Perjalanan kehidupan cinta memang nggak selalu mulus. Banyak perbedaan, salah paham, ketidak cocokan yang disatukan oleh cinta. Jadi wajar jika arti cinta itu sangatlah besar karena bisa menyatukan segalanya.

Perpisahan bisa terjadi karena nyatanya cinta nggak mampu menyatukan perbedaan yang terlalu besar tersebut. Hal yang paling sulit dilupakan bukan perasaan melainkan kenangan. Apalagi jika ternyata mantanmu melupakan mantan terindah. Nah Bela, berikut cara melupakan mantan terindah yang bisa kamu ikuti.

1. Berikan waktumu untuk berduka

5 Cara Melupakan Mantan Terindahpexels.com

Sembuh dari luka pasti membutuhkan waktu. Begitu pun bersedih. Untuk bisa bahagia dan ikhlas menerima kenyataan, hati dan pikiran butuh waktu untuk itu. Jadi ketika bersedih, menangis aja, Bela. Biarkan perasaanmu meluap.

Menurut penelitian pun, menangis bisa mengurangi beban dan memicu tubuhmu untuk mengeluarkan senyawa yang membuatmu lebih tenang. Nggak heran jika setelah menangis, meskipun masalahmu belum selesai, ada rasa kelegaan dan pikiranmu jadi lebih jernih.

2. Mintalah sahabat dan orang terdekat untuk selalu ada

5 Cara Melupakan Mantan Terindahpexels.com

Usahakan kamu nggak sendirian. Ketika sendirian, kita sering banyak berpikir dan menyebabkan overthinking. Yang tadinya nggak kepikiran jadi kepikiran. Saat putus, mintalah temanmu untuk selalu ada mendengarkan ceritamu atau keluh-kesahmu. Seenggaknya pikiranmu nggak akan sempit dan nggak akan begitu fokus pada perpisahanmu.

Kehadiran orang terkasih juga merupakan dukungan yang kamu perlukan untuk memberikan energi dan semangat. Masukan dari mereka juga bisa membuatmu lebih terbuka. 

3. Positive thinking

5 Cara Melupakan Mantan Terindahpixabay.com/Free-Photos

Banyak cara untuk membuat pikiranmu menjadi lebih positif. Ingat, dunia ini fana. Nggak ada yang namanya abadi. Pertemuan pasti ada perpisahan. Dengan menyadari hal itu, kamu akan bisa lebih berdamai dengan perpisahan.

Cara lain untuk selalu berpikir positif adalah dengan berteman dengan orang-orang positif juga. Teman dan lingkungan sangat berpengaruh dalam hidup kita. Hal lain yang patut kamu coba adalah dengan membaca buku pengembangan diri dan motivasi. Kamu akan menemukan kembali energimu.

4. Sadar bahwa rencana Tuhan lebih baik

5 Cara Melupakan Mantan Terindahpexels.com

Cara melupakan mantan terindah lainnya yakni dengan lebih dekat dengan Tuhan. Bisa jadi perpisahan tersebut merupakan cara-Nya untuk menyatukan kamu dan jodohmu yang sesungguhnya. Tuhan akan sesuai dengan prasangkaan hamba-Nya. Jadi teruslah berpikir positif pada Tuhan. Yakin jika semua jalan-Nya selalu yang terbaik. Kacamata kita dan Tuhan memang berbeda. Jika kita sadari, kejadian perpisahan tersebut memiliki tujuan yang indah pada akhirnya.

5. Ambil pelajarannya, jadilah pribadi yang lebih baik

5 Cara Melupakan Mantan Terindahpixabay.com/denkendewolke

Dalam setiap pengalaman pahit, terselip pelajaran yang sangat berharga. Kalau kamu cerdas, pengalaman berharga itu akan selalu kamu ingat untuk melangkah ke depan. Dalam hal hubungan pun sama. Dari pengalaman sebelumnya, kamu bisa mengevaluasi letak kegagalanmu dengan pasangan sebelumnya dan tentunya kamu nggak akan mengulangi ketika memiliki hubungan yang baru.

Inilah waktumu untuk berubah, Bela. Banyak hal yang bisa kamu pelajari dan kembangkanlah keterampilanmu. 

Demikian beberapa cara melupakan mantan terindah yang bisa kamu ikuti, Bela.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Ini 5 Cara Move On dari Mantan Paling Efektif