Roma sering disebut-sebut sebagai tempat untuk pergi ke Italia, yang memang layak berkat sejarahnya yang kaya dan makanan lezatnya. Tetapi ada beberapa tempat lain, di penjuru Italia, yang bisa memberi wisatawan melihat budaya dinamis Italia yang lainnya. 

Bukan cuma Roma, Florence, atau Venesia, deretan kota di Italia ini juga harus kamu kunjungi supaya liburanmu antimainstream. Di mana saja ya?

1. Matera

6 Kota Selain Roma yang Bisa Jadi Pilihan Saat ke Italiaindependent.co.uk

Matera adalah salah satu situs Warisan Dunia. UNESCO Komisi Eropa menyebut Matera sebagai Ibukota Budaya Eropa tahun ini (bersama Kota Plovdiv di Bulgaria). Kota Matera merupakan rumah bagi Sassi dan Park of the Rupestrianes Churches, sebuah sistem struktur gua primitif yang masih bertahan sampai saat ini. 

2. Ischia

6 Kota Selain Roma yang Bisa Jadi Pilihan Saat ke Italiafodors.com

Ischia, sebuah pulau vulkanik di Teluk Napoli, juga merupakan salah satu dari 50 tempat dalam daftar 50 Best to Travel in 2019 dalam situs Travel and Leisure’s. Pantai-pantainya yang menakjubkan menarik banyak wisatawan yang mencari ingin mencari kehangatan di bawah sinar matahari, sedangkan Kastil Aragon di bagian tengah kota akan membawa wisatawan kepada wisata sejarah yang menakjubkan. Tetapi jika kamu mencari pemandangan yang sebenarnya, Gunung Epomeo menawarkan pemandangan dari puncak tertinggi di pulau tersebut.

3. Piedmont

6 Kota Selain Roma yang Bisa Jadi Pilihan Saat ke Italialearn.winecoolerdirect.com

Berbatasan dengan Prancis dan Swiss, resor ini menawarkan beberapa resor ski dan pemandangan Pegunungan Alpen yang indah. Turin, ibukota wilayah itu, adalah rumah bagi Museum Otomotif Nasional serta bekas pabrik Lingotto Fiat, yang menampilkan jalur uji coba di atas atap. Ivrea juga memiliki kontes dan festival makanan besar-besaran setiap tahun yang wajib kamu coba.

4. Puglia

6 Kota Selain Roma yang Bisa Jadi Pilihan Saat ke Italiatopflight.ie

Puglia, wilayah ini menampilkan rumah-rumah batu kapur Alberobello yang dikenal sebagai "trulli", salah satu dari beberapa lokasi di Italia yang telah mendapatkan tempat di Daftar Warisan Dunia UNESCO. Tahun lalu, salah satu situs perjalanan menggambarkan Puglia sebagai tujuan makanan paling diabaikan di Italia, serta kota Barocque di Lecce, tujuan wisata populer di wilayah ini. Kini semua berubah, banyak wisatawan mulai melirik tempat ini. Kamu salah satunya juga?

5. Emilia-Romagna

6 Kota Selain Roma yang Bisa Jadi Pilihan Saat ke Italiawalksofitaly.com

Wilayah Emilia-Romagna Italia termasuk dalam 52 tempat untuk dkunjungi di tahun 2018 oleh New York Times. Secara keseluruhan, Italia dapat dikatakan sebagai salah satu negara terbaik bagi pecinta makanan, dan wilayah ini khususnya - dengan prosciutto khasnya di Parma dan tagliatelle Bolognese - yang membuktikan bahwa si pecinta kuliner wajib mengunjungi lokasi ini sebagai tujuan wisata terbaik tahun ini.

6. Palermo

6 Kota Selain Roma yang Bisa Jadi Pilihan Saat ke Italiathethinkingtraveller.com

Ibukota Sisilia, Palermo memiliki Katedral Palermo, yang menampilkan makam kerajaan dan sering kali menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Sisilia, seperti halnya Istana Norman dan Gereja Palatine. Untuk tampilan lokal yang lebih banyak, wisatawan dapat pergi ke Ballarò Street Market. Dan jika kamu mencari pemandangan yang membuat iri, Mount Pellegrino menawarkan foto layak melihat kota.

Baca Juga: Ingin Traveling Tapi Waktu Sedikit? Ayo Coba Wisata Curug di Bogor