Terkadang iri nggak sih dengan negara lain yang memiliki hutan di tengah kota yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai acara? Tak cuma untuk olahraga tapi hutan kota ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai, berkumpul, atau sekadar beristirahat.

Sebentar lagi Jakarta juga akan memiliki hutan kota a la Central Park Amerika Serikat di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta. Seperti apa tampilannya nanti? Simak yuk!

Revitalisasi Hutan Kota Sebagai Pembangunan Berkelanjutan

Dibuka Desember 2019, Ini Tampilan Central Park GBK Jakarta Popbela.com/Plataran

Menyelenggarakan konferensi pers di Gelora Bung Karno, belum lama ini, Plataran sedang dalam tahap merevitalisasi Hutan Kota GBK Senayan, Jakarta. Penunjukan Plataran sebagai pengelola sebagian areal Hutan Kota GBK dilakukan setelah melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh panitia seleksi yang khusus dibentuk serta pendampingan yang dilakukan oleh Kantor Pengacara Negara, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan sejalan dengan prinsip "transparansi, akuntabilitas, dan tanggung jawab" yang diterapkan di Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) dan Plataran.

Areal Hutan Kota ini terdiri dari 4.5 hektar di mana seluas 1.3 hektar dikelola oleh PPKGBK dan seluas 3.2 hektar dikelola oleh Plataran Indonesia dengan nama Hutan Kota by Plataran.

Hutan Kota dengan Fasilitas yang Lengkap

Dibuka Desember 2019, Ini Tampilan Central Park GBK Jakarta Popbela.com/Plataran

Pada areal Hutan Kota by Plataran akan ditambahkan lebih banyak lagi pohon sehingga lebih merindangkan areal ini untuk melengkapi paru-paru Jakarta. Selain itu juga akan dilakukan revitalisasi pada bangunan yang telah ada serta menambah sejumlah fasilitas tambahan untuk menjadikan Hutan Kota by Plataran sebagai restoran dan tempat MICE yang representatif dan lengkap.

Fasilitas yang ada di Hutan Kota ini nantinya antara lain, Plataran Tiga Dari Dining, Pidari Coffee Lounge and Rooftop, Conservatorium Venue, Plataran Tembok Ekspresi, Plataran Pets Playground, Majapahit Tribute Park, Plataran Putri Dewi Amphitheater, Khatulistiwa Exhibition Deck, Mushala, Jogging Track, dan Basketball Half Caged Court.

Hutan Rindang dengan Pemandangan Gedung Megah di Pusat Kota Jakarta yang Instagramable

Dibuka Desember 2019, Ini Tampilan Central Park GBK Jakarta Popbela.com/Plataran

Menggunakan tagline "Light of Nusantara" dan mengintegrasikan konsep dasar dari alam, kebudayaan dan kejayaan Indonesia, Hutan Kota by Plataran diharapkan melengkapi fasilitas restoran dan tempat MICE dengan konsep indoor-outdoor yang representatif di Jakarta bagi warga Jakarta, turis mancanegara maupun domestik dan baik untuk aktivitas pribadi, keluarga, resmi maupun kenegaraan. Terletak di pusat distrik bisnis Jakarta, Hutan Kota ini nantinya dapat dengan mudah diakses menggunakan transportasi pribadi dan umum, seperti MRT dan TransJakarta.

Dengan mengingat konsep, identitas, lokasi, panorama gedung-gedung tinggi Jakarta, serta persepsi yang terbentuk maka Hutan Kota by Plataran dapat dikatakan sebagai Central Park of Jakarta sebagai bagian dari icon yang ada di kota-kota besar lainnya seperti Central Park of New York.

Hutan Kota by Plataran dijadwalkan untuk melakukan soft opening pada minggu ketiga Desember 2019 dan merupakan persembahan karya anak bangsa kepada Indonesia.

Baca Juga: 9 Inspirasi Taman Mungil untuk Halaman Rumahmu