Pulau Jawa, pulau dengan segala kekayaan alam yang ada, mulai dari budayanya yang kental, tempat wisatanya yang beragam serta keramah tamahannya untuk dikunjungi. Bahkan Pulau Jawa merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Tetapi, tahukah kamu, Bela jika di Pulau Jawa juga mempunyai beberapa tempat yang mengadu adrenalin untukmu para petualang. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

1. Sunrise di Gunung Bromo

5 Tempat Adventure di Pulau Jawa Cocok Para Petualang unsplash.com/Pukpik

Gunung Bromo terletak di kota Malang, Jawa Timur. Pada saat sunrise, kamu bisa melihat pemandangan yang luar biasa. Gunung berapi aktif berdiri bersama dengan sisa gunung di dalam lembah yang dilapisi oleh kabut. Kamu bisa melihat secara langsung ketika bintang-bintang menghilang ketika sinar matahari menyinari langit.

Selain kamu bisa berjalan kaki menuju ke Bromo, kamu juga bisa menyewa jeep. Akomodasi ini bisa kamu naiki sekitar 6 orang dengan menyewanya. Cukup ekonomis bukan?

2. Blue fire di Puncak Ijen

5 Tempat Adventure di Pulau Jawa Cocok Para Petualang Olivier Grunewald/National Geographic

Saat kamu sudah berusaha mendaki Puncak Ijen Banyuwangi, terdapat pemandangan belerang yang bisa kamu nikmati. Jalan setapak yang berkelok-kelok menambah indah panorama yang kamu dapat. Kamu juga dapat mengelilingi kaldera yang memakan waktu sekitar 8 sampai 10 jam berjalan kaki.

Nggak cukup di situ saja, kamu juga dapat berangkat malam hari untuk menyaksikan blue fire. Blue fire adalah sebuah fenomena langka dengan larva gunung berapi berwarna biru, yang merupakan reaksi gas bumi bertemu dengan oksigen di suhu tertentu. Di dunia blue fire hanya dimiliki Gunung Ijen dan Islandia.

3. Pusat Budaya di Yogyakarta

5 Tempat Adventure di Pulau Jawa Cocok Para Petualang shutterstock.com/

Yogyakarta merupakan pusat budaya yang ada di Pulau Jawa. Mulai dari beberapa galeri yang dihadirkan disana. Bahkan di setiap tahunnya ada Art Jog yang merupakan pesta seni tahunan. Diadakan sebulan sekitar bulan Juli hingga Agustus, kegiatan tahunan ini ramai setiap tahunnya.

Nggak hanya itu, arsitektur di Yogyakarta juga masih sangat kental. Di Kawasan Malioboro terdapat beberapa museum di antaranya adalah Museum Van Den Berg.

4. Situs Warisan Dunia UNESCO di Candi Borobudur

5 Tempat Adventure di Pulau Jawa Cocok Para Petualang unsplash.com/Sander Wehkamp

Selain Yogyakarta dikenal dengan budayanya yang kental, ada Candi Borobudur yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar yang menjadi sasaran destinasi wisatawan lokal dan mancanegara.

Di dalam Candi Borobudur terdapat tingkatan candi, yaitu Kamadatu, Rupadatu dan Arupadatu. Kamadatu menggambarkan manusia terikat pada hasrat , kemauan dan hawa nafsu. Rupadatu sama dengan alam antara dunia rupa, dalam alam ini manusia telah meninggalkan segala urusan keduniawian dan meninggalkan hasrat ataupun kemauan. Dan Arupadatu adalah alam atas, yaitu tempat para dewa tempat stupa induk berada.

5. Snorkeling di Pulau Karimunjawa

5 Tempat Adventure di Pulau Jawa Cocok Para Petualang ardiankarimunjawa.com/

Pulau Karimunjawa berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang total terdiri dari 27 pulau. Di Pulau ini menyajikan pantainya yang bersih serta pasir yang berwarna putih. Kamu juga bisa snorkeling menikmati pemandangan bawah laut disana. Karang yang masih indah, ikan berwarna-warni akan membuat liburanmu terasa menyenangkan.

Kamu dapat pergi dari Semarang ke Jepara menggunakan transportasi darat, setelah itu menyeberang ke pulau ini dengan biaya Rp 220ribu.

Baca Juga: Jauh dari Hiruk Pikuk Kota, Destinasi Banyuwangi Ini Wajib Dikunjungi