Siapa yang nggak kenal dengan putri-putri ciptaan Disney? Menggambarkan sosok ideal perempuan yang nggak hanya memiliki paras yang cantik namun juga kehidupan yang bahagia hingga bertemu dengan pangeran pujaannya. Akui saja, kamu pun pernah bermimpi menjadi salah satu dari mereka mulai dari Ariel, Belle, Cinderella, Aurora, hingga Jasmine.

Melekatnya tokoh-tokoh tersebut rupanya memiliki dampak yang cukup besar. Hampir semua gadis kecil dianggap wajar untuk menggilai sosok ‘putri’. Sayangnya, sosok putri yang melekat menunjukan seolah-olah Disney memengaruhi presepsi cantik berdasarkan nilai fisik semata. Belum lagi, kisah percintaan yang bahagia dengan sosok pria yang baru ditemuinya. Baru-baru ini, sebuah artikel mengenai jurnal perkembangan anak menjelaskan efek negatif yang tercipta dari budaya “Putri Disney”. Sarah Coyne yang melihat anak gadisnya yang berumur tiga tahun terinspirasi untuk melakukan penelitian sosial bersma timnya.

Menuai Pro Kontra, Begini Dampak Cerita Putri Disney Terhadap Anakwww.etsy.com

Penelitian yang melibatkan 198 anak perempuan dan laki-laki yang memasuki masa pra-sekolah menunjukan bahwa perempuan akan bersikap semakin feminin seiring dengan banyaknya paparan sosok putri yang ia lihat. Perempuan yang kurang percaya diri mengenai bentuk tubuhnya baru tertarik menonton kisah para putri setahun kemudian. Di samping itu, nggak ada efek yang ditemukan bagi para perempuan untuk bersikap positif atau lebih baik akibat meniru sosok putri-putri Disney.

Meski begitu, para orang tua tak perlu terlalu khawatir, penelitian ini juga menunjukan fakta yang baik. Berbeda dengan perempuan, budaya Disney yang menargetkan anak laki-laki justru dapat menyeimbangkan beberapa pesan stereotip agresif bagi mereka. Lagipula, gambaran bentuk tubuh para putri Disney yang sempurna juga nggak membuat anak perempuan yang menontonnya menjadi kehilangan kepercayaan diri. Para anak perempuan ini tetap percaya diri dan merasa cantik mulai dari menonton hingga akhir penelitian.

Menuai Pro Kontra, Begini Dampak Cerita Putri Disney Terhadap Anakwww.homemadetoast.com

Nah Bela, nggak ada salahnya membiarkan para anak kecil menonton film Disney. Bila masih khawatir, kamu bisa menemani anak atau adikmu dan mengajak diskusi bersama untuk mendampinginya.  Di samping itu, kini sudah banyak karya Disney yang mulai mencerminkan kasih sayang antar keluarga seperti Putri Ana, Putri Elsa, dan Moana bukan?

BACA JUGA: Seperti Nia Ramadhani, Ini Penjelasan Ilmiah Saat Suami Lirik Wanita Lain