Di masa adaptasi kebiasaan baru saat ini, mulai banyak orang yang memberanikan diri untuk melakukan staycation. Liburan sejenak seperti ini dianggap cara yang ampuh untuk menyegarkan pikiran dan keluar dari aktivitas sejenak.

Nah, boleh saja, kok, kamu mulai merencanakan staycation, akan tetapi tetap patuhi protokol kesehatan dan beberapa tips berikut, ya!

1. Berenang tetap bisa kamu lakukan

Mau Staycation? Perhatikan Dulu Aturan di Masa Pandemi ini!freepik.com/ pressfoto

Jika kolam renang hotel dibuka dan kamu ingin berenang, ini bisa kamu lakukan. Virus nggak dapat bertahan hidup dalam pengaturan kolam yang diklorinasi. Akan tetapi, kamu tetap harus waspada untuk memastikan nggak ada kerumunan di sana.

Beri jarak yang tepat saat kamu berada di kolam, ya.

2. Hindari gym di hotel

Mau Staycation? Perhatikan Dulu Aturan di Masa Pandemi ini!freepik.com/ lyashenko

Banyak sekali fasilitas kebugaran yang ada di hotel. Nah, mungkin kebanyakan hotel menutup fasilitas ini, akan tetapi jika fasilitas kebugaran tetap buka, usahakan kamu hindari. Alat gym akan tersentuh langsung dengan para penggunanya.

Sterilisasi mungkin dilakukan per harinya, akan tetapi kamu nggak bisa memastikan kesehatan orang yang berada di satu waktu saat kamu olahraga di gym.

3. Hindari spa di hotel

Mau Staycation? Perhatikan Dulu Aturan di Masa Pandemi ini!unsplash.com/JoshuaRawsonHarris

Mungkin kamu juga harus menghindari spa di hotel, jika kamu tetap menginginkan spa, kamu bisa melakukannya di luar, seperti pantai atau outdoor lainnya.

Berada di ruang yang sama dengan orang lain dan beberapa waktu yang lama ini akan meningkatkan risiko terkenanya virus.

4. Jaga tangan tetap bersih

Mau Staycation? Perhatikan Dulu Aturan di Masa Pandemi ini!unsplash.com/TronLeJsu

Jika kamu berada di ruang bersama hotel dan setelah memegang benda umum, sempatkanlah untuk mencuci tangan. Jika nggak ada wastafel di sana, membawa hand sanitizer dalam tas bisa menjadi solusinya.

Pastikan tanganmu nggak menyentuh wajahmu, ya.

5. Bersihkan sendiri kamarmu

Mau Staycation? Perhatikan Dulu Aturan di Masa Pandemi ini!freepik.com/ drobotdean

Untuk menghindari berkontak langsung dengan orang, kamu bisa menghindari meminta kamarmu dibersihkan oleh housekeeper. Kamu bisa membersihkan sendiri dan meminta handuk ekstra saat kamu check in.

6. Parkirkan mobilmu sendiri

Mau Staycation? Perhatikan Dulu Aturan di Masa Pandemi ini!freepik.com/ frimufilms

Di beberapa hotel mungkin kamu biasa menggunakan jasa valley untuk menghemat waktu. Nah, di masa pandemi seperti sekarang, kamu bisa memarkirkan mobimu sendiri untuk menghindari orang masuk ke dalam mobilmu.

Itulah cara sederhana agar kamu tetap merasa aman dan nyaman saat staycation di masa pandemi ini. Selamat berlibur, Bela!

Baca Juga: Destinasi Alam di Dunia yang Harus Masuk ke Bucket List Wisatamu

Baca Juga: Ini Rute, Harga Tiket dan Hotel, Wisata Nusa Lembongan

Baca Juga: Sejuk dan Dingin, Inilah 7 Staycation Alam di Bandung