Genting Malaysia selalu identik dengan suasananya yang dingin hingga dikenal sebagai tempat berjudi. Destinasi wisata dengan jarak tempuh selama 1 jam 45 menit dari bandara Kuala Lumpur ini ternyata memang sangat hijau, bersih, dan tentunya sejuk. Kamu bisa bayangkan suasana alamnya mirip dengan puncak Bogor, tapi tanpa kebun teh, macet dan warung pinggir jalan. Ya, sepanjang jalan menuju Genting, jalanannya sangat bersih dan tertata. Lalu, kesan ‘tempat berjudi’ yang menempel di benak saya seketika hilang saat berkesempatan mengunjungi Genting Malaysia.

Sebab, setelah mengeksplorasi Resort World Genting, saya baru sadar, kalau destinasi wisata ini nggak hanya sekedar mall yang hanya punya wahana ekstrem indoor layaknya di pusat perbelanjaan di Indonesia dan casino yang pastinya nggak akan ada di Indonesia. Bisa saya simpulkan kalau tempat wisata Resort World Genting Malaysia memang destinasi yang sangat tepat untuk keluarga, sahabat, dan pasangan suami istri. Apalagi saya yang baru pertama kali ke Genting terkesima ketika melihat SkySimphony, instalasi 1,001 bola seperti lampu LED yang cahayanya menyala berubah warna dan membentuk huruf hingga hewan yang menggemaskan di atas void mall yang tinggi. Lalu apa menariknya mengeksplorasi mall dalam sehari penuh?

Wisata Menantang Sekaligus Seru di Resort World Genting MalaysiaPopbela.com/Rara Peni Asih

Wahana Ekstrem di Skytropolis Funland

Wisata Menantang Sekaligus Seru di Resort World Genting MalaysiaPopbela.com/Michael Richards

Nggak jauh dari Theme Park Hotel tempat saya menginap, saya langsung menuju mall Resort World Genting yang hanya berjarak 100 meter dari hotel. Dekat banget kan? Ya, mall yang otomatis bikin kaki pegal karena luas banget ini nggak akan cukup dieksplorasi hanya dalam sehari. Sebab, kalau kamu menuju Skytropolis Funland, kamu bisa setengah hari mencoba berbagai wahana di sini, dengan mengeluarkan kocek sebesar RM10 atau Rp35 ribu per orang untuk perwahana pada hari kerja, dan RM15 atau Rp52 ribu perwahana khusus akhir pekan. Kalau mau lebih hemat Popbela rekomendasikan kamu beli tiket preview pass RM64 atau Rp222 ribu yang bisa membuatmu puas bersenang-senang mencoba wahana ekstrem di Skytropolis.

Wisata Menantang Sekaligus Seru di Resort World Genting MalaysiaPopbela.com/Michael Richards

Awalnya saya berpikir apa bedanya dengan mall yang ada di Indonesia? Memang sih di Indonesia sudah banyak mall yang punya wahana ekstrem, tapi saya cukup kagum karena nyatanya Resort Mall Genting punya 21 wahana, mulai dari roller coaster, Power Surge, gigantic spinning disco, hingga Spin Crazy, sudah terbayang kan gimana luasnya mall ini kalau lihat jenis wahananya? Jadi ya memang beda dari mall di Indonesia.

Bahkan sangking besarnya, Skytropolis jadi salah satu destinasi wisata group tour. Nyatanya saat saya di sana, ada juga grup tour sekolah, etnis India hingga Tionghoa ikut membaur dan antre secara tertib untuk naik wahana. Diversity is beautiful right? Oh ya, selama tiket gelangmu masih ada, kamu nggak perlu khawatir kalau mau keluar dari Skytropolis, karena tiket yang kamu beli berlaku di hari yang sama selama 10 jam.

Jadi Pasukan di The Void, Games VR yang sangat Real!

Wisata Menantang Sekaligus Seru di Resort World Genting Malaysia

Pernah dong main game Virtual Reality (VR)? Tapi pengalaman bermain game virtual reality alias realita maya di The Void benar-benar sangat mengesankan. Sebab saya dan teman saya tak hanya menggunakan headset yang terpasang di mata saja, dan nggak berdiam diri pula! Kami juga dilengkapi dengan  VR PC yang dipakai seperti menggunakan backpack, cukup berat lho. Nah, karena ini lah pengalaman main VR di The Void benar-benar seru, soalnya The Void di Genting Malaysia ini termasuk “Asia’s First Hyper-Reality Experience!” Jadi saya dan teman saya nggak hanya melihat visual apik, tapi juga sangat nyata, serasa tubuh ini benar-benar ada di dunia fantasi atau sebagai aktor yang benar-benar lagi bertempur.

Nicodemus jadi permainan pertama yang kami pilih pun sangat menegangkan. Games yang harus dimainkan dua orang ini benar-benar nyata dan sangat mengagetkan. Selain wajah teman saya berubah wujud sesuai dengan karakter pada film, saya juga harus berjalan melangkah dengan hati-hati di atas kayu rapuh! Tentu ini hanya realitas semu, tapi benar-benar tampak nyata dan saya ikut tenggelam dalam permainan ini, sebab kita diharuskan berjalan menyusuri labirin, ya tidak duduk diam seperti games VR biasa.

Wisata Menantang Sekaligus Seru di Resort World Genting MalaysiaPopbela.com/Michael Richards

Keseruan makin menjadi ketika saya bermain Star Wars Secrets of The Empire. Permainan yang harus dimainkan empat orang ini pun sangat seru. Selain menggunakan headset dan PC, kami juga dilengkapi dengan senjata! Sebagai pemain, kami punya panggilan khusus, yakni Rebel! Ya di permainan ini saya dan ketiga teman saya berjalan seolah menaiki ‘lift’ hingga harus perang melawan Darth Vader. Isn’t that awesome?

Kalau mau main di The Void yang hanya ada di Resort World Genting ini biaya untuk bermain Star Wars Secrets of The Empire sebesar RM130 atau setara Rp450 ribu, sedangkan RM90 atau Rp311 ribu untuk bermain Nicodemus: Demon of Evanishment.

Dihantui Zombie Walking Dead

Wisata Menantang Sekaligus Seru di Resort World Genting MalaysiaPopbela.com/Michael Richards

Keesokannya, setelah kemarin mencoba wahana dan main di The Void, saya dan lima teman saya langsung menuju area Adventureland. Kami lebih dulu memilih masuk ke Zombie Outbreak, untuk dewasa tiketnya RM30 atau sekitar Rp104 ribu. Dari awal masuk, tulisan Help! The Walking Dead Inside tampak mencekam karena musik latar yang makin bikin saya dan lima teman saya ciut! Ya semua teman saya bener-bener takut, baru masuk saja, kami langsung berlarian keluar dari arena games. Sampai dipelototi pekerja di sana karena kami rusuh, padahal ada peraturan pemain nggak boleh berlari.

Tapi karena penasaran, dan sayang kalau nggak dicoba, akhirnya kami nekat. Well, masuk ke Zombie Outbreak ini harus berani dan punya jantung yang sehat. Meski aktor zombie di dalam tidak akan menarik dan menyentuh kita, ya Tuhan tapi beneran rasanya ingin cepat-cepat berakhir saja deh permainan ini, teriak karena ketakutan pun nggak berhenti. Nggak sabar menuju pintu keluar karena memang benar-benar menyeramkan!

Berkunjung ke Jurassic Research Center

Wisata Menantang Sekaligus Seru di Resort World Genting MalaysiaPopbela.com/Michael Richards

Namanya memang langsung mengingatkan kita pada film Jurassic World: The Falling Kingdom. Ketika masuk ke area ini, saya dan teman yang lainnya seketika langsung berada di tengah hutan lengkap dengan berbagai jenis dinosaurus. Tempatnya cukup luas, dan bisa menampung sekitar 50 orang. Masuk ke Jurassic Research Center ini tak hanya membuat anak-anak tertegun, tapi juga yang dewasa. Sebab dinosaurus yang dipamerkan tak hanya berdiam diri, patung dinosaurus ini juga bagian tubuhnya bergerak, dan mengeluarkan suara. Nyaris seperti memasuki habitat dinosaurus.

Wisata Menantang Sekaligus Seru di Resort World Genting MalaysiaPopbela.com/Michael Richards

Oh ya, di sini juga kamu bisa merasakan ketegangan bagaimana kamu diserang allosaurus di dalam sebuah ruangan. Dilengkapi dengan sound yang menegangkan serta ruangan yang benar-benar bergetar ketika raptor menyerang kaca ruangan tempat kita berdiri, saya dan kelima teman saya benar-benar kaget dan khawatir kalau replika raptor benar-benar muncul! Kalau ke sini kamu harus mengeluarkan biaya kurang lebih sekitar Rp270 ribu untuk dewasa.

Wisata Menantang Sekaligus Seru di Resort World Genting MalaysiaPopbela.com/Michael Richards

Walau sudah mencoba berbagai permainan di atas, saya dan kelima teman saya nggak berhenti penasaran games apa saja yang ada di Resort World Genting Malaysia ini. Setelah bermain di keempat arena, saya dan teman saya pun masuk ke Ripley’s Believe it or Not, hingga nonton film How to Train Your Dragon versi IMAX dan Alita versi DBOX. Supaya malamnya lebih seru dan hari kami makin sempurna, kami pun berkaraoke di RedTail sambil main games bir pong, sedangkan teman saya yang lainnya partying at Zouk Genting, they were partying ‘till late. Oh ya, bagi yang berhijab dilarang masuk ke club Zouk.

Kesimpulan dari eksplorasi mall Resort Genting World ini sesuai banget deh dengan tagline mereka, yakni “Exciting things are happening at genting resort world.”

Itulah beberapa review tempat wisata di Resort World Genting Malaysia yang seru sekaligus menantang. Kalau berkunjung ke Malaysia dicoba ya, Bela.

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata di Perbatasan Indonesia-Malaysia yang Instagram-able