Jujur, deh, siapa di sini yang sudah nggak sabar untuk liburan lagi? Kamu pasti salah satunya, bukan? Setelah dua tahun lebih berada di rumah saja, tentu membuat kita rindu jalan-jalan menjelajahi tempat baru untuk me-refresh pikiran.

Karena belum bisa liburan yang jauh, pergi ke tempat terdekat juga bisa menjadi solusi melepas rindu jalan-jalan, kok. Salah satu negara yang sudah membuka pariwisatanya untuk wisatawan umum adalah Singapura. 

Negeri Singa ini baru saja mengumumkan peraturan baru, nih, Bela. Yakni setiap wisatawan yang datang dan sudah vaksin, bisa datang berkunjung tanpa harus karantina dulu. Wah, menarik banget, kan?

Siap jalan-jalan ke Singapura? Berikut ini penjelasan mengenai peraturan baru dan rekomendasi tur unik saat berkunjung ke Singapura nanti. Simak, yuk!

Singapura buka pariwisata untuk wisatawan Indonesia tanpa harus karantina

Bisa Masuk Tanpa Karantina, Ini 6 Tur Anti-Mainstream di SingapuraUnsplash.com/Jisun Han

Singapura resmi mengumumkan peluncuran Vaccinated Travel Lane (VTL) dengan Indonesia. Aplikasi untuk perjalanan melalui jalur VTL ini akan dimulai pada 22 November 2021, dan wisatawan yang telah divaksinasi penuh dari Indonesia dapat berkunjung ke Singapura tanpa karantina mulai 29 November 2021.

Hal Ini merupakan bagian dari strategi Singapura yang secara bertahap membuka pintu kembali, sehingga para wisatawan yang telah divaksinasi dapat mengunjungi Singapura baik untuk berlibur atau berbisnis.

Aturan ini sudah lebih dulu diterapkan untuk wisatawan Brunei dan Jerman

Bisa Masuk Tanpa Karantina, Ini 6 Tur Anti-Mainstream di SingapuraUnsplash.com/Sergio Sala

VTL diluncurkan pertama kali pada 8 September 2021 untuk Brunei Darussalam dan Jerman. Setelahnya, Singapura memperluas program VTL ke 21 negara/wilayah regional, termasuk Indonesia.

Skema VTL telah berhasil mendatangkan wisatawan untuk mengunjungi Singapura sambil tetap menjaga kasus COVID-19 dari pendatang seminimal mungkin. Melalui skema VTL ini Singapura telah menerima kedatangan hampir 18.000 wisatawan. Dari jumlah kedatangan tersebut, hanya ada 17 kasus positif COVID-19 yang terjadi, per tanggal 7 November 2021. Hal ini berarti ada sekitar satu kasus dari pendatang per 1.000 wisatawan VTL.

Perhatikan hal ini jika kamu ingin mengunjungi Singapura

Bisa Masuk Tanpa Karantina, Ini 6 Tur Anti-Mainstream di SingapuraUnsplash.com/Joe Green

Untuk memasuki Singapura di bawah skema VTL, kamu harus memberikan bukti vaksinasi lengkap, wajib menunjukan hasil tes PCR atau tes Antigen-Rapid Test (ART) dengan hasil negatif yang telah dilakukan dalam waktu 2 hari sebelum keberangkatan ke Singapura, dan melakukan tes PCR pada saat kedatangan.

Selain itu, sebelum keberangkatan ke Singapura, para wisatawan juga harus berada di satu atau lebih dari negara/wilayah regional yang masuk ke dalam daftar VTL dalam 14 hari terakhir dan hanya menggunakan penerbangan khusus VTL (VTL flights) ke Singapura dari Jakarta. Untuk mengetahui mengenai aplikasi dan informasi terkait mengenai VTL dapat diakses pada situs https://safetravel.ica.gov.sg/vtl/requirements-and-process.

Deretan tur unik dan anti-mainstream yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Singapura

Bisa Masuk Tanpa Karantina, Ini 6 Tur Anti-Mainstream di SingapuraDok. Singapore Tourism Board

Pintu pariwisata Singapura sudah dibuka, ini saatnya menyusun jadwal liburan akhir tahun, Bela. Meskipun bagi sebagian warga Indonesia Singapura bukanlah negara baru yang mereka kunjungi, namun nyatanya masih banyak destinasi wisata di sana yang belum banyak dieksplorasi.

Berikut ini ada enam rekomendasi tur unik dan anti-mainstream di Singapura yang wajib kamu coba. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

1. Tur kuliner dari kebun ke meja makan

Bisa Masuk Tanpa Karantina, Ini 6 Tur Anti-Mainstream di SingapuraDok. Singapore Tourism Board

Dari mana makanan di piring yang kamu nikmati itu berasal? Kamu bisa mencari tahu hal ini dari tur menarik yaitu tur Farm to Table atau dari kebun ke meja makan yang diselenggarakan oleh Wok n Stroll.

Tur selama lima jam ini terbilang anti-mainstream karena sebelum makan, kamu akan berkunjung mengunjungi perkebunan herba, buah, dan sayuran di Singapura.  Lokasi kebun-kebun ini begitu menarik, karena berada di kota modern yang terkenal akan gedung
pencakar langit.

Kamu bisa berkunjung ke perkebunan jamur merah jambu, kebun herba khas India, belajar menanam wheatgrass (rumput gandum) dari wirausaha mandiri, dan perkebunan komunitas di Dempsey. Di akhir tur, kamu akan menyantap aneka makanan dari hasil perkebunan lokal tersebut.

Bersantap sambil menambah ilmu pengetahuan tentang pangan, bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan dari Singapura.

Situs: https://www.woknstroll.com.sg/product/from-farm-to-table
Telepon: +65 8338 3571
Email: info@woknstroll.com.sg

2. Tur naik Vespa

Bisa Masuk Tanpa Karantina, Ini 6 Tur Anti-Mainstream di SingapuraDok. Singapore Tourism Board

Ada kendaraan unik yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menjelajahi Singapura dengan cara berbeda, yaitu motor Vespa. Tur ini diselenggarakan oleh operator tur motor Vespa bernama Singapore Sidecars.

Uniknya, Vespa di sini sudah dimodifikasi menjadi motor gandeng. Alih-alih duduk di belakang pengemudi sekaligus pemandu tur, kamu justru akan duduk di samping pengemudi dalam kompartemen khusus yang nyaman.

Durasi tur Vespa ini sekitar satu sampai tiga jam dan pilihannya memutari distrik istimewa seperti distrik belanja Kampong Glam, atau distrik peranakan Joo Chiat dan Tiong Bahru. Peserta tur juga bisa memilih tema tur yang mereka ingin ikuti, misalnya tema artsitektur, seni dan desain, budaya, kuliner, alam, serta petualangan.

Situs: https://www.sideways.sg
Email: ride@singaporesidecars.sg

3. Tur memecahkan misteri a la detektif di Chinatown

Bisa Masuk Tanpa Karantina, Ini 6 Tur Anti-Mainstream di SingapuraDok. Singapore Tourism Board

Chinatown Singapore terkenal sebagai salah satu tempat wisata terkenal di Singapura.  Aktivitas umum yang biasa dilakukan wisatawan di sini adalah wisata kuliner dan belanja.
Namun, ada wisata berbeda dari Chinatown yang dapat kamu rasakan dan memberi pengalaman baru. Khususnya, bagi kamu yang suka nonton film detektif atau bermain escape room.

Di sini, kamu dapat mencoba tur satu ini, yaitu Chinatown Murders - Outdoor Escape Room Game Tour. Tur ini akan mengajak kamu untuk memecahkan kasus fiksi yaitu pembunuhan berantai di Chinatown.

Satu tim berisikan dua sampai lima orang dengan pemandu yang akan memberi sedikit petunjuk bagi kelompok. Lewat tur ini kamu juga dapat belajar mengenai sejarah Chinatown Singapura melalui karakter fiksi dan cerita mereka.

Chinatown Murders - Outdoor Escape Room Game Tour sangat seru, dengan banyak ulasan baik. Tur ini juga memenangkan Outstanding Tour Experience in Singapore Tourism Awards 2021.

Situs: https://singaporediscovers.tribe-tours.com/niu-che-shui-murder-mystery-game-tour
Telepon: +65 96600687
Email: bookings@tribe-tours.com

4. Tur Singapore After Dark

Bisa Masuk Tanpa Karantina, Ini 6 Tur Anti-Mainstream di SingapuraDok. Singapore Tourism Board

Setelah matahari terbenam dan berganti lampu kota yang gemerlap, kehidupan di Singapura semakin seru. Siapkan sepatu sneakers-mu karena kamu bisa menjelajahi Singapura di malam hari lewat tur Singapore After Dark.

Tur akan dimulai dengan makan malam bersama di pusat jajanan kuliner di Telok Ayer, menelusuri sepanjang Singapore River, berkunjung ke bar atap di Boat Quay, dan pusat pesta Clarke Quay.

Pemandu akan membantu dan menjelaskan peserta tur mengenai semua lokasi yang dikunjungi. Jangan lupa untuk menyiapkan uang tunai untuk jajanan tambahan dan payung semisal tiba-tiba hujan, agar kegembiraan tidak luntur.

Situs: https://monsterdaytours.rezgo.com/details/158029/singapore-after-dark-the-hidden-secrets-nightlife-tour
Telepon: 91517567
Email: info@monsterdaytours.com

5. Tur nostalgia zaman dulu

Bisa Masuk Tanpa Karantina, Ini 6 Tur Anti-Mainstream di SingapuraDok. Singapore Tourism Board

Bagaimana rasanya hidup di Singapura pada era 1960-1980-an? Ini latar belakang Singapore's Disappearing Trade Tour dengan berkunjung ke berbagai pabrik tradisional.

Kamu akan diajak mengunjungi kedai kopi dan pemanggang kopi tradisional, pembuat rumah kertas yang identik dengan sembahyang peranakan tionghoa, dan pabrik roti tradisional yang masih bertahan di Singapura.

Tur ini terbilang sangat menarik bagi pencinta sejarah dan orang tua yang ingin bernostalgia tentang masa lalu yang penuh kenangan.

Situs: https://singaporediscovers.tribe-tours.com/shop/disappearing-trades
Telepon: +65 96600687
Email: bookings@tribe-tours.com

6. Tur horor mistis

Bisa Masuk Tanpa Karantina, Ini 6 Tur Anti-Mainstream di SingapuraDok. Singapore Tourism Board

Singapura terkenal sebagai kota modern dengan gemerlap cahaya dari gedung pencakar langit. Meski begitu, ada sisi lain Singapura yang berbeda dan seru untuk ditelusuri, yaitu sisi mistis yang angker.

Kamu dapat merasakan pengalaman seru yang mengerikan ini lewat tur Creepy Tales of Singapore. Pemandu akan mengajak kamu pergi ke tempat-tempat dengan legenda urban yang terkenal di Singapura, seperti pemakaman kuno dan lokasi yang berhubungan dengan tragedi Perang Dunia II.

Tur ini juga dilengkapi alat pendeteksi hantu modern agar lebih mendebarkan bagi pengunjung. Pastikan kamu dalam kondisi tubuh yang prima, karena tur ini diselenggarakan malam hari dan menjelajahi bukit, area tepi pantai, dan medan lain dengan durasi perjalanan empat jam.

Situs: https://www.orientaltours.com.sg/tour/creepy-tales-of-singapore/1
Telepon: +65 8262 6266
Email: sales@orientaltours.com.sg

Bagaimana, Bela? Siap menjelajah Singapura dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Khas Vietnam yang Wajib Kamu Coba di Era Pandemi

Baca Juga: Dari Pantai hingga Perkebunan, Ini 7 Rekomendasi Wisata di Filipina

Baca Juga: 7 Pusat Jajanan Kuliner di Singapura yang Dikunjungi Selebriti Dunia