Kereta api merupakan salah satu transportasi darat dengan waktu tempuh yang tergolong cepat. Kereta api juga menjadi andalan transportasi umum dengan budget terbatas dibandingkan pesawat. Dengan adanya stasiun yang tersebar membuatmu semakin mudah untuk tetap melakukan travelling.

Tapi sayangnya, dengan banyak orang yang meminati kereta api ini nggak diimbangi dengan pengetahuan akan larangan saat menaikinya. Agar nggak diturunkan di stasiun terdekat, inilah hal yang nggak boleh dilakukan saat naik kereta api.

1. Nggak memerhatikan nomor gerbong pada tiket

Hindari Hal Ini Saat Naik Kereta Apifreepik.com/ freepik

Mungkin saat kamu mencetak tiket sedang terburu-buru dan hanya melihat nomor tempat duduk saja. Padahal salah memasuki gerbong bisa membuatmu lama akan antrean dan berdesak-desakan dengan penumpang lainnya. Apalagi dengan kereta di Indonesia dengan jumlah gerbong hingga 14 dalam setiap kali perjalanan.

2. Membawa koper terlalu besar

Hindari Hal Ini Saat Naik Kereta Apifreepik.com/ freepik

Saat kamu membawa koper terlalu besar dengan barang bawaanmu yang sangat banyak, ini akan merugikanmu. Jika koper tersebut nggak muat di kabin kereta, kamu harus menaruhnya di bawah kursi. Hal ini akan membuat perjalananmu nggak nyaman, apalagi jika kamu melakukan perjalanan jarak jauh.

3. Duduk di lorong kereta

Hindari Hal Ini Saat Naik Kereta Apifreepik.com/ freepik

Jika kamu mengambil kelas ekonomi dengan kursi yang berhimpit dengan dua orang lainnya, jangan sampai berpikiran untuk duduk di lorong kereta. Hal ini dilarang saat kamu naik kereta api karena kamu akan menghambat akses petugas kereta api ataupun penumpang yang masuk dari stasiun berikutnya.

4. Nggak membawa jaket dan kaos kaki

Hindari Hal Ini Saat Naik Kereta Apifreepik.com/ pohsmith

Saat kamu naik kereta api di malam hari pastikan untuk menggunakan pakaian senyaman mungkin dengan jaket lengkap dengan kaos kaki. Hal ini dikarenakan perjalanan malam hari akan lebih dingin daripada siang hari. Jangan sampai perjalananmu nggak nyaman karena lupa menyiapkan keperluan ini ya, Bela.

5. Membawa binatang peliharaan

Hindari Hal Ini Saat Naik Kereta Apifreepik.com/ ramann

Jika kamu ingin membawa binatang peliharaan karena nggak ada yang menjaganya di rumah, sepertinya kamu akan gigit jari ketika memasuki stasiun. Alih-alih bisa membawanya, yang ada binatang kesayanganmu akan disita oleh petugas yang berjaga.

Jika kamu ingin membawa binatang peliharaanmu, kamu bisa membayar cargo sendiri.

6. Membawa makanan yang berbau tajam

Hindari Hal Ini Saat Naik Kereta Apifreepik.com/ sukjit4112

Di kereta api juga nggak memperbolehkanmu untuk membawa makanan yang beraroma tajam, salah satu contohnya adalah durian. Durian mempunyai aroma yang tajam sehingga nggak semua orang suka akan aromanya ini. Hal ini akan membuat para penumpang lainnya nggak nyaman.

Baca Juga: Potret Kucing dan Anjing yang Selalu Traveling Bersama

Baca Juga: Ini Dia 10 Cara Mengusir Bosan Saat Perjalanan Jauh di Kereta Api

Baca Juga: 7 Jalur Kereta Api Terkeren dan Terindah di Dunia