Setelah kisah KKN di Desa Penari menjadi viral di media sosial, banyak warganet menebak-nebak di mana lokasi desa tersebut berada. Meskipun nama lokasi sudah disamarkan, namun tetap saja banyak warganet menebak di mana lokasi tersebut berada.

Dari sekian banyak lokasi yang mirip dengan kisah yang diceritakan di Desa Penari, warganet mengira Rowo Bayu menjadi lokasi yang banyak ditebak. Kisah mistis di baliknya menjadi alasan tersendiri mengapa Rowo Bayu dikaitkan dengan Desa Penari.

Merangkum dari hasil penelusuran Tim PM:AM IDNTimes, berikut ini sejarah dan hal-hal di luar nalar yang sering terjadi di Rowo Bayu, Banyuwangi.

1. Rowo Bayu, Tempat Pertapan Prabu Tawang Alun

Sejarah dan Hal di Luar Nalar yang Terjadi di Rowo Bayu BanyuwangiInstagram.com/iloverowobayu

Rowo Bayu terkenal sebagai tempat pertapaan Prabu Tawang Alun. Sebelum menjadi lokasi pertapaan, Rowo Bayu merupakan hutan lebat yang angker dan menyimpan kisah mistis. Karena sangat angker, tak ada yang berani ke hutan tersebut. Sampai akhirnya Prabu Tawang Alun yang menemukan tempat tersebut.

Pada masa Kerajaan Banyuwangi, Prabu Tawang Alun ditunjuk oleh sang ayah untuk memimpin kerajaan karena ia adalah anak tertua. Namun, adiknya iri dengan tahta yang diberikan kepada Prabu Tawang Alun. Untuk menghindari perdebatan, Prabu Tawang Alun mengalah dan membiarkan sang adik mengambil tahta tersebut.

Prabu Tawang Alun pun mendapat bisikan untuk meninggalkan kerajaan untuk berjalan ke arah hutan. Sang Hyang Widhi membisikan kepada Prabu Tawang Alun untuk mengikuti harimau putih. Harimau putih tersebut menuntun Prabu Tawang Alun sampai ke Rowo Bayu. Di sanalah ia membangun kerajaannya sendiri dan bertapa di sana.

2. Sosok Prabu Tawang Alun

Sejarah dan Hal di Luar Nalar yang Terjadi di Rowo Bayu BanyuwangiInstagram.com/iloverowobayu

Ayah Prabu Tawang Alun memang tak salah memilihnya menjadi raja karena ia memang layak mendapatkan tahta. Namun, demi menjaga hubungannya dengan sang adik, Prabu Tawang Alun menolak tahta tersebut.

Selain karena sikap dan sifat, dari penampilan Prabu Tawang Alun pun sangat cocok menjadi raja. Dikisahkan, Prabu Tawang Alun memiliki perawakan yang besar. Saking besarnya, ukuran tubuh Prabu Tawang Alun lima kali lebih besar dibandingkan manusia biasa. Prabu Tawang Alun juga memiliki wajah yang tampan dan sabar.

3. Arti Nama Prabu Tawang Alun

Sejarah dan Hal di Luar Nalar yang Terjadi di Rowo Bayu BanyuwangiInstagram.com/iloverowobayu

Nama Prabu Tawang Alun memiliki arti yang mendalam. Merangkum dari PM:AM IDNTimes.com, Prabu Tawang Alun berasal dari kata Tawang yang berarti cahaya dan Alun yang berarti pelan. Makna dari nama Prabu Tawang Alun adalah ketika kita menuju cahaya, maka harus ditempuh dengan jalan pelan-pelan. Jadi, untuk mencapai sesuatu kita membutuhkan proses. Tak ada yang instan.

4. Penjaga Rowo Bayu

Sejarah dan Hal di Luar Nalar yang Terjadi di Rowo Bayu BanyuwangiInstagram.com/iloverowobayu

Jauh sebelum Prabu Tawang Alun mendiami Rowo Bayu, lokasi ini sudah ditempati oleh sosok makhluk bernama Ki Jalu. Bisa dibilang Ki Jalu adalah makhluk terkuat di Rowo Bayu yang menjaga daerah tersebut.

Tak ada yang tahu bagaimana sosok Ki Jalu ini. Sebab, meski ia selalu ada di sana, tak sembarang orang bisa melihat sosoknya. Jika ada yang tak sengaja bisa melihat Ki Jalu saat berkunjung ke Rowo Bayu dapat dipastikan orang itu tak akan kuat dan pingsan.

5. Penunggu Mata Air Kaputren

Sejarah dan Hal di Luar Nalar yang Terjadi di Rowo Bayu BanyuwangiInstagram.com/iloverowobayu

Kurang lebih ada tiga mata air yang ada di Rowo Bayu. Salah satu yang terdekat dari pintu masuk adalah Mata Air Kaputren. Bukan sembarang mata air, Mata Air Kaputren dijaga oleh sesosok selir perempuan. Konon, siapa saja yang membasuh wajah di mata air ini, maka aura dan kecantikan akan terpancar sehingga wajah kita menjadi lebih menarik.

Selain ditunggu oleh seorang selir, hal di luar nalar yang terjadi di mata air ini adalah tidak adanya sumber air dari gunung. Mata air ini keluar dengan sendirinya dan tak pernah kering bahkan di musim kemarau sekalipun.

Itulah tadi sejarah dan kisah mistis yang pernah terjadi di Rowo Bayu, Banyuwangi. Apakah kamu berminat untuk mengunjungi Rowo Bayu dalam waktu dekat?

https://www.youtube.com/embed/3b7THCKVvg0

Baca Juga: 10 Fakta Kisah Horor KKN di Desa Penari