Adanya pandemi ini mengharuskan kita untuk sejenak menunda traveling. Dari yang awalnya sudah dipesan ataupun dijadwalkan untuk mengumpulkan beberapa sahabat terkasih menjadi hal yang nggak jadi terealisasi. Kecewa? Tentu. Tetapi bersabar ya, Bela, kamu akan bisa segera traveling selama mengikuti ketetapan pemerintah.

Nah, sambil menunggu keadaan reda, kamu bisa membuat planning untuk staycation di tempat yang pasti ngangenin. Yaps, Yogyakarta. Kota seribu budaya dengan beragam makanan nusantara yang menggoyang lidahmu.

Dijamin membuat dirimu kembali bersemangat, inilah tempat unik menginap di Yogyakarta yang buat kamu betah.

1. Yats Colony

5 Hotel Unik di Yogyakarta untuk Staycationinstagram.com/ jeinjelsilamia

Yats Colony merupakan penginapan dengan nuansa tropis modern yang berlokasi di Jalan Patangpuluhan No.23, Wirobrajan, Yogyakarta. Dengan penginapan yang terbilang luas, kamu bisa berenang di kolam yang berkelok panjang dengan pemandangan sekeliling yang hijau. Tenang saja Bela, kamu juga bisa menyewa cottage agar lebih privat.

Tempat unik menginap di Yogyakarta ini juga biasanya digunakan untuk pameran seni yang membuatmu semakin terhibur dan betah.

2. Greenhost Boutique Hotel

5 Hotel Unik di Yogyakarta untuk Staycationinstagram.com/ greenhosthotel

Berlokasi di Jl. Prawirotaman 2 No.629, tempat ini mungkin sudah nggak asing di telingamu. Dengan konsep ramah lingkungan, boutique hotel ini memberikan suasana yang sejuk karena banyak tumbuhan organik yang mengitari interior-nya.

Hotel ini juga memiliki Creative Farm di bagian rooftop untukmu belajar bercocok tanam. Di lantai dasar juga ada Green Art Space untuk memamerkan sejumlah karya seni para seniman Yogyakarta.

3. Pawon Cokelat

5 Hotel Unik di Yogyakarta untuk Staycationinstagram.com/ arkanaarchitects

Seperti namanya, tempat ini dulunya tempat untuk menjual kue cokelat yang berlokasi di Jalan Sosrowijayan Wetan Gang 1 No 102.

Tempat unik menginap ini menyediakan kafe, vertical garden, balkon yang terbuka dan rooftop garden. Konsep industrial dengan berbagai suasana unfinished building juga menambah keunikannya.

Lokasinya yang dekat dengan Malioboro membuatmu bisa lebih mudah eksplorasi Yogyakarta di malam hari, baik itu wisata kuliner, berbelanja ataupun mengunjungi tempat bersejarah di daerah yang dikomandoi oleh Sri Sultan Hamengkubuwana X tersebut. 

4. Lokal Hotel

5 Hotel Unik di Yogyakarta untuk Staycationinstagram.com/ sansaputra

Lokal hotel merupakan salah satu tempat unik menginap di Jogja yang merupakan salah satu lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2 tersebut, berlokasi di Jalan Jembatan Merah No. 104C, Sleman. Tempat ini mengusung kearifan lokal, mulai dari aksen kunci tegel, batu bata ekspose, dan beberapa mebel kayu yang ada di dalamnya.

Nggak terkesan kuno, karena tempat ini colorful dengan berbagai mural abstrak warna-warni juga motif batik di dindingnya

Bagaimana Bela, ingin melewatkan untuk stay di tempat ini?

5. Adhistana Hotel

5 Hotel Unik di Yogyakarta untuk Staycationinstagram.com/ bubueataway

Berlokasi di Jalan Prawirotaman II No. 613, hotel ini mengusung konsep etnik. Dengan suasan seperti di rumah pribadi, hotel ini disebut seribu pintu karena memiliki banyak sekali pintu di dalamnya.

Tempat unik menginap di Yogyakarta ini mempunyai beberapa sudut yang instagrammable, cocok untukmu yang suka hunting foto. Dengan aksen yang eksentrik, dinding roaster, mebel kayu dan tanaman hijau, membuatmu betah menginap disini.

Baca Juga: Koleksi Keraton Yogyakarta Rusak, Ini 7 Aturan Saat Datang Ke Museum

Baca Juga: 11 Hotel Bunk Bed di Yogyakarta dengan Harga di Bawah Rp165 Ribu

Baca Juga: Yogyakarta Hadirkan Wisata Teknologi Pertama, 360 Dome Experience