Tingginya minat millennial untuk berlibur keluar negeri tentunya membawa dampak positif bagi berbagai industri, seperti pariwisata maupun industri pendukung lainnya. Selain berguna untuk melepas stres dari rutinitas hari-hari, millennial juga banyak yang beranggapan bahwa traveling adalah konten paling ampuh untuk mengisi feed dan stories media sosial mereka.

Naiknya tiket pesawat yang cukup ramai dibahas belakangan ini tampaknya tidak menyurutkan minat para traveler dalam negeri untuk menjelajah berbagai destinasi di penjuru dunia. Tapi tingginya minat berlibur juga harus diantisipasi oleh para traveler agar tidak membuat kantong bolong dan mengganggu keperluan hidup setelah pulang dari liburan.

Supaya kamu tetap bisa menjelajah dunia tapi kantong tetap aman, tiga travel blogger berikut ini membagikan tips liburan anti bokek versinya masing-masing. Apa saja ya tipsnya?

Ashari Yudha, Jangan Malas Untuk Menyusun Itinerary

Patut Disimak! 3 Travel Blogger Ini Bagikan Tips Liburan Anti BokekInstagram.com/catatanbackpacker

Menurut Yudha Ashari atau yang dikenal dengan akun Instagram @catatanbackpacker cara pertama kita menekan biaya traveling adalah dengan membuat jadwal perjalanan atau itinerary. Ikuti jadwal perjalanan yang telah dibuat sebelum keberangkatan, improvisasi sedikit boleh tapi harus tetap pada jalurnya.

Perhitungkan budget detail dengan sering cek Google mengenai harga tiket masuk wisata dan harga transportasi yang akan kita butuhkan di lokasi wisata sangat membantu agar tidak melebihi budget. Selain itu jika kamu memang ingin berbelanja, usahakan agar tetap terkontrol dan disesuaikan dengan kemampuan dompet kamu. Jangan sampai kebanyakan belanja malah jadi keteteran kemana-mana dan membuat liburanmu berantakan.

Cia Wardhana, Cari Tahu Lokasi Wisata yang Gratis

Patut Disimak! 3 Travel Blogger Ini Bagikan Tips Liburan Anti BokekInstagram.com/ciawardhana

Tempat gratis tidak selalu membosankan, terkadang beberapa kota yang terkenal kecantikannya menyediakan tempat publik yang tidak berbayar namun tetap cantik untuk instagrammu. Cia Wardhana berpendapat pilihan untuk tempat gratis yang keren seperti museum terhitung banyak banget, terutama saat kamu berkunjung ke London Inggris. Taman juga bisa menjadi pilihan murah meriah, contohnya di Korea kamu bisa menikmati Taman Hangang sambal makan mie instant.

Masih menurut Cia, hal lain yang bisa membantu kita menghemat pengeluaran adalah dengan cermat memilih penginapan. Jika kita traveling dengan jumlah yang cukup banyak, kita bisa lho patungan untuk menyewa rumah atau vila dibandingkan harus di kamar hotel. Kalau kamu memang pergi sendiri, hostel atau kapsul hotel juga menjadi pilihan yang tepat untuk tempat menginapmu.

Muhammad Putra Setia, Naik Transportasi Umum dan Bawa Botol Minum Sendiri

Patut Disimak! 3 Travel Blogger Ini Bagikan Tips Liburan Anti BokekInstagram.com/mputrasetia

Banyak yang tidak menyadari kalau naik transportasi umum seperti bus, LRT maupun MRT akan jauh lebih irit dibandingkan naik taksi, hal tersebut diungkapkan oleh travel blogger Muhamad Putra Setia. Menurut Putra, beberapa negara memiliki transportasi umum dengan harga spesial untuk turis contohnya JR Pass di Jepang dan Travelcard di Inggris. Putra juga mengingatkan bawa tumbler minum sendiri jauh lebih hemat dibandingkan berulang kali beli air mineral di negara orang, plus lebih ramah lingkungan.

Tips selanjutnya untuk liburan hemat dari Putra adalah dengan rutin mengunjungi travel fair. Biasanya di acara tersebut banyak tiket perjalanan dijual dengan harga yang sangat murah. Tapi tetap ingat ya untuk membaca semua syarat dan ketentuan yang berlaku supaya kamu nggak rugi sudah membeli tiket murah.

Selamat liburan!

Baca Juga: Benda Penting yang Harus Dibawa Traveling Saat Musim Semi