Sektor pariwisata adalah sektor yang paling berpengaruh saat pandemi terjadi. Pemasukan yang biasanya didapatkan dari wisatawan domestik dan mancanegara terpaksa harus berkurang drastis atau bahkan mati.

Nah, dengan adanya Adaptasi Kebiasaan Baru ini, sudah beberapa tempat wisata di Indonesia yang mulai kembali buka. Tentunya dengan protokol kesehatan yang berlaku dari Kementerian Kesehatan, ya, Bela.

Inilah beberapa tempat wisata di Indonesia yang sudah dibuka di tengah Adaptasi Kebiasaan Baru.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Tempat Wisata Indonesia yang Dibuka Saat Adaptasi Kebiasaan Baruinstagram.com/ hammotret

Pengelola Taman Impian Jaya Ancol mulai membuka tempat wisata ini pada 20 Juli 2020. Dengan beberapa unit rekreasi seperti Dufan, Pantai ancol, Allianz Ecopark, Sea World, Pasar Seni, Ocean Dream Samudra dan tentunya Penginapan Putri Duyung Resort.

Dalam aturannya, pengunjung yang termasuk dalam anak di bawah 5 tahun, lansia di atas 50 tahun dan ibu hamil nggak diperbolehkan masuk demi keamanan kesehatan.

2. Taman safari, Bogor

Tempat Wisata Indonesia yang Dibuka Saat Adaptasi Kebiasaan Baruinstagram.com/ taman_safari

Taman safari menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi anak, keluarga dan dewasa. Tempatnya yang edukatif sangat cocok untuk mengajarkan anak bertemu dan berinteraksi dengan binatang yang ada di sini. 

Pihak pengelola Taman safari baru membuka beberapa objek wisata untuk evaluasi dahulu. Jika hasilnya bagus, dimungkinkan untuk membuka beberapa objek lainnya.

3. Labuan Bajo

Tempat Wisata Indonesia yang Dibuka Saat Adaptasi Kebiasaan Baruinstagram.com/ _dendick

Bagi kamu yang terpana akan keindahan Labuan Bajo, Pulau Padar dan Pantai Pink, Surganya Indonesia Timur ini kembali buka. Protokol kesehatan juga akan diperketat agar penyebaran Covid-19 ini nggak semakin membludak.

4. Hutan pinus Mangunan, Yogyakarta

Tempat Wisata Indonesia yang Dibuka Saat Adaptasi Kebiasaan Baruinstagram.com/ akbar.priam

Nah, untukmu yang ingin berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan yang berlokasi di Yogyakarta ini, sudah bisa kembali mengunjunginya. Pemerintah Yogyakarta mulai membuka tempat wisata ini dengan mempersiapkan tempat cuci tangan yang banyak di sekitar area.

Tapi, pengunjung yang datang juga akan dibatasi, ya.

5. Kepulauan Seribu

Tempat Wisata Indonesia yang Dibuka Saat Adaptasi Kebiasaan Baruinstagram.com/pulauseribuofficial

Kepulauan Seribu sering dijadikan tempat untuk sejenak melepas rutinitas di Ibu Kota. Apalagi dengan berbagai pulau dan pantai yang ada di sana. Kepulauan Seribu sudah kembali buka sejak 13 Juli 2020 lalu.

6. Bandung

Tempat Wisata Indonesia yang Dibuka Saat Adaptasi Kebiasaan Baruinstagram.com/ toncip6

Bandung juga merupakan kota dengan berbagai tawaran tempat wisata yang menarik. Sebelum dibuka, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) sudah melakukan uji coba terlebih dahulu. Dari beberapa tempat wisata, yang kembali diijinkan dibuka antara lain Glamping Lakeside, Ranca Upas, Emte Higland, Situ Patenggang, Situ Cileunca, dan Gunung Puntang.

Sudahkah kamu bersiap untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut? Tetap patuhi protokol kesehatan yang diterapkan di kawasan tersebut dan tetap berjaga jarak ya, Bela!

Baca Juga: Dramatis, Inilah Foto Penampakan Langit Sebelum Badai Datang

Baca Juga: Nasib Pariwisata di Era New Normal, Siap Solo Traveling?

Baca Juga: 10 Foto Mengecewakan Saat Turis Berkunjung ke Lokasi Wisata Terkenal