Hotel, merupakan hal terpenting untuk travelling. Banyak permintaan hotel dan berbagai fasilitasnya agar para pengunjung merasa nyaman. Ingin mencari kenyamanan untuk pengunjung, salah-salah hotel melupakan alam dalam menjalankan bisnisnya itu.

Untungnya, saat ini terdapat hotel yang memikirkan lingkungan dalam pengoperasiannya. Entah itu melestarikan sumber daya alam, atau mengurangi penggunaan AC di dalamnya tanpa mengurangi fasilitas yang diberikan untuk pengunjungnya. Seperti apakah dan dimana sata hotel ramah lingkungan terbaik di dunia itu?

1. Mumbo Island, Malawi

Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Duniatheblondeabroad.com/

Terdapat eco-hotel mewah di pedesaan kecil yang berada di tepi Taman Nasional Danau Malawi di Pulau Mumbo, Malawi. Terdapat banyak fasilitas yang dihadirkan seperti wifi, listrik yang memadai, dan kamu bisa melakukan diving, hiking dan snorkeling yang luar biasa. Makanan lezat, koktail serta bersantai di bungalow juga dapat kamu rasakan saat menikmati sunset.

2. Jack’s Camp, Botswana

Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Duniatheblondeabroad.com/

Saat kamu mengunjungi Botswana, kamu bisa tinggal di camping mewah yang meminimalisir kerusakan lingkungan dengan tidak adanya pemasangan wifi di dalamnya. Jack’s camp membantu konservasi di daerah Kalahari dengan menyumbangkan sebagian dana ke Makgadikgadi-Nxai Pans Conservation Initiative. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan konflik manusia satwa liar dan memaksimalkan rute satwa liar agar nggak terkena dampak terhadap pariwisata wilayah tersebut.

3. Six Senses Yao Noi, Thailand

Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Duniatheblondeabroad.com/

Six Senses Yao Noi adalah salah satu hotel ramah lingkungan mewah di Thailand. Menciptakan pasokan air sendiri melalui proses osmosis terbalik dan mengisinya dengan botol kaca yang dapat digunakan kembali. Hasil penjualan air akan disumbangkan ke dua sekolah terdekat serta kepada masyarakat yang kurang beruntung dan nggak memiliki akses air minum bersih. Restoran di Six Senses juga menanam sayurannya sendiri untuk pasokan bahan makanan. Bagaimana kamu tertarik?

4. Little Kulala, Namibia

Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Duniatheblondeabroad.com/

Little Kulala adalah salah satu hotel ramah lingkungan mewah favorit wisatawan di oasis padang pasir di jantung Namibia. Little Kulala menggunakan perangkat hemat air dan membalikkan filtrasi osmosis untuk memberikan air minum kepada tamu dan staff. Setiap kamar menggunakan AC inverter untuk lebih menghemat konsumsi daya lampu dan peralatan yang hemat energi. Selai itu hotel ini juga menggunakan bahan kimia dan detergen yang ramah lingkungan.

5. Soneva Fushi, Maldives

Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Duniatheblondeabroad.com/

Soneva Fushi terletak di pulau pribadi yang dikenal sebagai Baa Atoll, Cagar Biosfer Dunia UNESCO. Tempat ini juga merupakan tempat konservasi penyu yang terancam punah. Tak hanya mendampatkan eco-luxury, villa mewah yang tersembunyi di antara hutan lebat ini menghadap ke pantai pasir putih sendiri. Di samping fasilitas mewah, ternyata hotel ini juga menawarkan pembangkit tenaga surya terbesar di pulau-pulau. Makanan yang disediakan juga bersumber dari budidaya lokal penduduk sana.

6. Tongabezi, Zambia

Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Duniatheblondeabroad.com/

Tongabezi di Zambia adalah eco-hotel mewah yang langsung diadaptasi dari kisah Mark Twain. Kamu akan tidur disini dengan suara dengusan kuda nil dari kejauhan, monyet yang berayun di pepohonan dan sunset yang bisa kamu lihat langsung dari kamarmu. Hotel ini diapason dari energi matahari, sampi dan sabun terurai secara hayati, serta kayu yang menjadi material di sini dipesan dari hutan di Zambia.

7. Constance Belle Mare Plage, Mauritius

Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Duniatheblondeabroad.com/

Terletak 1.200 mil lepas pantai tenggara Afrika, Mauritius. Constance Belle Mare Plage terletak di teluk pribadi dengan pasir pantai putih dengan pengalaman bintang lima. Setiap kamar memiliki bathup marmer yang berukuran besar. Hotel ini memiliki kebijakan lingkungan yang berfokus pada penghematan konsumsi listrik, peningkatan kesadaran lingkungan setempat dan penggunaan produk ramah lingkungan.

Baca Juga: Tips Saat Pertama Kali Mengunjungi Hong Kong