Beda negara, beda juga apa yang sering dilalukan masyarakatnya, baik kebiasaan, tradisi, atau aturan etika tertentu yang berkembang. Meskipun orang Korea pada umumnya menerima kebiasan dan budaya dari negara lain, namun akan lebih baik juga kamu mencari tahu kebiasaan di Korea sebelum mendatangi negeri ini.

Ada beberapa hal wajib kamu ketahui saat berada di Korea yang dapat memudahkanmu untuk berbaur dengan warga aslinya. Ini akan membuatmu merasa terhormat saat bertamu. Inilah beberapa hal kesalaahan yang sering terjadi saat berkunjung di Korea. Apa saja itu?

1. Berjabat tangan

11 Aturan Tersembunyi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Travelling ke Koreapexels.com/rawpixel.com

Orang Korea mempunyai kebiasaan tentang berjabat tangan, yaitu dengan membedakan antara menggunakan dua tangan atau satu tangan. Satu tangan dapat digunakan oleh seseorang yang berpangkat lebih tinggi ke seseorang yang berpangkat lebih rendah dan dua tangan untuk seseorang yang berpangkat lebih rendah ke seseorang yang berpangkat lebih tinggi.

Untuk berada di posisi aman, kamu bisa menjabat tangan seseorang dengan dua tangan saat pertama kali bertemu dengannya. Ini juga berlaku saat kamu menerima sesuatu yang diberikan seseorang kepadamu.

2. Panggilan nama

11 Aturan Tersembunyi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Travelling ke Koreapexels.com/ Heiner

Mengingat nama-nama orang Korea adalah hal yang perlu kamu ketahui. Berlatihlah mengatakan dengan benar. Kamu nggak boleh memanggil orang dengan nama depan mereka samai kamu fasih mengucapkannya.

Hal yang aman untuk dilakukan adalah dengan bertanya kepada orang tersebut bagaimana dia ingin dipanggil. Sering kali orang itu akan memberi nama versi Korea atau Inggris-nya, yang membuat kamu mengucapkan gelar yang rumit di nama orang Korea.

3. Penulisan dengan tinta merah

11 Aturan Tersembunyi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Travelling ke Koreaamicopolis.com/

Jika kamu menulis nama seseorang di Korea, janganlah menggunakannya dengan tinta warna merah. Beberapa orang disana masih percaya dengan tahayul. Nama-nama orang meninggal ditulis dengan tinta merah di daftar keluarga dan pemakaman. Roh hajat membenci tinta merah.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan tinta warna lain selain merah ya Bela.

4. Kesehatan pernapasan

11 Aturan Tersembunyi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Travelling ke Koreapexels.com/ Pixabay

Salah satu suara yang paling menjengkelkan adalah mendengar seseorang terus mengendus lender hidungnya. Bagi orang Korea, suara itu nggak hanya menyinggung dan menyebalkan, namun perilaku yang nggak menyenangkan baginya, apalagi melakukannya di meja makan.

Jika kamu mempunyai permasalahan dengan pernapasan terutama indera pencium kamu, sebaiknya izinlah untuk ke kamar kecil.

5. Peletakan makanan

11 Aturan Tersembunyi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Travelling ke Koreapixabay.com/ Ipegasu

Di Korea terdapat beberapa aturan tentang peletakan makanan saat bersantap. Seperti sendok dan satu set sumpit harus diletakkan di sebelah kanan nasi. Rebusan kimchi biasanya diletakkan di tengah sehingga semua orang dapat mengambilnya. Untuk ringkasnya, kamu bisa meletakkan:

- Sisi kanan: hidangan hangat ataupun panas, makanan berkuah, hidangan daging, dsb.

- Sisi kiri: hidangan dingin, makanan kering, sayur-sayuran, dsb.

6. Cara makan bersama

11 Aturan Tersembunyi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Travelling ke Koreaunsplash.com/ Jakub Kapusnak

Jika kamu ingin membuat kesan baik di meja makan, sebelum kamu mengambil sumpit lihatlah rekan makan kamu. Nilai budaya Korea membiarkan orang-orang tertua di meja makan terlebih dahulu untuk memulai terlebih dahulu.

Jika kamu nggak tahu usia rekan makanmu, lebih baik kamu menunggu dan membiarkannya terlebih dahulu untuk mengambil sumpitnya.

7. Penuangan yang tepat

11 Aturan Tersembunyi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Travelling ke Koreapexels.com/ Pixabay

Di Korea, minum sering menjadi bagian dari budaya. Hal yang kamu ingat saat berada disana adalah, kamu nggak boleh menuangkan alkoholmu sendiri. Kamu boleh menuangkan alkohol ke orang lain, dan mereka akan melakukan hal yang sama.

Pastikan kamu menggunakan dua tangan untuk menuangkan alkohol ke seseorang ya, Bela. Akan tetapi jika kamu menjadi dekat dengan seseorang itu atau dia mempunyai hierarki yang lebih rendah denganmu, kamu bisa menuangkannya dengan satu tangan.

8. Menanyakan usia

11 Aturan Tersembunyi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Travelling ke Koreapexels.com/Pixabay

Jika sebagian besar negara Barat menyanyakan usia adalah sesuatu yang kasar, berbeda dengan di Korea. Orang Korea menanyakan usiamu untuk menentukan Bahasa apa yang mereka gunakan saat berbicara denganmu.

Jika kamu bertemu seseorang pertama kalinya dan dia lebih tua darimu, kamu harus menggunakan bahasa yang formal untuk menunjukkan rasa hormat. Jika dia lebih muda darimu, kamu dapat berbicara dengan santai kepadanya.

9. Lepaskan sepatumu

11 Aturan Tersembunyi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Travelling ke Koreapixabay.com/ LUM3N

Di Korea, kamu akan selalu menemukan rak sepatu atau area dimana orang Korea menyimpan sepatu mereka. Sebagai contoh ketika kamu berada di restoran, tempat kamu duduk di meja yang rendah, kamu harus melepaskan sepatumu terlebih dahulu.

Hal ini juga berlaku saat kamu memasuki rumah seseorang, kamu harus melepas sepatumu dan meletakkan di depan pintu masuk.

10. Bertukar kartu nama

11 Aturan Tersembunyi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Travelling ke Koreapexels.com/ pixabay

Saat kamu bertukar kartu nama pada suatu kegiatan bisnis ataupun meeting, mungkin kamu akan memasukkannya ke dalam saku atau menulis beberapa catatan di atasnya. Jangan pernah melakukan hal tersebut ya Bela! Karena kartu nama di Korea adalah representasi dari orang tersebut, pastikan kamu menghormatinya ya.

Ketika kamu pertama kali menerima kartu nama dari seseorang di Korea, bawa dengan kedua tangan, lihatlah secara singkat sekitar 5 hingga 10 detik untuk membacanya. Letakkan kartu tersebut di depanmu jika sedang duduk.

11. Peluang yang datang

11 Aturan Tersembunyi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Travelling ke Koreapexels.com/ Helena Lopes

Jika kamu berada di Korea, pastikan kamu nggak kehilangan kesempatan untuk pergi keluar dengan orang Korea. Hal ini bisa membuatmu belajar semua tentang budaya Korea dengannya. Apapun kesempatanmu seperti tamasya, pertemuan bisnis dan bersenang-senang berkumpul bersama adalah kesempatan yang harus kamu ambil.

Jika kamu diundang untuk menghadiri suatu acara, pastikan kamu bisa datang. Kamu bisa mendapatkan perspektif yang lain seperti apa negara dan interaksi sosial di Korea.

Baca Juga: Traveling ke Seoul Bikin Dinda Kirana Kagum dan Rindu Korea Selatan