Dieng, salah satu dataran tinggi yang berada Jawa Tengah ini memang memiliki pesona di para pencinta alam. Terletak di satu Kawasan, banyak destinasi yang dapat kamu kunjungi. Tak usah khawatir jarak antar destinasi wisata ini juga dekat. Memiliki ketinggian di atas 2000 mdpl, udaranya yang masih dingin dan segar serta hijau hamparan alam. Jika kamu akan mengunjungi Dieng, jangan lupa untuk memakai jaket serta baju yang tebal ya Bela.

1. Kawah Sikidang

Deretan Wisata Dieng yang Dapat Kamu Temui dalam Satu Kawasan instagram.com/erlindanop

Kawah Sikidang terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Merupakan objek wisata yang harus kamu kunjungi saat di Dieng, kawah ini dikenal dengan fenomena kolam kawahnya yang bisa berpindah dari satu kawah ke kawah lainnya. Untuk memasukinya kamu dikenai biaya sebesar Rp10 ribu. 

2. Savana Dieng

Deretan Wisata Dieng yang Dapat Kamu Temui dalam Satu Kawasan instagram.com/ anisasekard

Savana Dieng terletak di Lembah Semurup, Kaki Gunung Pangonan. Terbentang lembah luas dengan hamparan hijau Dieng yang membuat sejuk di mata. Konon katanya Savana Dieng merupakan bekas letusan vulkanik dahsyat di Pegunungan Dieng yang sekarang menyisakan rerumputan semak indah berwarna coklat keemasan pada saat kemarau dan hijau pupus ketika musim penghujan, Untuk memasuki Savana Dieng ini kamu hanya dikenakan Rp10 ribu.

3. Telaga Warna

Deretan Wisata Dieng yang Dapat Kamu Temui dalam Satu Kawasan instagram.com/ ceceepp_

Sesuai Namanya telaga ini dapat berubah warna di dalam telaganya. Terdapat tiga warna pokok di danau ini yaitu kuning, hijau dan pelangi. Warna telaga tersebut dapat berubah disebabkan kandungan sulfur yang ada di dalamnya yang terkena sinar matahari. Telaga ini adalah telaga terluas kedua setelah Telaga Menjer. Untuk memasuki telaga ini kamu harus merogoh kocek sebesar Rp7 ribu.

4. Bukit Sikunir

Deretan Wisata Dieng yang Dapat Kamu Temui dalam Satu Kawasan instagram.com/ladyshila23/

Bukit Sikunir terletak di Kabupaten Wonosobo yang dikenal dengan pegunungannya yang indah. Mempunyai ketinggian 2463 mdpl, Bukit Sikunir menjadi tempat favorit karena untuk sampai ke puncaknya tak harus naik dan berjalan kaki lama. Yang terkenal di bukit ini adalah golden sunrise-nya yang membuat kamu terpana. Warna kuning keemasannya akan muncul di atas awan putih yang terlihat seperti kapas. Tiket nya juga tergolong murah, hanya Rp10 ribu.

5. Komplek Candi Arjuna

Deretan Wisata Dieng yang Dapat Kamu Temui dalam Satu Kawasan dieng.me/

Candi Dieng merupakan sekumpulan candi yang terletak dalam Kawasan di Dieng Wonosobo. Mempunyai lahan seluas 800 meter persegi dan berada di 2000 mdpl membuat kamu yang datang kesini dapat menghirup udara yang sejuk. Candi yang kamu bisa nikmati di antaranya adalah Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Sembadra, Candi Puntadewa, dan masih banyak lainnya. Untik dapat masuk, kamu dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu.

6. Batu Pandang Ratapan Angin

Deretan Wisata Dieng yang Dapat Kamu Temui dalam Satu Kawasan dieng.me/

Jika kamu menyempatkan pergi ke Dieng, sangat sayang jika melewatkan destinasi ini. Terletak di sebelah Dieng Plateau Theatre dan di atas Telaga Warna, kamu dapat menikmati keindahan Dieng dengan latar Telaga Warna dari atas bukit batu yang menonjol. Tempat ini adalah spot terbaik untuk menikmati Dieng dari atas. Sama seperti wisata lainnya, kamu dikenakan Rp10 ribu untuk dapat memasukinya.

7. Telaga Menjer

Deretan Wisata Dieng yang Dapat Kamu Temui dalam Satu Kawasan instagram.com/nadyakasih/

Telaga Menjer adalah telaga terluas yang berada di Kawasan Dieng. Kedalamannya mencapai 45 meter, dan terletak di ketinggian 1300 mdpl. Udara yang menghembus sangatlah sejuk dan masih jernih. Selain menjadi tempat wisata, telaga ini juga menjadi PLTA dengan memanfaatkan bendungan yang ada. Terdapat perahu yang dapat kamu sewa sebesar Rp15 ribu per orang. Dan untuk memasuki Telaga Menjer kamu dikenakan tarif Rp3 ribu.

Baca Juga: Destinasi Anti Mainstream yang Wajib Kamu Kunjungi Saat di Jogja