Mudik salah satu kata yang berasal dari “udik” adalah kegiatan seseorang kembali ke kampung halaman. Biasanya mudik dilakukan ketika merayakan hari raya Idul Fitri. Ya, mudik memang sudah jadi budaya penduduk Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Ada yang belajar, bekerja ataupun merantau di kota bahkan pulau lain, nggak menyurutkan niat untuk mudik. 

Bertemu dengan keluarga saat hari raya menjadi momen yang nggak tergantikan, terlebih apabila ada anggota keluarga yang bertambah. Saat mudik, banyak hal yang bisa kamu persiapkan, contohnya saja benda-benda yang kamu bawa saat di kendaraan pribadi atau transportasi umum lainnya. Inilah benda-benda tersebut.

1. Makanan dan minuman

Benda yang Harus Kamu Bawa Saat Mudikpexels.com/ Craig Adderley

Perjalanan yang panjang membuatmu menghabiskan banyak waktu di kendaraan, hal itu bisa jadi membuat perutmu kelaparan. Jangan khawatir, kamu bisa membawa makanan dan minuman seperlunya, pastikan makanan yang kamu bawa nggak terlalu ribet ya Bela. Kamu bisa membawa makanan ringan atau sandwich daripada harus membawa makanan yang berkuah bukan?

2. Bantal leher

Benda yang Harus Kamu Bawa Saat Mudikjakartanotebook.com/

Karena kursi kendaraan yang dirasa kurang nyaman untuk tidur, kamu bisa membawa bantal leher serba guna. Selain membuat tidurmu lebih nyenyak, bantal leher juga menghindari leher yang kesemutan karena salah posisi tidur dalam kendaraan. Bantal leher sekarang juga banyak variannya yang membuat kamu nggak repot untuk membawanya.

3. Power bank

Benda yang Harus Kamu Bawa Saat Mudikfreepik.com/ freepik

Agar nggak bosan diperjalanan, memainkan smarthphone adalah hal wajib yang biasa dilakukan. Akan tetapi apabila nggak ada stop kontak untuk mengisi daya, kamu bisa membawa power bank agar ketersediaan daya smarthphone-mu selalu aman. Nggak hanya hiburan, karena pentingnya fungsi komunikasi kepada keluarga di rumah, membuatmu wajib membawa benda satu ini ya Bela.

4. Obat-obat yang diperlukan

Benda yang Harus Kamu Bawa Saat Mudikpexels.com/ Pixabay

Jika kamu mempunyai suatu alergi tertentu bahkan mual saat di perjalanan, kamu bisa membawa obat-obatan yang kamu perlukan. Kamu bisa membawa aroma, penghilang rasa mual, Pereda nyeri bahkan obat maag. Pastikan apa yang kamu butuhkan tersedia di dalam ransel ya.

5. Kartu tol

Benda yang Harus Kamu Bawa Saat Mudikmetrotvnews.com/

Bagimu yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, kartu tol sangatlah wajib dibawa. Kartu tol membuatmu dapat melewati jalan tanpa macet dan membuat perjalananmu cepat sampai. Pastikan juga saldo di dalam kartu tol-mu terisi dengan nominal yang kamu butuhkan. Saat ini, kamu dapat mengakses tarif tol lintas provinsi di seluruh Indonesia.

6. Jaket

Benda yang Harus Kamu Bawa Saat Mudikfreepik.com/ freepik

Kondisi cuaca yang nggak menentu membuatmu harus menggunakan jaket saat perjalanan. Entah keadaan yang panas bahkan hujan yang nggak tentu datangnya. Saat kamu nggak kuat akan dinginnya AC kendaraan, kamu juga bisa menggunakan jaket sebagai penghangat tidurmu.

7. Masker

Benda yang Harus Kamu Bawa Saat Mudikfreepik.com/ zilvergolf

Udara di luar bahkan di transportasi umum cenderung kotor dan karena banyak orang yang berada di satu kendaraan denganmu. Untuk meminimalisir hal-hal yang nggak diinginkan, kamu dapat menggunakan masker untuk menyaring udara yang masuk ke hidung. Nggak hanya untuk fungsi tersebut, masker juga dapat kamu gunakan saat tertidur di transportasi umum saat kamu nggak sadar mulut dalam keadaan terbuka.

8. Tas plastik

Benda yang Harus Kamu Bawa Saat Mudikbulalapak.com/

Tas plastik banyak kegunaannya saat mudik. Selain dapat digunakan untuk tempat sampah sementara, tas plastik juga dapat digunakan bagimu yang sering mabuk perjalanan. Pastikan tas plastik yang kamu gunakan di transportasi umum kamu buang setelah kamu meninggalkannya ya Bela.

Baca Juga: Hindari Modus Kejahatan di Transportasi Umum Saat Mudik