ke pasangan selanjutnya adalah memiliki perbedaan pendapat. Mempunyai perbedaan pendapat ataupun perbedaan pandangan adalah hal yang wajar, sehingga nggak selalu harus minta maaf. 

Saling mendengarkan sudut pandang masing-masing dan menghormati perbedaan pendapat antar individu merupakan tahapan awal membangun hubungan yang terbuka. Bahkan, jika kamu tidak menyukai pendapat pasangan, begitupun sebaliknya.

6. Bertanya terus-menerus

pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Saat kamu sudah lama bersama dengan si dia, terkadang tanpa sadar kamu jadi menanyakan pertanyaan sehari-hari berulang kali seperti, “Enaknya makan apa, ya?” Pertanyaan berulang memang dapat menyebalkan. 

Tapi, kamu tidak perlu meminta maaf hanya karena menanyakan pertanyaan itu terus-menerus tanpa sadar. Mempertahankan komunikasi secara terbuka dengan pasangan itu sangat penting meskipun tanpa sadar justru mengulangi pertanyaan yang sama. Itulah mengapa, hal itu menjadi kesalahan yang tidak perlu minta maaf ke pasanganmu.

7. Menolak hal yang nggak diinginkan

pexels.com/Keira Burton:

Saat bertengkar karena menolak permintaan pasangan, pernah nggak, sih, kamu tergoda untuk minta maaf demi menyudahi keributan? Padahal, sebetulnya kamu merasa melakukan kesalahan yang tidak perlu minta maaf ke pasanganmu. 

Kalau iya, sadar nggak jika permintaan maaf terpaksamu tidak berguna? Akan lebih baik kamu tidak melakukan permintaan maaf itu. Kamu memiliki hak untuk menolak hal yang tidak ingin kamu lakukan. Apalagi jika permintaan pasanganmu bukanlah hal yang wajar dilakukan.

Itulah 7 kesalahan yang tidak perlu minta maaf ke pasangan. Jadi, kira-kira apa kamu pernah mengalami salah satunya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating