Di belahan bumi utara, musim dingin semakin mendekat dengan cepat. Seiring dengan turunnya suhu di sana, banyak dari kamu yang mulai memikirkan untuk pergi liburan musim dingin yang nyaman. Beberapa dari kamu mungkin akan memilih destinasi dengan suhu lebih hangat, tapi ada juga yang memilih untuk pergi mencari tempat yang dingin dan merasakan sensasi liburan yang berbeda. 

Kalau kamu penasaran ingin merasakan sensasi menginap di lokasi musim dingin dan merasakan pengalaman liburan yang berbeda, beberapa wilayah berikut ini bisa jadi rekomendasi kamu. Di mana saja ya?

1. Nelson, Kanada

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Musim Dingin untuk LiburanmuUnsplash.com/Andrew Ly

Buat kamu yang mencari kota kecil dengan suasana kota besar, bisa pergi ke Nelson yang berada di Pegunungan Selkirk di Kanada. Di sana kamu bisa mencoba olahraga ekstrem musim dingin, Whitewater Ski Resort yang bisa ditempuh dengan berkendara singkat dari Nelson. Untuk alternatif lainnya kamu bisa mengunjungi Lakeside Park untuk menikmati pemandangan alam yang membeku.

Kamu juga bisa menghangatkan diri dengan datang ke Museum Seni dan Sejarah Touchstones Nelson, museum yang memamerkan sejarah dan budaya setempat. Bagi para pecinta kuliner, Baker Street adalah destinasi wajib untuk dikunjungi demi roti, pencuci mulut, dan kudapan hangatnya. Kamu juga bisa mampir toko-toko unik di sekitar area ini.

2. Midhurst, Inggris

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Musim Dingin untuk LiburanmuBooking.com

Midhurst adalah kota menawan dan unik di West Sussex yang bisa didatangi untuk liburan musim dingin singkat yang terbaik di Inggris. Kamu dapat menjelajahi kota dengan berjalan santai atau mampir ke toko-toko setempat untuk melihat-lihat berbagai barang antik serta mencicipi aneka kue dan bir. 

Ada juga berbagai aktivitas lokal yang bisa dilakukan selama musim dingin seperti mengunjungi pasar Natal, menghias pohon, dan datang ke pesta jalanan di kota. Midhurst adalah destinasi sempurna untuk liburan musim dingin yang nyaman dan relaks.

3. Aspen, Colorado, AS

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Musim Dingin untuk LiburanmuUnsplash.com/Carlos Fox

Aspen, kota resor ski yang terletak di Pegunungan Rocky Colorado yang indah ini memiliki banyak hal yang ditawarkan, lebih dari kelihatannya. Kamu bisa mengikuti aktivitas sepanjang tahun seperti snowshoeing, yaitu mendaki di salju, atau ice-skating. 

Pada hari yang lebih hangat, kamu bisa naik balon udara atau paragliding. Untuk pencinta budaya, Wheeler Opera House punya banyak sejarah untuk dipelajari. Sementara kamu yang ingin bersantai dengan cara yang mewah bisa memilih satu dari berbagai restoran dan butik kelas atas yang tersedia di kota ini.

4. Pont-de-Barret, Prancis

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Musim Dingin untuk LiburanmuUnsplash.com/Paul Dufour

Pont-de-Barret adalah desa yang menyenangkan dan sempurna untuk liburan musim dingin. Jalanan berbatu desa ini penuh sejarah, termasuk rumah-rumahnya juga bersejarah. Kamu bisa menjelajahi desa dengan berjalan kaki dan mengunjungi Notre-Dame la Brune (dulunya merupakan sebuah gereja dengan biara) yang bisa ditempuh kurang dari satu jam. 

Notre-Dame la Brune memiliki reruntuhan arsitektur dan menawarkan pemandangan indah ke arah Barat dan Selatan desa. Desa tenang ini adalah destinasi sempurna bagi kamu yang ingin menikmati waktu berkualitas bersama teman dan keluarga.

5. Hallstatt, Austria

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Musim Dingin untuk LiburanmuUnsplash.com/Daniela Castro

Hallstatt adalah sebuah desa di tepi barat Danau Hallstatt dan memiliki rumah-rumah abad 16 bergaya Alpen dan gang-gang kecil dengan deretan kafe dan toko. Danau Hallstatt (Hallstätter See) adalah danau yang dikenal karena penambangan garam dan memiliki pipa industri tertua di dunia serta masih bekerja hingga saat ini. 

Saat musim dingin, pengunjung bisa mampir ke Treppe ins Nichts, dek observasi di ketinggian di mana kamu bisa melihat pemandangan pegunungan putih. Dek ini juga memiliki lantai kaca sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan di bawah mereka yang mengusik adrenalin! Destinasi ini juga pas untuk kamu yang mencari olahraga musim dingin karena banyak aktivitas yang bisa dipilih.

6. Harbin, China

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Musim Dingin untuk LiburanmuUnsplash.com/Healthycliff Syndor

Harbin, ibu kota Heilongjiang adalah rumah dari Yabuli Ski Resort, resor ski terbesar di China. Di Yabuli Ski Resort, kamu bisa memacu adrenalin di fasilitas ski jumping terbesar di China. Kamu tidak akan bosan karena kota ini menawarkan berbagai aktivitas menarik selama musim dingin. 

Penikmat musim dingin harus berkunjung ke Bingxue Big World, Harbin’s Ice and Snow World di mana pengrajin dari seluruh dunia menciptakan karya dari es dengan menggunakan sumber daya lokal, serta hiburan lainnya seperti teater 6D Ultimate Flying Ball Dynamic. 

Untuk kamu yang mencari pengalaman luar biasa, di seberang sungai, Sun Island Park menawarkan pameran pahatanes sepanjang tahun, sehingga pencinta musim dingin dapat merasakan musim favorit kapan pun.

7. Shimla, India

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Musim Dingin untuk LiburanmuUnsplash.com/Vikram SM

Shimla, yang terletak di kaki bukit Himalaya, dikelilingi oleh pemandangan pegunungan dan memiliki reputasi untuk musim dingin yang bersalju. Kamu di sini dapat menukar topi jerami dengan topi yang lebih hangat saat menuju ke Shimla untuk menghindari panasnya wilayah India lain di bulan-bulan musim dingin. 

Di Shimla, kamu bisa pergi ke arena ice-skating terbuka atau merayakan awal musim dingin di karnaval musim dingin kota yang diselenggarakan setiap tahun di Shimla. Bagi kamu yang mencari liburan musim dingin yang lebih santai, mereka bisa menjelajahi pegunungan dengan Kalka Shimla Toy Train untuk menikmati pemandangan Shimla yang hangat.

Bagaimana, jadi ingin merasakan liburan musim dingin juga bukan?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Lokal Untuk Isi Liburan Awal Tahunmu

Baca Juga: Jalan-Jalan Hemat, Ini 8 Tempat Wisata Gratis di Semarang

Baca Juga: Seru Banget, Ini 7 Potret Liburan Gading Marten di Labuan Bajo