Mendaki gunung, salah satu kegiatan yang sangatlah menguras tenaga karena kamu harus melewati beberapa track yang menantang. Akan tetapi semua itu akan terbayar jika sudah berada di puncak gunung. Kamu dapat melihat pemandangan yang indah dan sejuknya hawa pegunungan.

Untuk mendapatkan itu semua nggak mudah ya Bela. Mendaki gunung melibatkan banyak energi dan hal yang nggak terduga, seperti cuaca yang ekstrim, medan yang licin, pepohonan yang menghalangi jalan dan derasnya aliran sungai. Untukmu para pemula pendaki gunung, nggak usah takut, inilah hal penting yang harus kamu ingat untuk pendaki gunung pemula.

1. Mulai dari yang mudah dan pilih track yang tepat

Hal Penting yang Harus Kamu Ingat Untukmu Pendaki Gunung Pemulaunsplash.com/ Toomas Tartes

Untukmu para pemula, permukaan track sangat mempengaruhi kondisi fisikmu. Kamu bisa mendaki dengan kecepatan sekitar 2 mil per jam. Selanjutnya, tinjau perubahan ketinggian dan tambahkan satu jam ke perkiraan waktu mendakimu setiap 1000 kaki. Setelah kamu merasakan jarak dan perubahan ketinggian, kamu akan terbiasa melakukannya.

2. Periksa cuaca

Hal Penting yang Harus Kamu Ingat Untukmu Pendaki Gunung Pemulafreepik.com/ leekaomeng

Sebelum merencanakan mendaki, kamu bisa memeriksa cuaca yang akan terjadi. Ini akan memberi info padamu tentang pakaian apa yang harus kamu gunakan. JIka cuaca diramalkan akan buruk, kamu mungkin lebih baik untuk mengubah rencana mendakimu.

3. Beri tahu temanmu di mana kamu akan berada

Hal Penting yang Harus Kamu Ingat Untukmu Pendaki Gunung Pemularawpixel.com/

Penting bagimu untuk merencanakan perjalanan saat mendaki. Banyak proses yang membuatmu mungkin akan lebih lambat untuk sampai di puncak. Mungkin karena stamina yang kurang mendukung, berjalan yang terlalu lambat, atau mungkin kamu menikmati pemandangan di sekitar yang ada. Beri tahu temanmu di mana kamu akan berada agar dia bisa menunggumu di sana.

4. Bawa 10 barang penting ini

Hal Penting yang Harus Kamu Ingat Untukmu Pendaki Gunung Pemulaunsplash.com/ Toomas Tartes

Ada 10 barang penting yang harus kamu bawa saat mendaki gunung. Di mana kamu akan terasa aman di perjalanan. Inilah 10 barang yang harus kamu bawa saat mendaki gunung: navigasi, kacamata dan tabir surya, penerangan, persediaan p3k, sumber api, alat perbaikan, makanan tambahan, air minum cukup, tenda dan kantong sampah.

5. Gunakan sepatu dan kaos kaki yang tepat

Hal Penting yang Harus Kamu Ingat Untukmu Pendaki Gunung Pemulaunsplash.com/ Noel Ross

Kaki yang sakit akan merusak pendakianmu. Gunakan sepatu dan kaos kaki yang berkualitas. Kamu bisa menggunakan sepatu hiking, dan kaos kaki agar kakimu nggak lecet. Kamu bisa menggunakan kaos kaki yang panjang untuk melindungi tumitmu saat berjalan di track yang nggak mendukung sekalipun.

6. Berpakaian santai

Hal Penting yang Harus Kamu Ingat Untukmu Pendaki Gunung Pemularawpixel.com/

Setelah memperhatikan penggunaan sepatu, menggunakan pakaian yang santai juga sangat berpengaruh dalam kenyamanan saat mendaki. Gunakan pakaian yang menyerap keringat dan nggak membuat kaos menjadi lembab. Kemudian kamu bisa memakai jaket dan scraft.

7. Bawaan yang ringan

Hal Penting yang Harus Kamu Ingat Untukmu Pendaki Gunung Pemulaunsplash.com/ Kristina Wagner

Setelah kamu selesai memilih item apa saja yang akan kamu bawa saat mendaki, pastikan kamu memilih yang paing ringan. Hal ini sangat membantu pendakianmu semakin mudah dan nggak terasa berat saat menaiki track yang menanjak.

8. Hemat energi

Hal Penting yang Harus Kamu Ingat Untukmu Pendaki Gunung Pemulafreepik.com/ freepik

Pastikan kamu mendaki dengan memperkirakan akan tetap fit sampai di puncak. Mungkin kamu akan semangat di awal perjalanan dan melalukan langkah cepat, tetapi hal ini salah ya Bela. Atur langkahmu agar tetap stabil. Jangan terburu-buru untuk sampai di atas.

9. Jangan meninggalkan sampah

Hal Penting yang Harus Kamu Ingat Untukmu Pendaki Gunung Pemula

Ingat ya Bela, jangan meninggalkan apapun saat kamu mendaki. Jika kamu harus membuang sampah, kamu bisa menyimpannya dahulu di dalam tasmu. Hal ini adalah cara kecilmu untuk mencintai bumi agar anak cucumu juga bisa menikmati indahnya pemandangan dari puncak sama sepertimu.

Baca Juga: Cara Meminimalisir Kehilangan Barang di Bagasi