Zaman sekarang, nge-vlog sudah jadi rutinitas biasa disaat traveling. Entah untuk diunggah di Instastory atau pun ke YouTube. Masalahnya, bagaimana ya hasil video kita bisa layak tayang dan tetap enak dilihat dan nggak memusingkan mata followers kita?

Berikut kiat mengambil video saat traveling.

1. Melihat video yang biasanya diunggah

Tips Mengambil Video Saat Travelingpexels.com/ Pixabay

Sebagian besar keterampilan akan dipelajari dengan baik jika kamu melihat contoh-contoh yang bagus pula, begitupun dengan video saat traveling. Jika kamu salah satu yang ingin memulai untuk membuat video saat traveling, inilah salah satu caranya. Kamu perlu melakukan riset bagaimana pengambilan video diambil, format apa yang digunakan, serta bereksperimen dengan dirimu sendiri.

2. Siapkan pengaturan kamera sebelum traveling

Tips Mengambil Video Saat Travelingpexels.com/ Andre Furtado

Mungkin kamu awalnya hanya mengambil video hari ponselmu, tetapi untuk hasil yang lebih baik nggak ada salahnya untuk menggunakan kameramu. Kamu bisa mencoba bereksperimen pengaturan mana yang lebih cocok untukmu. Biarkan semua video diambil dari pengaturan kamera yang sama.

3. Membidik dengan cerdas

Tips Mengambil Video Saat Travelingpexels.com/ Pixabay

Kamu bisa mengambil video dan gambar sebanyak mungkin, setelah itu kamu bisa mengeditnya di rumah. Pastikan cahaya bisa ditangkap oleh kamera sebaik mungkin, di pagi atau sekirar matahari terbenam. Juga pastikan tanganmu nggak goyang saat mengambilnya.

4. Berikan cerita di dalamnya, jangan terlalu banyak ekspose dirimu

Tips Mengambil Video Saat Travelingpexels.com/ Aditya Agarwal

Video saat traveling akan cenderung berfokus pada cerita di balik traveling-mu. Banyak hal yang bisa kamu angkat dari kehidupan sosial dan sudut pandang yang berbeda warga lokal di tempatmu pergi. Ceritakan tentang lokasi, tunjukkan pemandangan yang indah dan keramah tamahan penduduk setempat, mungkin kamu juga memberi tahu apa arsitektur yang diterapkan di sana.

5. Hubungkan bidikanmu dengan part-part lainnya

Tips Mengambil Video Saat Travelingpexels.com/ Shvets Anna

Ini mungkin salah satu bagian tersulit dan paling memakan waktu untuk mengedit video travelling. Sebagian besar video travelling terlihat seperti sekelompok klip acak yang digabungkan menjadi satu. Atur beberapa bagian yang ingin kamu tonjolkan, dan perhatikan setiap detil yang ada.

6. Dapatkan bidikan close up kepada warga lokal

Tips Mengambil Video Saat Travelingpexels.com/ Manjeet Singh Yadav

Nggak ada yang bisa membangkitkan emosi orang yang melihat videomu  jika ada satu unsur yang berkesan di dalamnya. Salah satunya, kamu bisa mengekspos warga lokal disana, ketika mereka saling berinteraksi, melakukan kegiatan, bahkan ekspresi saat berbicara. Hubungan masyarakat lokal bisa menjadi daya Tarik sendiri lho Bela.

Baca Juga: Jadi Travel Blogger? 10 Tips agar Tulisan Traveling Jadi Makin Menarik