Bukan lagi menjadi hal yang tabu, uang menjadi salah satu faktor penting untuk dipertimbangankan dalam hubungan serius. Kamu dan si dia perlu membahas cara mengatur keuangan bersama meskipun belum memiliki ikatan pernikahan. Bukan sebatas jumlah pendapatan masing-masing, kamu juga harus tahu kemana uang tersebut akan dibelanjakan. Nggak ada salahnya, kebiasaan terbuka dalam hal keuangan justru bisa menghindari kamu dari perceraian lho, Bela.

1. Berani untuk mulai membicarakannya

6 Cara Jitu Mengelola Keuangan Bersama Pasanganwww.imdb.com
 

Banyak pasangan yang memilih untuk menghindari topik uang karena dianggap hal yang sensitif. Padahal, kamu harus tahu bagaimana pandangan si dia mengenai usaha untuk mendapatkannya, menghabiskan, hingga kebiasaan menabung sebelum memutuskan untuk menikah. Dengan mengetahuinya, kamu nggak akan kaget dan kecewa karena memiliki ekspektasi yang tinggi padanya.

2. Bahas keinginan masing-masing

6 Cara Jitu Mengelola Keuangan Bersama Pasanganwww.imdb.com
 

Kamu dan si dia tentu memiliki barang dan target impian masing-masing. Kamu bisa saja menabung untuk berlibur disaat si dia ingin membayar cicilan dari gaji yang didapatkan. Bicarakan keinginan masing-masing untuk mencari solusi yang dapat diterima keduanya. Cara ini juga memudahkan kamu dan si dia untuk mengetahui tujuan pengeluaran yang akan datang.

3. Ketahui pendapatan dan pengeluaran

6 Cara Jitu Mengelola Keuangan Bersama Pasanganwww.imdb.com
 

Sebelum membahasnya bersama pasangan, ada baiknya kamu mulai mencatat keuangan sendiri. Kamu mungkin saja kaget saat mengetahui adanya pengeluaran yang ternyata nggak terlalu penting. Lipstik dengan warna serupa, secangkir kopi setiap hari, hingga belanja online untuk case handphone yang lucu bisa menjadi alasan kenapa kamu kehabisan uang di akhir bulan.

4. Gunakan strategi dalam mengelolanya

6 Cara Jitu Mengelola Keuangan Bersama Pasanganwww.imdb.com
 

Setiap pasangan tentu akan berpikir bahwa uang yang didapat akan menjadi hak bersama. Daripada mencampurnya menjadi satu, ada baiknya kamu membagi rata pada rekening yang berbeda. Cara ini dapat menghindari masalah yang timbul akibat salah paham. Lagipula, kamu bisa belajar mengelola keuangan sendiri bukan?

5. Seimbang dalam mengontrol dan menggunakannya

6 Cara Jitu Mengelola Keuangan Bersama Pasanganwww.imdb.com
 

Meski uang bersama, kamu dan pasangan harus seimbang dalam membelanjakannya. Saat kamu membeli gaun baru, sekali-kali berikan si dia kado sepatu yang sudah lama ia idam-idamkan. Nggak hanya sebatas pengeluaran pribadi, kalian juga harus membahas dana simpanan yang bisa dipinjamkan pada orang lain atau diberikan pada keluarga masing-masing.

6. Buat rancangan masa depan

6 Cara Jitu Mengelola Keuangan Bersama Pasanganwww.imdb.com
 

Siapapun tentu ingin menikmati masa depan yang aman dan nyaman. Sayangnya, nggak ada yang tahu kapan kamu dan pasangan bisa terus bekerja dan saling membantu dalam mencukupi kebutuhan. Maka dari itu mulailah memisahkan tabungan untuk kebutuhan mendesak dan simpanan di hari tua. Jangan berpikir nanti, karena waktu berjalan tanpa terasa Bela.

BACA JUGA: 7 Rahasia Pasangan yang Hubungannya Harmonis Sampai Nikah